Fantastic Four merupakan tim pahlawan klasik dari Marvel Comics yang diciptakan pada 1960. Sama halnya dengan superhero lainnya, Fantastic Four juga pernah mengalami pasang surut sejak pertama kali mereka diperkenalkan. Jika berbicara mengenai adaptasi live-action, proyek filmnya sepertinya selalu berhadapan dengan kesulitan dalam masalah proses produksi. Sejauh ini, baru ada tiga proyek film Fantastic Four yang sudah tayang.

Pertama adalah film Fantastic Four garapan Tim Story yaitu Fantastic Four (2005) dan sekuelnya, Rise of the Silver Surfer (2007). Kemudian pada 2015 film ini sempat direboot dengan judul Fant4stic karya Josh Trank. Meskipun dua film sebelumnya cukup mendapatan sambutan yang baik, sayangnya untuk film garapan Josh Trank, filmnya bisa dibilang merupakan bencana. Buat Geeks yang belum tahu, sebenarnya ada berbagai proyek film adaptasi Fantastic Four dalam dua dekade terakhir ini. Sayangnya, proyek tersebut pada akhirnya harus dibatalkan. Berikut adalah berbagai proyek film Fantastic Four yang tidak jadi diproduksi.

Fantastic Four Garapan Peyton Reed

Pada 1995, 20th Century Fox sudah menyiapkan semua hal untuk memproduksi film Fantastic Four. Mereka melibatkan nama-nama besar dari sutradara yang khusus untuk genre komedi, seperti Chris Colombus, Sam Weisman, Peter Segal, dan Raja Gosnell. Namun, mereka semua akhirnya mundur dari proyek ini. Pada April 2001, akhirnya proyek ini jatuh ke tangan Peytodn Reed.

Namun, pada akhirnya Reed juga memutuskan untuk mundur dari proyeknya. Dalam wawancaranya dengan Yahoo! pada 2015 silam, Reed menjelaskan bagaimana dia tidak bisa membuat film dengan apa yang diminta oleh Fox. Mereka meminta Reed untuk mengerjakan proyeknya sesegera mungkin, karena mereka harus “mengejar waktu.” Karena ketidakcocokan itulah akhirnya Reed lepas dari proyek ini.

Crossover Film-film Marvel

Setelah film Rise of the Silver Surfer tidak memenuhi target yang diinginkan, (bahkan pemasukan filmnya lebih sedikit dibandingkan film pertama) Fox kemudian meninggalkan rencana mereka untuk melanjutkan ceritanya. Pada 2011, Fox menyewa jasa Zack Stentz dan Ashley Miller untuk menulis naskah film crossover yang menghadirkan seluruh karakter Marvel yang dimiliki oleh Fox.

Menurut THR, ceritanya sendiri dibuka dengan Johnny Storm yang menciptakan kekacauan di Manhattan dalam pertarungannya melawan Molecule Man. Hal itu justru membuat lahirnya sebuah aturan untuk para superhero agar mereka terdaftar (seperti yang terjadi di Civil War). Dan seperti yang sudah diduga, tidak semua pahlawan menyetujui hal itu. Dan peperangan diantara mereka sendiri pun akhirnya terjadi.

Pada dasarnya, Fox mencoba untuk mengadaptasi cerita Civil War, namun kemudian proyek ini akhirnya ditinggalkan setelah X-Men: First Class menjadi populer. Mereka juga akhirnya berfokus pada sekuel X-Men dan proyek reboot Fantastic Four. Menariknya, THR juga menyebutkan bahwa Fox sempat menyiapkan proyek film X-Men vs. Fantastic Four namun pada akhirnya proyek ini kembali ditinggalkan.

Spinoff Silver Surfer

Sebelum Fantastic Four karya Tim Story dirilis, sebenarnya Fox memiliki rencana untuk membuat film tentang Silver Surfer pada 1998 silam, dengan Geoffrey Wright yang akan menjadi sutradaranya. Namun, dengan lamanya proses produksi film Fantastic Four pada akhirnya membuat Fox menunda rencana tersebut selama hampir satu dekade. Rise of the Silver Surfer kemudian dirilis pada 2007.

Namun, seperti yang disebutkan di atas, filmnya kurang mendapatkan sambutan yang akhirnya membuat Fox memutuskan untuk melakukan reboot pada 2009. THR juga melaporkan sebenarnya Fox secara diam-diam pernah kembali mengembangkan ide untuk membuat film tentang Silver Surfer pada 2018 kemarin, tapi pada akhirnya rencana tersebut dibatalkan karena proses akuisisi Fox oleh Disney.

Doctor Doom

Selain Silver Surfer, Fox juga sempat memiliki rencana untuk membuat film spinoff tentang villain Fantastic Four, Doctor Doom. Kemudian muncul kabar bahwa Noah Hawley akan menulis dan menyutradarai filmnya, seperti yang diungkapkan pada SDCC 2017. Tapi, kembali, rencana ini harus kembali dibatalkan karena proses akuisisi Fox oleh Disney.

Pada Juni 2019 kemarin, Hawley mengaku bahwa dia sudah menemui Kevin Feige untuk membahas mengenai proyek filmnya. Karena kurangnya informasi tentang proyek ini, bisa diasumsikan bahwa proyeknya dibatalkan atau setidaknya ditunda. Marvel Studios sendiri berencana untuk melakukan reboot untuk Fantastic Four, sehingga rasanya tidak masuk akal jika kemudian mereka merilis film spinoff tentang Doctor Doom.

Fant4stic 2

Fox ternyata memiliki rencana untuk membuat sekuel bagi film garapan Josh Trank ini. Namun, melihat hasil yang kurang memuaskan dari film sebelumnya membuat Fox akhirnya memutuskan untuk membatalkan proyek tersebut. Meskipun begitu, produser sekaligus penulis filmnya, Simon Kinberg, dan beberapa cast filmnnya menyatakan siap untuk kembali suatu hari nanti. Tapi, semua rencana tersebut akhirnya harus selesai setelah Disney mulai mengakusisi Fox dan beserta seluruh IP dari Fantastic Four.