Robot Membuat Kota Sendiri

Akhirnya bebas, Sonny kemudian pergi ke sebuah gudang penyimpanan robot-robot yang tidak terpakai untuk memenuhi mimpi yang dia miliki. Implikasinya adalah dia akan pergi untuk membangun sebuah tempat (kota) dimana dia dan para robot lainnya bisa mencari tujuan dan makna yang baru untuk mereka sendiri, dan berharap robot bisa bersanding dengan manusia.

Menariknya, para robot juga melakukan hal yang sama dalam cerita “The Second Resistance Part I” setelah robot B1-66ER tewas. Mereka kemudian membangun negara mereka sendiri, yang bernama Zero One,  dan memiliki tujuan untuk bisa independen dari manusia. Namun, hal itu justru membawa mereka pada peperangan melawan manusia dalam “Part II”  setelah kejatuhan ekonomi yang manusia alami, membawa kesengsaraan pada mereka.

Film pendek The Animatrix yang menjadi antologi ceritanya, bisa dibilang lebih banyak menghadirkan detail cerita dibandingkan film I, Robot dalam hal mengeksplor cerita tentang perubahan hubungan manusia dan mesin. Meskipun begitu, film I, Robot tetap berhasil dan sukses sebagai prekuel rahasia untuk film The Matrix. Dan Wachowski bersaudara berhasil mengeksplor lebih dalam dampak dari perang antara manusia dan mesin tersebut.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.