Armament Haki merupakan kunci untuk mengalahkan Kaido di arc Wanokuni. Seperti yang kita ketahui, Kaido merupakan makhluk paling kuat di dunia. Hampir tidak ada yang bisa membunuh Kaido atau bahkan sekedar melukainya kecuali, Kozuki Oden. Tapi, selain Oden, bahkan angkatan laut pun tidak sanggup melukainya atau mengeksekusinya. Seperti yang dijelaskan, setiap kali eksekusi dilakukan justru alat yang digunakan tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Kaido juga selalu melakukan upaya bunuh diri, tapi tidak pernah berhasil karena tubuhnya yang memang sangat kuat dan keras. Bahkan, Gear 4 Luffy yang merupakan andalannya juga tidak bisa berbuat banyak. Kaido bahkan bisa menahannya hanya dengan sangat mudah. Karena hal inilah, Luffy kemudian mencoba untuk meningkatkan kekuatannya lagi, terutama Armament Haki.

Luffy kemudian bertemu dengan Hyougoro di penjara Udon, yang selanjutnya menjadi guru bagi Luffy. Hyou mengajari Luffy kemampuan Armament Haki yang menjadi khas dari Wano yaitu Ryuou. Haki ini merupakan tingkatan tertinggi dari Armament Haki, karena memiliki sistem kerja yang sedikit berbeda dengan yang lain yaitu bisa menghancurkan benda dari dalam.

Tapi, tentunya kekuatan Ryuou tidak hanya itu saja, yang pasti Advanced Armament Haki ini menjadikan Luffy lebih kuat. Apa buktinya? Buktinya adalah pertarungan melawan Ulti di chapter 983 kemarin. Luffy secara tidak sengaja bertemu dengan Page One dan saudaranya, Ulti. Setelah sempat berbincang akhirnya mereka pun bertarung.

Seperti yang dikatakan oleh Ulti, dia merasakan adanya hawa Haki yang sangat kuat, dan tanpa dia sadari bahwa Haki tersebut berasal dari Luffy. Kemudian Ulti menyerang Luffy dengan serangan kepalanya. Ulti merupakan pemakan buah iblis tipe Zoan dengan model Pachycephalosaurus, dimana memang dinosaurus tersebut memiliki bagian kepala yang keras. Sehingga serangan yang dia lakukan didominasi oleh serangan kepala.

Tapi, yang menarik adalah Luffy mampu menahan serangan Ulti tersebut dengan mudah. Bahkan sempat ada percikan energi hitam yang muncul saat kedua kepala mereka beradu. Luffy kemudian mengatakan bahwa Ulti cukup kuat, dan Ulti pun heran bahwa Luffy bisa menahan serangannya. Yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana Luffy bisa menahan serangan dari Ulti.

Dengan berhasil menahan serangan Ulti, Luffy berhasil “mempraktikan” apa yang dia pelajari bersama Hyougoro tentang Ryuou. Seperti yang dijelaskan Hyougoro, selain bisa menghancurkan benda dari dalam teknik Ryuou juga bisa memfokuskan Haki pengguna ke satu titik atau ke seluruh badan. Dan yang dilakukan oleh Luffy adalah memfokuskan Haki yang dia miliki ke bagian kepala.

Peningkatan kekuatan Armament Haki ini juga diperlihatkan dengan adanya percikan energi hitam yang muncul. Jika Geeks perhatikan, percikan energi tersebut juga muncul ketika Whitebeard dan Roger saling bertempur. Jadi, kesimpulannya adalah Luffy berhasil mengaplikasikan apa yang dia pelajari dari Hyougoro tentang Ryuou. Apakah kemudian Luffy akan menggunakan teknik tertinggi Armament Haki lainnya, seperti menghancurkan dari dalam, untuk melawan Kaido? Patut untuk kita nantikan ceritanya. Kita tunggu saja ya Geeks kelanjutan ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.