Setelah sempat dirumorkan akan muncul, akhirnya kostum berwarna hitam Superman muncul dalam teaser singkat untuk film Justice League Snyder Cut yang tayang di HBO Max pada 2021 mendatang. Mengapa Superman mengenakan kostum berwarna hitam? Mengapa Superman tidak mengenakan kostum berwarna biru merahnya? Zack Snyder sendiri beralasan bahwa ini menjadi “penanda” bagi Superman yang baru saja dibangkitkan kembali dari kematian. Lalu, apa arti lainnya dari hal tersebut? berikut penjelasannya.

Dalam Versi Komik

Cerita Death of Superman menjadi cerita yang sangat fenomenal di dekade 90an, dan bahkan sampai menjadi berita di seluruh dunia. Buat Geeks pecinta komik modern, melihat bagaimana kematian dan juga hidup kembali dari karakter superhero mungkin sudah menjadi sesuatu hal yang lumrah terjadi. Tapi, lain halnya dengan para pembaca komik di era 90an.

Pada masa itu, tidak ada yang menyangka sama sekali Superman akan tewas. Oleh karena itulah dampak kematian Superman benar-benar mengguncang dunia. DC Comics kemudian membangkitkan kembali Superman dalam arc Reign of Superman. Dalam ceritanya, kita diperlihatkan bagaimana DC memperkenalkan berbagai Superman dari berbagai universe. masing-masing Superman mewakili nilai-nilai yang dianut oleh Superman yang asli.

Superman baru benar-benar bangkit kembali di regeneration matrix yang ada di Fortress of Solitude. Butuh waktu yang tidak sebentar bagi Superman untuk kembali normal setelah bangkit dari kematiannya. Dan sebagai hasilnya, Superman harus kehilangan kekuatannya. Selain itu, Superman juga harus menggunakan kostum planet Krypton berwarna hitam yang memiliki fungsi untuk mengembalikan kekuatan. Kal-El kemudian menambahkan logo “S” di dadanya.

Kostum berwarna hitam ini membuat Superman berbeda dari yang sosoknya yang dulu dimana dia begitu gelap, brutal. Seiring berjalannya waktu, Superman perlahan mulai kembali mendapatkan kekuatannya dan dia pun kembali menggunakan kostum berwarna merah biru yang menjadi ciri khasnya.

Bagaimana Superman Mendapatkan Kostum Berwarna Hitam di Film Justice Leage

Dalam sebuah adegan yang dipotong diperlihatkan bagaimana Superman menggunakan dan mendapatkan kostum berwarna hitam tersebut di Snyder Cut. Superman sepertinya menemukan kostum tersebut di Fortress of Soliture setelah dia dibangkitkan, dan memutuskan untuk mengenakannya. Jika dilihat sepertinya versi Snyder dan komik akan mengalami perbedaan.

Versi Snyder sepertinya tidak akan memperlihatkan bagaimana Superman mengenakan battle armor bangsanya. Dengan dipilihnya kostum Superman yang berbeda dibandingkan battle armor memberikan petunjuk akan satu hal, yaitu peran barunya. Sosok “Superman” lama mungkin sudah tewas bersama Doomsday. Kini Superman baru tumbuh, Superman yang berkomitmen sepenuhnya untuk bumi. Snyder sendiri mengindikasikan bahwa akan ada suara Jor-El dalam adegan tersebut, yang artinya Kal-El akan mendapatkan bimbingan dari sang ayah.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2