Apa jadinya seorang Yonko tanpa adanya anak buah yang selalu setia di bawah perintah mereka. Yonko merupakan para penguasa lautan, dan mereka memiliki wilayah atau teritorinya sendiri. Dan untuk “membantunya” membangun kekuatan, seorang Yonko akan dibantu oleh bawahannya. Semakin banyak anak buah atau bawahan tentunya semakin kuat Yonko tersebut.

Beberapa contoh diantaranya adalah Whitebeard, Kaido, dan Big Mom. Whitebeard memiliki ribuan pasukan yang terdiri dari puluhan divisi. Kekuatan mereka diperlihatkan dalam perang puncak di Marineford saat mencoba untuk menyelamatkan Ace. Kemudian Big Mom, yang memiliki jumlah kru atau anak buah yang lebih banyak dari Whitebeard.

Sama seperti Whitebeard, Big Mom memiliki puluhan divisi yang dipimpin oleh anak-anaknya sendiri yang diberi nama Sweet Commander. Dibandingkan dengan seluruh Yonko, Big Mom sangat unik karena dia hanya mempercayakan anak-anaknya untuk menjadi pemimpin krunya. Kaido juga tidak kalah banyak, dengan jumlah anak buah yang diketahui sekitar 30.000 orang dan dibagi ke dalam beberapa kelompok: Gifters, Pleasures, Flying Six, dan All-Stars.

Dengan jumlah yang begitu banyak, sangat menarik untuk mengetahui bagaimana Kaido bisa memiliki anak buah sebanyak itu. Di chapter awal arc Wano diperlihatkan bagaimana Basil Hawkins dan Scratchmen Apoo sudah menjadi bagian dari kru Kaido, ketika para Supernova mencoba untuk menghadapi Kaido. Setelah mereka kalah, Kaido sempat mengatakan bahwa dia menyukai potensi besar dari para Supernova sehingga dia lebih ingin mengajak mereka bergabung dibandingkan membunuhnya.

Kidd, Law, dan yang lain tentunya menolak tawaran itu dan hasilnya sebagian ada yang dikirim ke penjara Udon. Jauh sebelum Supernova muncul, Ashura Doji juga pernah bertarung melawan Kaido dan tentu saja dia kalah dalam pertarungan tersebut. Tapi, Kaido memuji kekuatan dan keberanian Ashura Doji dan dibandingkan dengan membunuhnya, Kaido lebih tertarik untuk merekrutnya. Jelas, dia menolak tawaran dari Kaido tersebut.

Tapi, di chapter 983 kemarin kita mendapatkan penjelasan lainnya tentang bagaimana cara Kaido merekrut anak buahnya dari para Gifters. Hal ini terjadi ketika Zoro sedang menghadapi sekelompok Gifters, yang memiliki buah iblis Zoan tipe kumbang dan belalang. Yang menarik dalam momen tersebut adalah pengakuan dari mereka, yang menyebutkan bahwa mereka dulunya adalah para mantan kapten dari kru bajak laut.

Mereka juga memiliki keinginan yang sama dengan Luffy yaitu untuk menjadi raja bajak laut. Sayangnya, jalan mereka tidak semulus yang dibayangkan karena ditengah petualangan mereka dihadang oleh kelompok Kaido, dan memaksanya untuk bergabung dengan krunya, sama seperti yang dilakukan kepada para Supernova dan Ashura Doji (dan yang lain).

Berdasarkan tiga kejadian tersebut, bisa jadi sebagian besar anak buah kaido sebenarnya direkrut dengan cara berkeliling wilayah Wano atau wilayah lainnya, mencari keberadaan bajak laut, menyerangnya dan kemudian setelah mereka kalah, Kaido akan memaksa mereka untuk bergabung dengan krunya. Para bajak laut tersebut tentunya tidak bisa berbuat apa-apa dengan adanya perbedaan jarak kekuatan yang besar.

Jika memang begitu, maka hal ini bisa menjelaskan mengapa Kaido memiliki jumlah anak buah yang sangat banyak dan hal ini juga membedakan Kaido dengan Big Mom, yang sebagian besar krunya adalah anak-anaknya, dan Whitebeard yang hanya menerima orang-orang yang dianggap “hilang” dan butuh sosok “ayah” yang bisa membimbing mereka. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.