Autobot dan Decepticon sudah berperang selama ribuan tahun lamanya, dan setiap perang yang mereka lakukan selalu menimbulkan konflik susulan bagi kedua faksi ini. Dengan banyaknya peperangan diantara kedua faksi ini yang ditampilkan di berbagai medium, seperti TV, film, komik, dan sebagainya, memunculkan pertanyaan apakah ada diantara mereka yang sudah bosan dengan semua hal itu?

Dibalik ribuan tahun peperangan yang terjadi, pertarungan brutal diantara Autobot dan Decepticon, serta kematian dan proses kebangkitan yang mengundang tanda tanya, pastinya ada beberapa diantara mereka yang kemudian saling membelot satu sama lain. Setelah ribuan dan jutaan kali pertempuran, mungkin ada saatnya mereka berada di titik jenuh.

Cliffjumper (Prime)

Cliffjumper memang bukanlah sosok yang banyak diketahui banyak orang. Cliffjumper sendiri tampil perdana di episode seriesnya, dan dalam episode tersebut dia dibunuh secara keji oleh Starscream. Tapi, seperti kebanyakan Transformers lainnya, dia kembali dihidupkan, meskipun harus berubah menjadi zombie berkat serpihak dari Dark Energon.

Karena secara fisik Cliffjumper sudah tewas, tidak ada yang bisa dia lakukan untuk mengendalikan tubuhnya sesukanya dan hal itu dimanfaatkan oleh Decepticon. Dia kemudian diperintahkan untuk melawan Autobots dengan menggunakan nama baru yaitu Terrocon.

The Constructions (G1)

The Constructions sendiri merupakan kelompok di faksi Decepticon yang berisi Bonecrusher, Scrapper, Scavenger, Mixmaster, Gook, dan Long Haul. Mereka adalah insinyur dan robot pembangun. Mereka bisa membangun apapun yang diinginkan oleh Megatron. Dalam series Generation 1 (G1), sebenarnya mereka bukanlah bagian dari Decepticon melainkan penjaga perdamaian Cybertron, bersama Omega Supreme.

Keenam Transformers tersebut sibuk membangun Crystal City, tanpa mereka sadari Megatron secara diam-diam memprogram ulang diri mereka. Keenam robot tersebut diprogram untuk menghancurkan kreasi mereka sendiri. Mereka pun terus melakukan perusakan, dan juga mengkhianati Omega Supreme. Sejak saat itu, mereka kemudian menjadi bawahan bagi Megatron dalam melancarkan semua usahanya.

Grimlock (G1)

Dalam berbagai versi cerita, Grimlock dan para Dinobots diciptakan oleh para ilmuwan di dunia Transformers. Entah oleh Wheeljack di sisi Autobots, atau Shockwave di sisi Decepticon. Dalam seri kartun G1, mereka diciptakan oleh Wheeljack dari pihak Autobot. Tujuan utama dari Dinobot adalah untuk ikut membantu Autobot, dengan Grimlock sebagai Dinobot terkuat.

Namun, Grimlock kemudian mulai berpikir bahwa karena dia yang terkuat maka dialah yang harus berkuasa atas yang lain. Ternyata pikiran Grimlock tersebut dipengaruhi oleh Megatron, yang akhirnya mau menjadi bawahannya. Meskipun dia yang terkuat di Dinobot, tapi dia bukan yang terkuat diantara semuanya. Optimus Prime kemudian berhasil mengalahkan Grimlock dan meyakinkan Grimlock untuk kembali ke Autobots.

Scourge (Cybertron)

Scourage mungkin bukanlah Transformers yang dikenal seperti robot lainnya. Dia merupakan salah satu Transformers yang muncul dalam seri Transformers: Cybertron. Dalam serinya, Autobots dan Decepticons dipaksa untuk berlomba menemukan empat Cyber Planet Keys. Masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Autobot tentunya memiliki tujuan untuk menyelamatkan dunia, sedangkan Decepticon memiliki tujuan untuk menghancurkan dunia.

Salah satu Cyber Keys ada di di Jungle Planet, sebuah dunia yang penuh dengan transformer binatang buas. Scourge menjadi pemimpin di wilayah tersebut. Karena memiliki pandangan yang sama tentang yang terkuat adalah pemenang, dia pun berteman dengan baik bersama Megatron. Sampai kemudian Optimus Prime menantangnya bertarung, dan Scourge kagum dengan kekuatan yang dimiliki Prime. Namun, kemudian Lori Jimenez, rekan manusia para Autobot, meyakinkan Scourge untuk mau bersama-sama menyelamatkan dunia.

Wheeljack (Armada)

Dalam series Transformers: Armada, Wheeljack diceritakan bertarung habis-habisan melawan Hotshot. Ribuan tahun sebelumnya, Wheeljack dan Hotshot terjebak dalam sebuah kebakaran besar di Cybertron. Wheeljack terjebak di bawah reruntuhan. Hotshot mengatakan bahwa dia akan mencari bantuan, tapi dia tidak pernah kembali. Akhirnya Wheeljack menyangka bahwa Hotshot sudah mengkhianatinya.

Namun, ketika dia sudah kehilangan harapan ada sosok misterius muncul dari balik api yang ternyata adalah Megatron. Yakin bahwa Autobot sudah meninggalkannya, Wheeljack kemudian bergabung dengan sukarela dengan Decepticon. Meskipun dia tidak menggunakan lambang dari Decepticon, dia merusak lambang Autobot di dadanya sebagai pengingat peristiwa itu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2