Captain Ginyu

Arc Planet Namek menjadi sebuah cerita yang menarik bagi Goku. Meskipun dia tidak terlalu banyak melakukan pertarungan, semua pertarungan yang dia lakukan memiliki koreografi yang sangat baik dan menarik. Berbagai drama yang juga tidak kalah menarik yang melibatkan para karakter di dalam ceritanya juga membuat arc ini menjadi salah satu arc terbaik di seri Dragon Ball.

Goku harus mengalami satu kekalahan ketika dia berada di planet Namek, tepatnya ketika dia harus berhadapan dengan Captain Ginyu. Sebenarnya, Captain Ginyu tidak begitu kuat dibandingkan Goku tapi Goku lengah dan Captain Ginyu memanfaat kesempatan tersebut untuk mengalahkan Goku. Tapi, kembali keajaiban berpihak kepada Goku dimana dia berhasil bertahan hidup dari pertarungan tersebut.

Android 19

Setelah kemenangan Goku atas Freeza di planet Namek, Akira Toriyama kemudian “mengabarkan” kepada kita bahwa Goku tidak akan bisa kembali menggunakan energi Super Saiyan miliknya dalam sebuah pertarungan. Hal ini terjadi ketika Goku melawan Android no. 19. Android yang dihadapi oleh Goku sengaja diciptakan oleh Dr. Gero demi meneliti kekuatan dan gaya bertarung Goku.

Namun, yang tidak terdeteksi oleh Gero adalah Goku memiliki kekuatan Super Saiyan. Hal itu kemudian dipraktekan kepada salah satu android Dr. Gero. Namun, Goku harus kehilangan energi tersebut setelah Android No. 19 berhasil menghisap semua kekuatan Goku. Bahkan Android No. 19 ini berhasil menghisap energi Kamehameha Goku. Hasilnya Goku terkena serangan jantung, yang sudah diprediksi oleh Future Trunks.

Cell

Rasanya sulit untuk dibayangkan seorang Goku menyerah dan mengakui kekalahannya. Hal ini terjadi saat Goku melawan Cell dalam arc Cell. Goku bahkan tidak mampu untuk memenangkan pertarungan melawan Cell Junior. Meskipun begitu dalam pertarungan ini Goku sadar jika dia akan kalah, ada nilai positif yang coba untuk diperlihatkan kepada para fans.

Di tengah-tengah pertandingan, setelah Goku menunjukan kemampuan terbaiknya melawan Cell, Goku memutuskan untuk berhenti dari pertarungan tersebut. Dia kemudian mengatakan jika anaknya, Gohan, yang akan menggantikan perannya. Banyak fans yang menduga jika Goku sadar Gohanlah orang yang kemudian bisa mengalahkan Cell. Disinilah kita melihat bagaimana sikap dewasa dan juga figur seorang ayah yang hebat dari Goku. Lagipula, Gohan memang sudah direncanakan akan menjadi karakter utama dalam arc tersebut menggantikan sosok ayahnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.