Dreadwing (Prime)

Dreadwing dan Optimus Prime diperlihatkan sebagai musuh bebuyutan dalam serinya. Meskipun mereka saling menghormati satu sama lain, Dreadwing sendiri tidak memiliki keraguan untuk membunuh Optimus jika memang kesempatan tersebut ada. Namun, Prime ingin membuktikan bahwa Dreadwing bisa menjadi bagian dari Autobot yang berharga jika saja dia mau bergabung.

Awalnya Dreadwing menolak mentah-mentah tawaran itu, dan meskipun dia selalu dibantah dan direndahkan oleh Megatron, dia selalu setia. Titik balik Dreadwing muncul ketika dia mengetahui apa yang terjadi kepada adiknya Skyquake. Ketika dia gagal menjalankan misi, Starscream mengubahnya menjadi zombie Decepticon, Terrocon.

Dreadwing merasa bahwa ini sudah berlebihan, dan akhirnya secara sembunyi-sembunyi dia membantu Autobot sebelum berhadapan dengan Starscream. Sayangnya, Dreadwing gagal membalas dendam adiknya dan Megatron lebh memilih menyelamatkan Starscream dan membunuh Dreadwing.

Jetfire (G1)

Jetfire merupakan salah satu transformer yang populer, dan terkenal karena hatinya yang baik. Dia mendedikasikan hidupnya untuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, siapa sangka jika Jetfire pernah menjadi bagian dari Decepticon. Sebuah insiden membuat Jetfire terdampar di bumi, jutaan tahun sebelum the Ark dan the Nemesis membawa peperangan Cybertron ke bumi.

Jetfire hilang dalam sebuah misi penelitian dan kemudian membeku di dalam es, seperti Captain America. Decepticon kemudian menemukannya di perairan Artik, dia kembali dihidupkan, tapi dia terkejut bahwa rekannya dulu, Starscream, sudah sangat berbeda. Merasa bahwa metode ilmu pengetahuan yang dipegang oleh Decepticon terlal berlebihan, akhirnya Jetfire pun membelot ke Autobot.

Starscream (Armada)

Tangan kanan dari Megatron ini dikenal sebai robot yang kejam dan tanpa ampun, dan menjadi aset berharga bagi Decepticon. Namun, siapa sangka dia pernah mengkhianati faksinya tersebut. Dalam seriesnya, kita diperlihatkan bagaimana Starscream selalu menahan diri ketika Megatron melakukan kekerasan terhadapnya. Dan hal itu membuat dia kesal dan muak.

Starscream kemudian memilki ide, dimana dia akan membantu Autobot dengan harapan mereka akan menghancurkan Megatron untuknya. Dia sempat kembali bergabung dengan Decepticon, setelah berteman dengan Alexis, seorang manusia. Sampai kemudian ancaman Unicron muncul. Starscream sendiri percaya bahwa hanya Optimus Prime yang bisa mengalahkannya. Starscream kemudian mengorbankan dirinya dengan harapan kedua faksi tersebut bisa bersama-sama bersatu.

Optimus Prime (Prime)

Sang pemimpin Autobot berkhianat? Setelah berhasil mengalahkan Unicron dengan menggunakan Matrix of Leadership, Optimus kembali ke formnya yang dulu, Orion Pax. Dengan tidak adanya ingatan tentang perang Decepticon dan Autobot, Orion Pax hanya percaya sosok yang dia kenali yang tidak lain adalah Megatron. Orion Pax begitu disambut hangat oleh para Decepticon, bahkan dia diberikan lambang Decepticon.

Beruntung, kebersamaan Orion Pax bersama Decepticon tidak berlangsung lama, setelah para Autobot berusaha mati-matian untuk menyelamatkan Orion Pax. Dan pada akhirnya Orion Pax pun kembali ke wujud Optimus Prime.

Megatron (IDW)

Setelah pemimpin Autobot, sekarang giliran pemimpin Decepticon yang pernah berkhianat. Sebenarnya apa yang ditampilkan dalam komik Transformers produksi IDW pada 2005 ini bukanlah pengkhianatan, melainkan perubahan diri. Setelah cukup lama bergaul dengan Bumblebee, Megatron sadar bahwa dirinya sudah melenceng jauh dari impiannya.

Hal ini juga ditambah dengan agenda jahat yang disusun oleh Shockwave dalam membangun Dark Cybertron, membuka matanya bahwa apa yang dia lakukan salah. Autobots membantunya menemukan kembali keberanian dan pengakuan, membantunya kembali ke jalan yang benar. Selain secara sadar menempelkan emblem atau lambang Autobot di dadanya, Megatron juga bahwa menukar meriam fusion miliknya dengan peralatan medis.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.