Salah satu alasan mengapa para bajak laut pendatang baru seperti Luffy, Law, dan Kidd dilabeli Supernova adalah karena tekad dan keinginan mereka yang sangat kuat serta ambisi yang luar biasa, yang mendorong mereka untuk menjadi lebih kuat. Tapi, pertanyaannya adalah apakah bajak laut lain seperti Scratchmen Apoo dan Basil Hawkins termasuk dalam kategori ini?

Kurang lebih ada 11 (jika Blackbeard masuk dalam daftar) bajak laut yang masuk dalam kategori Supernova. Selain Luffy, Kidd, dan Law, ada juga kelompok bajak laut lain seperti Hawkins, Apoo, Bege, Uruouge, Bonney, dan Blackbeard. Saat pertama kali diperkenalkan di arc Sabaody, nilai buruan mereka berada di atas 100 juta Belly.

Dengan aksi-aksi yang selalu mereka buat, juga nilai buruan mereka, akhirnya angkatan laut memberikan “gelar” kepada bajak laut tersebut yaitu Supernova atau biasa dikenal juga sebagai Worst Generation. Salah satu “kelebihan” dari seorang Supernova adalah tekad yang kuat dan ambisi yang luar biasa. Mereka tidak diberikan julukan Supernova tanpa alasan tentunya.

Contohnya adalah Luffy yang akan selalu siap bertarung siapapun lawannya. Dia tidak peduli apakah dia bajak laut biasa, Shichibukai, agen pemerintah, Yonko, atau bahkan kaum naga langit sekalipun. Jika dia anggap sosok tersebut salah, Luffy tidak akan segan untuk menghajarnya sampai selesai. Kid, Killer, Law, dan Zoro, juga memiliki tekad yang sama dengan Luffy. Mereka juga memiliki kekuatan yang hampir sama dengan Luffy.

Contoh lainnya adalah Drake yang ternyata merupakan bagian dari organisasi rahasia angkatan laut dan sebenarnya dia bukanlah anak buah yang loyal kepada Kaido. Capone Geng Bege memalsukan kesetiaan mereka kepada Big Mom, sehingga dia bisa membunuh Yonko tersebut. Uruouge memiliki keberanian untuk bertarung melawan salah satu Sweet Commander dari Big Mom. Sedangkan Bonney memiliki lawan yang lebih besar, yaitu Pemerintah Dunia.

Sebagian besar para Supernova ini memiliki “keberanian” untuk menghadapi sesuatu yang lebih besar dari mereka, meskipun mungkin mereka tahu bahwa kekuatan mereka tidak akan cukup untuk memenangkan pertempuran tersebut. Tapi, yang pasti adalah determinasi dan tekad yang kuat dari bajak laut tersebut yang selalu tidak ingin kalah dan tidak akan pernah mau menjadi bagian dari musuh.

Tapi, sebagian lainnya justru melakukan apa yang dilakukan oleh sebagian besar Supernova. Apoo menyerah saat mencoba untuk mengalahkan Kaido dan setelah melihat kekuatannya justru dia malah bergabung dengan kelompok Kaido. Sedangkan Basil Hawkins langsung menyerah di depan Kaido, dibandingkan dengan Kidd dan Killer yang sempat memberikan perlawanan terlebih dahulu.

Pertanyaannya adalah apakah mereka berdua tidak memiliki tekad yang kuat seperti para Supernova lainnya? Ada dua kemungkinan, pertama adalah dia berbeda dari Supernova lain, dimana perkembangan kekuatan dari Apoo sangatlah lambat. Apoo sengaja mengambil rute yang lain yang tidak dilalui oleh para Supernova lainnya, menunggu waktu yang tepat untuk menyerang.

Kemungkinan kedua, memang Apoo tidak memiliki tekad dan kekuatan apapun yang sanggup untuk mengalahkan Kaido atau musuh yang lebih kuat. Dan seperti pepatah barat mengatakan, Jika kita tidak bisa mengalahkan pertempuran tersebut, maka bergabunglah.” Mungkin Apoo mengaplikasikan pepatah tersebut dalam cerita ini.

Bagaimana dengan Basil Hawkins? Hawkins sepertinya terlalu mempercayai apa yang dikatakan oleh kartunya. Hawkins mungkin cerdas dimana dia bisa melihat besaran peluang seberapa besar peluang dia akan mati atau hidup di tangan Kaido. Mungkin, jika kemudian peluang menang bagi tim aliansi diatas 50% dia akan berpindah ke pihak yang lain. Hawkins sendiri memang memiliki potensi untuk berkhianat kepada Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.