Menjadi sosok yang kuat dan tangguh bukanlah perkara yang mudah. Butuh kerja keras, usaha yang keras, dan latihan yang teratur untuk bisa mencapai itu semua. Karena dalam mempelejari sesuatu hal tidak bisa dilakukan sembarangan, maka harus ada sosok yang bisa mendampingi dan mengarahkan sosok tersebut untuk bisa menjadi lebih kuat.

Sosok tersebut adalah mentor atau guru. Mereka biasanya merupakan sosok yang sudah berpengalaman atau menguasai berbagai teknik yang tidak diketahui sebelumnya. Ada banyak karakter yang menjadi mentor hebat bagi karakter hebat dalam cerita One Piece. Siapa saja? berikut adalah pembahasannya.

Fisher Tiger

Fisher Riger merupakan pendiri dan kapten asli dari kelompok bajak laut Matahari. Dia merupakan sosok yang sangat ideali, membuat kebebasan menjadi dasar utama dari kelompok bajak laut tersebut. Jinbe pada awalnya merupakan pasukan penjaga raja Neptune, sebelum kemudian kelompok bajak laut Matahri merekrutnya untuk menjadi kru.

Meskipun pada awalnya Jinbe sangat membenci manusia, layaknya manusia ikan lainnya, ketika dia sudah bergabung dengan kelompok bajak laut tersebut dia mulai belajar banyak hal tentang manusia. Dan perlahan rasa bencinya tersebut mulai menghilang, setelah Fisher Tiger tewas, Jinbe kemudian mengambil alih kepemimpin kelompok bajak laut Matahari.

Koushiro

Zoro tidak akan mungkin menjadi sosok yang kuat dan tangguh serta ahli dalam bermain pedang tanpa ada jasa dari Koshiro. Dia merupakan mentor atau guru yang melatih Zoro berpedang sejak masih kecil. Dia juga merupakan ayah dari Kuina. Zoro sangat bersyukur karena Koshiro mau mengajarinya berpedang, dan memberikannya pedang Wado Ichimonji.

Meskipun pada saat itu Zoro belum memahaminya, Koshiro mengajarkan kepada Zoro bahwa ada banyak hal dari seorang ahli pedang dari sekedar memotong benda atau apapun. Sebuah pedang yang bisa melukai apapun bukanlah pedang dalam artian sesungguhnya. Dan tidak ada pedang yang lebih kuat dan hebat dari pedang yang bisa melindungi apa yang memang ingin dilindungi.

Zeff

Sama seperti Zoro dan Koshiro, Zeff juga memiliki jasa besar dalam hidup Sanji. Tanpa adanya Zeff, Sanji mungkin sudah mati di lautan dan dia tidak akan memiliki kemampuan untuk memasak dan bertarung. Zeff merupakan kepala chef dan pemilik dari restoran terapung Baratie, dan juga dia mantan kapten bajak laut Cook. Bagi Sanji, Zeff sudah lebih dari sekedar mentor. Dia adalah sosok ayah yang hilang dalam hidupnya.

Selain mengajari Sanji apa yang dia ketahui dan kuasai selama ini, Zeff kemungkinan adalah orang yang juga mengajari Sanji pertarungan untuk tidak menggunakan tangan untuk bertarung, selain untuk memasak. Dan juga aturan untuk tidak melukai atau mengancam wanita.

Hiluluk

Hiluluk merupakan sosok dokter yang berjasa besar bagi Chopper. Dia merupakan mentor sekaligus “ayah” bagi Chopper. Mereka memiliki ikatan yang sangat dekat satu sama lain, dan meskipun tidak jarang mereka juga saling adu argumen mereka tetap saling peduli. Contohnya ketika Chopper mengetahui penyakit yang menggerogoti tubuh dari Hiluluk.

Hiluluk merupakan orang yang mendukung Chopper untuk menjadi dokter, dan dia juga yang kemudian mengajarkan banyak hal kepada Chopper tentang medis dan kesehatan. Meskipun Chopper juga lebih sering menghabiskan waktunya bersama Doctor Kureha, tapi Chopper mengakui Hiluluk sebagai “dokter paling hebat di seluruh dunia.”

Pedro

Pedro of the Treetops merupakan jaguar dari suku Mink dan merupakan kapter dari the Guardians. Di masa lalu, dia merupakan orang yang memberikan Carrot sarung tangan atau gauntlets setelah dia menyaksikan bagaimana Carrot sama sekali tidak memiliki kemampuan dalam berpedang. Dia kemudian menggunakan kata-kata Gol D. Roger yang pernah diungkapkan kepadanya, untuk memotivasi Carrot agar menjadi lebih kuat.

Ketika Pedro berencana untuk mengorbankan dirinya dalam usaha pelarian tim pembebasan Sanji, Pedro sempat memberi tahu kepada Carrot terlebih dahulu, mengungkapkan keinginannya bagi mereka untuk bisa selamat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2