Dalam dunia bajak laut di seri One Piece, kekuatan otot mungkin memang menjadi sangat penting dalam ceritanya. Karena, pertarungan demi pertarungan terus saja muncul baik dialami oleh Luffy ataupun oleh para bajak laut lainnya. Semuanya dilakukan demi menjadi yang terbaik. Meskipun begitu, kekuatan otot tanpa didukung kekuatan otak membuat semuanya tidak seimbang.

Dalam cerita One Piece, ada banyak sekali karakter yang sudah diperkenalkan. Sebagian karakter hanya sebagai pelengkap saja, tapi di sisi lain karakter ini juga memiliki peran yang cukup besar, terutama dalam penggunaan kecerdasan mereka. Selain ada banyak sosok kuat seperti Luffy atau Kaido, ada juga sosok yang memang memiliki kecerdasan yang dahsyat. Siapa saja?

Vinsmoke Judge

Dalam masalah teknologi, khususnya rekayasa genetika, pemimpin keluarga Vinsmoke dan ayah dari Sanji, Vinsmoke Judge, merupakan ahlinya. Menurut informasi yang ada, Vinsmoke Judge sudah lebih dari 20 tahun bekerja sama dengan sosok misterius paling cerdas dalam cerita One Piece, Dr. Vegapunk. Judge banyak menemukan sesuatu yang luar biasa, seperti bagaimana menciptakan sebuah kloning.

Germa 66 dikenal sebagai salah satu kekuatan terbesar, berkat teknologi kloning yang diciptakan oleh Judge. Saking dahsyatnya teknologi ini, Big Mom sampai harus menyusun rencana jahat dengan menikahkan Sanji dan Pudding, demi mendapatkan teknologi tersebut. Kecerdasan genetika tersebut kemudian dia aplikasikan kepada anak-anaknya.

Franky

Berbicara mengenai teknologi, Franky juga merupakan salah satu karakter yang cerdas dalam hal teknologi. Meskipun Franky bukanlah sosok ahli seperti beberapa nama besar Vegapunk atau Judge, Franky memiliki keahlian dalam hal robotik dan keinsinyuran (engineering). Sudah banyak bukti yang membuktikan kecerdasan Franky ini.

Pertama, adalah bagaimana dia membangun sendiri tubuh cyborg miliknya. Dia mengutak-atik berbagai teknologi cyborg untuk kemudian diaplikasikan ke tubuhnya sendiri. Kedua, adalah bagaimana dia memiliki kemampuan untuk membangun sesuatu, misalnya jembatan atau membangun Sunny Go. Dia bahkan membuat berbagai macam kendaraan lainnya untuk membantu kru Topi Jerami.

Trafalgar D. Law

Tidak diragukan lagi, Law merupakan dokter bedah paling ahli dan paling jenius dalam cerita One Piece. Semua kemampuan tersebut berkat buah iblis Ope Ope no Mi yang dia konsumsi. Tidak ada satupun operasi yang tidak bisa dia lakukan. Bahkan, yang paling “gila” adalah dia sendiri kini menjadi sosok yang kekal berkat buah iblis tersebut.

Berkat kemampuan medisnya, dia berhasil menyelamatkan nyawa Luffy setelah perang di Marineford selesai. Selain dari segi medis, Law juga memiliki kecerdasan dari sisi lainnya yaitu strategi. Strategi penyerangan ke Onigashima sendiri sebenarnya disusun dengan baik oleh Law, selain oleh Kinemon. Intinya Law menjadi sosok yang luar biasa cerdas.

Dr. Crocus

Tidak banyak memang informasi yang bisa digali tentang sosok Dr. Crocus selain informasi dulu dia adalah dokter di kapal Oro Jackson, kapal milik Gol D. Roger. Kita juga tidak tahu apa saja kekuatan Crocus, selain memiliki kecerdasan dalam hal medis. Roger sampai rela menghabiskan waktunya untuk menemukan Crocus, dan berkat bantuannya Roger bisa sedikit menahan lebih lama penyakit yang menyerang tubuhnya. Dia juga menjadi sosok yang menjaga dan merawat paus hitam raksasa, Laboon.

Dr. Hogback

Dr. Hogback juga merupakan salah satu dokter jenius dalam cerita One Piece. Bagaimana tidak, dia merupakan sosok dokter yang ahli dalam membangkitkan kembali mereka yang sudah mati. Hogback dulunya bekerja sebagai bawahan dari Gecko Moriah, salah satu dari tujuh penguasa lautan. Dialah yang membangun ribuan pasukan zombie Moria, serta sosok yang membangkitkan kembali Oars. Hogback memang tidak bisa bertarung, tapi dia bisa memanfaatkan pasukan zombienya untuk menjadi pasukannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.