Thor Menikahi Sif

Tidak mengejutkan memang jika pada kenyataannya dalam mitologi aslinya Thor tidak jatuh cinta dengan sosok seorang ahli Astrofisika Amerika bernama Jane Foster. Dalam cerita mitologi aslinya, Thor menikah dengan Sif, sang dewi pertanian. Menariknya, adalah justru Sif, bukan Thor, yang memiliki rambut pirang indah menawan.

Rambut indah tersebut kemudian secara sengaja dipotong oleh Loki, yang melakukannya semata-mata demi kejahilan. Tapi, justru hal itu membuat Sif merasa depresi. Setelah persuasi yang cukup lama, akhirnya Thor berhasil meyakinkan Loki untuk membuat rambut baru untuk Sif. Loki memerintahkan para kurcaci untuk membuatnya, sama seperti Eitri membuat Stormbreaker untuk Thor, hanya saja momen tersebut lebih epik dibandingkan mitologi aslinya.

Thor Butuh Sarung Tangan Khusus Untuk Memegang Mjolnir

Di berbagai film produksi Marvel, Thor tidak membutuhkan apapun selain kelayakan untuk bisa mengangkat dan menggunakan Mjolnir. Tapi, pada kenyataannya di mitologi aslinya Thor membutuhkan sepasang sarung tangan khusus bernama Jarngreipr, untuk bisa menggunakan Mjolnir. Selain Mjolnir dan Megingjoro (sabuk mistis yang meningkatkan kekuatan Thor), Jarngreipr merupakan salah satu dari tiga benda yang penting dari Thor.

Sayangnya, baik sarung tangan ataupun sabuk ajaib tersebut tidak disertakan di dalam filmnya. Meskipun sempat direferensikan singkat, sabuk mistis milik Thor sempat ditampilkan dalam film Spider-Man: Homecoming. Sabuk tersebut tersimpan di fasilitas baru milik Avengers, dan karena tidak bisa menyebut namanya Happy Hoga kemudian menyebutnya sebagai “sabuk ajaib Thor.”

Thor dan Loki Tewas Saat Ragnarok

Di akhir cerita Thor: Ragnarok, Thor dan Loki berhasil selamat dari serangan Surtur di Asgard dan kemudian terbang ke kapal perang mereka tanpa terluka. Tapi, hal itu bukanlah kejadian yang sebenarnya dalam peristiwa Ragnarok berdasarkan mitologi aslinya. Dalam peristiwa epik tersebut Thor, Loki, Odin, dan Heimdall seharusnya tewas.

Selain itu, Surtur bukan hanya membuat Asgard terbakar, tapi juga berhasil menghancurkan seluruh alam raya, menyisakan beberapa dewa saja dan dua manusia untuk memulai kembali peradaban manusia. Tapi, di MCU hal tersebut merupakan tugas bagi Thanos jadi bisa dipahami mengapa perubahan cerita tersebut dilakukan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.