Emporio Ivankov

Emporio Ivankov merupakan pemiompin dari kerajaan Kamabakka dan merupakan salah satu komandan kepercayaan dari Dragon dan Pasukan Revolusi. Sanji kemudian sempat menjalin semacam hubungan dengan para penghuni kerajaan Kamabakka saat time-skip terjadi. Kuma melemparkan Sanji ke kerajaan tersebut untuk berlatih.

10 Mentor Terhebat Dalam Cerita One Piece!, GreenscenePada awalnya, semuanya terasa bagaikan neraka bagi Sanji. Tapi, perlahan Sanji mulai bisa menyerap semua pelajaran dan apapun yang diberikan kepadana. Sanji kemudian bertemu dengan Ivankov setelah dia bebas dari Impel Down. Hasil dari latihan tersebut, Sanji mendapatkan 99 resep masakan yang bisa membangkitkan stamina dan semangat siapapun yang memakannya.

Monkey D. Garp

Sebenarnya, Garp bukanlah mentor bagi Luffy meskipun sedari kecil dia mengajarinya untuk menjadi sosok pria tangguh dan tidak cengeng. Tujuannya adalah meneruskan pekerjaannya sebagai perwira angkatan laut hebat setelah dia pensiun. Sebaliknya, Garp merupakan mentor bagi Coby dan Helmeppo. Garp berusaha membentuk karakter mereka berdua menjadi lebih baik.

10 Mentor Terhebat Dalam Cerita One Piece!, GreensceneHasilnya tidak mengecewakan. Saat pertemuannya dengan Luffy di arc Water Seven, kita melihat bagaimana perkembangan Coby dan Helmeppo begitu pesat meskipun masih sangat jauh untuk bisa melampaui Luffy dan Zoro. Coby sangat menghormati sosok Garp, meskipun terkadang Garp sangat tegas kepadanya. Tapi, Coby sadar dia tidak akan seperti sekarang tanpa Garp.

Dracule Mihawk

Dibalik sosoknya yang dingin dan pendiam, siapa sangka Dracule Mihawk merupakan seorang mentor yang handal. Sempat menjadi rival bagi Shanks, Mihawk “mengorbankan” dua tahunnya untuk menjadi mentor bagi Roronoa Zoro selama time-skip berlangsung. Meskipun Zoro sempat mengakui bahwa dia sangat ingin membunuh Mihawk, tapi dia menyadari dia masih belum memiliki kemampuan itu dan berlutut agar Mihawk mau mengajarinya berpedang.

10 Mentor Terhebat Dalam Cerita One Piece!, GreensceneSempat ditolak karena merasa Zoro lemah, tapi kemudian dia membuktikannya dengan mengalahkan semua babun yang ada wilayah Mihawk. Dan akhirnya Mihawk pun setuju untuk mengajari Zoro berpedang. Di arc Dressrosa terungkap bagaimana Mihawk mengajari Zoro bagaimana melapisi pedangnya dengan kekuatan Haki.

Monkey D. Dragon

Meskipun karakter ini sangat jarang sekali muncul dan misterius, tapi dia merupakan seorang mentor yang hebat. Dia merupakan mentor bagi Sabo, salah seorang “saudara” dari Luffy selain Ace. Sabo pertama kali bertemu dengan Dragon saat peristiwa Grey Terminal, tapi Dragon baru menerimanya sebagi bagian dari Pasukan Revolusi setelah dia menolongnya.

10 Mentor Terhebat Dalam Cerita One Piece!, GreensceneDragon kemudian melatih sendiri Sabo, dan terkesan dengan perkembangannya yang terhitung sangat cepat. Oleh karena itulah, Dragon kemudian mempercayakan Sabo sebagai salah satu tangan kanannya. Sabo sangat mempercayai Dragon, dan meskipun dia sempat mengingat kembali bagaimana dia ingin berlayar dengan bebas di lautan, tapi dia tetap setia bagi Pasukan Revolusi.

Silvers Rayleigh

Orang yang paling berjasa dalam hidup Luffy. Rayleigh mengajarkan Luffy bagaimana menguasai ketiga bentuk Haki. Luffy benar-benar sangat menghormati Rayleigh, sampai-sampai dia rela menerima hukuman apapun dari Rayleigh. Tapi, hasil dari latihan selama dua tahun tersebut tidaklah sia-sia. Luffy kini mampu mengendalikan seluruh Haki yang ada dalam dirinya.

10 Mentor Terhebat Dalam Cerita One Piece!, Greenscene Salah satu bukti kedahsyatan hasil latihan Haki Luffy adalah ketika dia berhasil membuat 50.000 pasukan Hody Jones tidak bedaya akibat Haoshoku Haki miliknya. Selain Haoshoku Haki, Luffy juga menjadi handal dalam Kebunshoku Haki dan Busoshoku Haki, dimana dia berhasil mengalahkan banyak musuh terkuatnya dengan menggunakan teknik ini.

1
2