Siapa lagi pihak yang akan terlibat dalam perang besar di Wano? Itulah yang menjadi pertanyaan besar para fans sejak rencana penyerangan ke Onigashima dimulai. Perang besar di Onigashima menjadi cerita puncak dari arc Wanokuni. Menurut Eiichiro Oda, perang di Onigashima ini akan menjadi perang terbesar yang pernah ada dalam sejarah One Piece dengan skalanya yang lebih masif dari perang di Marineford.

Jika dilihat, memang wajar Oda Sensei kemudian menyebutkan perang ini akan menjadi pertempuran paling besar. Pertama dari jumlah pasukan yang ada. Kaido dan Orochi memiliki pasukan sekitar 30.000 orang sedangkan pasukan aliansi Luffy hanya sekitar 4.000 orang. Kedua, karakter yang terlibat dalam pertempuran ini bukanlah karakter biasa. Ada dua Yonko dan beberapa Supernova yang akan ikut bertempur. Kemudian ada Marco dan Izo, mantan anak buah Whitebeard.

Hal itu membuat banyak para fans bertanya-tanya, siapa lagi yang akan muncul di peperangan tersebut. Apakah angkatan laut akan terlibat dalam pertempuran ini? seperti yang diungkapkan oleh Sakazuki, kekuatan armada mereka saat ini sedang tidak dalam keadaan sempurna karena harus disebar ke seluruh penjuru lautan untuk menangkap Shichibukai. Tapi, Sakazuki sendiri sadar bahwa ada banyak “misteri” tentang Wano, seperti sekuat apa negara tersebut?

Sakazuki mungkin tidak akan mengakui hal yang sebenarnya kepada anak buahnya, namun bagaimana jika sebenarnya Sakazuki tahu semuanya? Bagaimana jika Sakazuki tahu apa yang bisa dilakukan oleh Wano dan apa yang terjadi di Wano? Seperti yang kita ketahui, pihak Pemerintah Dunia mengandalkan kekuatan arsenal mereka kepada Kaido dan Orochi setelah Doflamingo berhasil dikalahkan Luffy.

Itu artinya Pemerintahan Dunia harus mencari penyedia senjata lainnya, yang mana adalah Orochi dan Kaido. Oleh karena itulah di salah satu chapter kita melihat ketika ada agen CP0 pergi ke Wano untuk membeli senjata dari mereka. Tujuannya adalah untuk mempersenjatai pasukan mereka, yang mana adalah angkatan laut. Sakazuki pastinya tahu alur ini atau dengan kata lain tahu dari mana asal usul senjata yang mereka dapatkan.

Jadi, Sakazuki tidak akan pernah berani menyerang Wano karena dia tahu dan sadar bahwa jika dia ikut menyerang Wano atau setidaknya terlibat dalam perang tersebut melawan Kaido dan Orochi, maka artinya dia sudah “mengusik” suplai senjata Pemerintah Dunia. Dan jika Kaido dan Orochi berhasil dikalahkan, angkatan laut dipastikan tidak akan memiliki suplai senjata.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.