Untuk seorang genin di usianya yang masih sangat muda, Boruto tumbuh dengan sangat cepat menjadi seorang ninja yang tangguh dan kuat. Dengan menggunakan berbagai jutsu, teknik pelepasan alam, dan sebagainya, Boruto perlahan menjadi ninja yang bisa diandalkan. Namun, tidak bisa disanggah lagi kemampuan terbesar dalam diri Boruto adalah segel Karma yang ada di tubuhnya.

Segel Karma merupakan tanda bagi seorang Otsutsuki untuk menyimpan “data” mereka di orang tersebut. Dan untuk kasus Boruto sendiri, dia merupakan wadah bagi Momoshiki Otsutsuki. Sejauh ini, Boruto menggunakan Karma untuk menyerap serangan yang dilancarkan kepadanya, tapi karena Boruto masih sangat muda dia masih belum bisa mengendalikan kekuatan tersebut secara baik.

Perlahan kemampuan Otsutsuki dalam diri Boruto mulai terungkap. Setelah kita melihat kemampuan mengecil dari Isshiki Otsutsuki dan juga kemampuan untuk menyimpan benda di dimensi yang lain, kini giliran kemampuan Momoshiki yang diperlihatkan oleh Boruto dalam chapter terbaru di seri Boruto: Naruto Next Generation.

Di chapter 47 kemarin, kita melihat bagaimana Isshiki Otsutsuki akhirnya bisa mengalahkan Kashin Koji dengan mudah. Dan setelah itu, dia pun kemudian pergi ke desa Konoha untuk mencari Kawaki. Amado sendiri mengaku bahwa hanya Naruto dan Sasuke yang bisa mengalahkan Isshiki. Shikamaru sendiri kemudian meinta seluruh warga untuk dievakuasi dengan segera, dan ketika semuanya sudah selesai dievakuasi akhirnya Naruto dan Sasuke pun menghadapi Isshiki.

Namun, Sasuke kemudian mengejutkan Naruto dan juga Isshiki dengan kemunculan Boruto yang menyamar menjadi pedang Sasuke. Sebelumnya, Sasuke sendiri mengakui kepada Boruto bahwa dia dan Naruto bahkan tidak sanggup untuk menghadapi Jigen. Dan Sasuke sendiri percaya bahwa Boruto bisa memberikan perubahan, dan Sasuke siap menerima resikonya. Dia siap membunuh Boruto, jika kemudian dia lepas kendali.

Boruto yang dilemparkan ke arah Isshiki kemudian menciptakan sebuah portal menggunakan lengan Karmanya, mengirim Isshiki menjauh dari Konoha ke sebuah tempat kosong yang jauh dari penduduk. Seperti dijelaskan dalam cerita, kemampuan itu adalah contoh lain dari kemampuan Karma. Seperti yang dijelaskan Amado, mereka yang menjadi wadah bagi klan Otsutsuki akan bisa mengakses kekuatannya. Dalam hal ini, Boruto bisa menggunakan kemampuan teleportasi milik Momoshiki dan memberikannya kemampuan baru.

Namun, anehnya Momoshiki sendiri jarang menggunakan portal ini, inilah yang membuat sebagian fans bingung terhadap kekuatan baru Boruto ini. Meskipun Momoshiki tidak memiliki jutsu dimensional seperti Sasuke atau Isshiki, semua anggota klan Otsutsuki bisa melakukan perjalanan melalui dimensi, karena itu sudah menjadi kekuatan alamiah mereka. Dan hal ini juga seolah dikonfirmasi oleh Isshiki, ketika dia terkejut melihat kekuatan Boruto dan bergumam dalam hatinya, “seberapa besar Karma Momoshiki dan kekuatannya yang bisa dia gunakan.”

Penjelasan ini baru sebagian saja mengapa Boruto bisa menciptakan sebuah portal dimensi melalui Karma. Sebelumnya saat bertarung melawan Boro, Boruto harus bersusah payah untuk mengendalikan DNA dan kemampuan Otsutsuki dalam tubuhnya, dan bahkan dia sempat tidak sadarkan diri karena kesadarannya diambil alih oleh Momoshiki.

Sebenarnya ini yang kedua kalinya Boruto membuat sebuah portal, namun pada saat itu Boruto berhasil membuat portal berkat resonansi dari kemampuan Karma milik Kawaki. Di satu sisi, Boruto bukan hanya bisa membuat Portal oleh dirinya sendiri, tapi dia juga bisa tetap berada dalam kesadarannya dan berhasil menjaga kendali atas tubuhnya. Ini tentunya merupakan sebuah langkah yang sangat luar biasa dari Boruto.

Tapi, di sisi lain, bisa jadi juga dalam chapter ini Boruto kembali beresonansi dengan Karma yang ada di tubuh Isshiki dan kemudian berhasil membuka portal yang mengirimnya ke tempat lain. Sehingga hal tersebut bisa menjelaskan mengapa Boruto bisa membuka sebuah portal dimensi tanpa perlu mempelajarinya terlebih dahulu, dan juga mengapa dia melakukannya dalam keadaan sadar.

Meskipun Boruto terlihat bisa melakukan semuanya sendirian, teknik antara dimensi ini merupakan sebuah teknik yang tidak biasa. Butuh latihan yang panjang bagi Boruto untuk bisa benar-benar menguasai teknik ini, apalagi usianya masih sangat muda. Jika semuanya memang dilakukan sendiri tanpa latihan keras, Boruto rasanya menjadi karakter yang terlalu overpowered di franchise ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.