Pengendalian Darah Tanpa Bergerak

Biasanya, untuk melakukan pengendalian darah maka seseorang harus melakukan gerakan, seperti halnya dalam pengendalian air pada umumnya. Namun, gerakan yang dilakukan oleh para pengendali darah biasanya terlihat seperti orang yang sedang memainkan boneka dengan jaringnya. Ada satu orang/karakter yang bisa melakukan pengendalian darah tanpa perlu melakukan gerakan apapun, dan dia adalah Yakone.

Menurut ingatan Korra, Yakone melakukan hal tersebut kepada seluruh anggota United Republic Council, termasuk Sokka, Toph, dan Aang. Tidak ada yang menyangka jika Yakone bisa melakukan pengendalian darah tanpa bergerak, sampai kemudian Aang mengaktifkan Avatar State. Yakone mengajarkan teknik ini kepada kedua anaknya, tapi hanya Noatak yang berhasil menguasai tekniknya. Sementara Tarrlok tidak bisa menerima bahwa dia harus menyakiti binatang.

Teknik Yang Sangat Sulit

Selain karena adanya batasan (harus menunggu gerhana bulan muncul) pengendalian darah memiliki banyak sekali aturan, regulasi, dan hal semacamnya. Pertama, pengendali air biasa tidak akan bisa untuk melakukannya. Hal ini dikarenakan butuh banyak fokus untuk bisa mengendalikan “kehidupan” dalam diri seseorang, dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Aturan selanjutnya adalah meskipun mereka bisa mengendalikan tubuh orang lain, tapi mereka tidak bisa mengendalikan pikirannya. Jika otak atau pikiran mereka bisa melawan pengendalian darah, maka tidak ada yang bisa dilakukan oleh orang tersebut. Yang terakhir, pengendali darah harus lebih kuat dari musuhnya, jika ingin teknik ini berjalan dengan efektif.

Tidak Menghasilkan Luka Permanen

Sudah ada banyak orang yang pernah mengalami bagaimana mengerikannya pengendalian darah. Bahkan, Korra sendiri sudah beberapa kali berhasil bertahan dari serangan pengendalian darah. Namun, dia bisa pulih dengan cepat setelah serangan tersebut mengingat dia adalah seorang Avatar. Tapi, satu hal yang pasti dari kemampuan ini adalah tidak ada luka permanen dari korbannya. Sebenarnya, teknik pengendalian darah bisa saja berguna apalagi dalam dunia medis. Mungkin bisa digunakan untuk membuat obat, membantu operasi seseorang, melakukan analisis, dan sebagainya.

Mewariskan Teknik Ini

Tidak ada aturan jelas yang menyebutkan bagaimana kemampuan ini bisa diberikan atau dipindahkan. Di satu sisi, sang pengendali air, Hama, menguasai teknik ini dengan belajar sendiri. Namun, untuk kasus seperti Yakone semuanya masih dipertanyakan. Kedua anaknya, Noatak dan dan Tarrlok adalah juga pengendali darah seperti ayahnya. Artinya, ada kemungkinan pengaruh genetik terhadap teknik ini, tapi tetap saja hal itu belum menjelaskan mengapa tidak banyak orang/pengendali air yang bisa melakukan hal ini.

Menyatu Dengan Pengendalian Energi

Di masa lalu, Aang diperlihatkan kembali mempraktikan pengendalian energi terhadap Yakone, dimana Aang menghilangkan kemampuannya untuk mengendalikan elemen. Hal ini juga pernah dia lakukan terhadap raja api Ozai beberapa tahun sebelumnya. Meskipun mekanisme spesifik dari teknik ini dipelajari atau diadaptasi dari Lion Turtle, ternyata pengendalian darah juga bisa memiliki hasil yang sama.

Contohnya, Noatak/Amon mampu menirukan caranya dengan memotong aliran chi di dalam seorang pengendali, yang mana hal itu cukup kuat untuk berpengaruh bahkan kepada seorang Avatar. Beruntung, para Avatar lainnya bisa mengendalikan kekuatan Korra melalui pengendalian energi. Dan ternyata Korra juga bisa melakukan hal itu kepada orang lain yang kehilangan kemampuan pengendaliannya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.