Kabar mengejutkan muncul beberapa hari yang lalu dimana sosok pegulat profesional, Mark Calaway, atau yang biasa disebut sebagai The Undertaker memutuskan untuk pensiun setelah 30 tahun karirnya di dunia gulat profesional. Mark pertama kali muncul di WWE pada tahun 1990an dalam Survivor Series dan sejak saat itu karir Undertaker mulai melejit.

Dalam video dokumenter yang membahas tentang Undertaker, The Last Ride, dia menyebutkan bahwa alasannya untuk pensiun adalah karena dia sudah tidak lagi memiliki hasrat untuk bergulat. Selain itu, dia juga sudah tidak memiliki tujuan atau gelar yang ingin dia raih. WWE dan dunia pasti akan sangat merasa kehilangan sosok Undertaker. Menggantikan posisi Undertaker mungkin adalah sesuatu yang mustahil, tapi ada beberapa pegulat yang bisa menjadi penerus kesuksesan dari Undertaker. Siapa saja?

Finn Balor

Finn Balor merupakan sosok yang pernah merasakan titik tertinggi dan juga titik terendah dari WWE. Balor merupakan pegulat yang akhirnya berhasil masuk ke jajaran pegulat populer dan berhasil mendapatkan gelar Universal Champion. Sayangnya, setelah berhasil mendapatkan gelar tersebut dia harus mengalami cedera yang parah.

Dan yang lebih menyedihkannya lagi, ketika dia kembali Balor memang sulit untuk bersaing dengan para pegulat WWE lainnya sehingga dia kembali ke NXT untuk membangun lagi karirnya. Usia Balor saat ini berada di akhir 30an, dan Balor memang bukanlah sosok yang begitu cemerlang. Tapi, karisma dan bagaimana persona iblis yang selalu dia pertontonkan benar-benar sesuai dengan Undertaker.

Roman Reigns

Roman Reigns hampir bisa dipastikan menjadi pilihan banyak orang ketika berbicara mengenai pengganti dari The Undertaker. Roman Reigns merupakan lawan terakhir yang pernah dihadapi oleh Undertaker pada ajang Wrestlemania. Kemenangan tersebut rasanya cukup untuk bisa menjadi bukti sah bagi Roman untuk bisa menggantikan posisi Undertaker, dan lagipula Roman dikabarkan menjadi sosok yang paling populer diantara pegulat lainnya di WWE untuk saat ini.

Roman mungkin memang tidak memiliki gimmick yang berbau supranatural, tapi roman memiliki jutaan fans setia yang bahkan melebihi penggemar Undertaker. Kemenangannya dalam ajang Wrestlematch saat menghadapi Undertaker menghadirkan sebuah gemuruh penonton yang luar biasa, yang menjadi bukti bahwa Roman memiliki karisma dan menjadi “wajah” baru dari WWE.

Aleister Black

Jika sosok penerus Undertaker dinilai dari bagaimana cara dia masuk ke dalam ring, mungkin Aleister Black sudah sukses mendapatkah gelar tersebut. Dikelilingi oleh banyak lilin dan bangkit dari tanah seperti seorang vampir yang bangkit dari peti mati, merupakan tema yang digunakan Black ketika dia akan masuk ke dalam ring. Dan hal itu  sangatlah mirip atau mendekati dengan apa yang selama ini dilakukan oleh Undertaker.

Sama seperti Balor, Black mungkin bukanlah karakter yang terlalu populer, tapi jika WWE memilih untuk mengembangkan karakternya dan semakin memperkuat elemen mistis dari Aleister Black, WWE akan mendapatkan sosok penerus dari The Undertaker. Perilakunya pun sama, dimana Black jarang untuk berbicara dan lebih banyak beraksi di atas ring meskipun masih belum diketahui sampai sejauh mana potensi terbesarnya.

Seth Rollins

Selain Roman Reigns, bintang WWE lainnya yang bersinar di tahun 2020 dan beberapa tahun belakangan ini adalah Seth Rollins. Seth Rollins merupakan pegulat yang cukup stabil dalam setiap penampilannya, dan Seth juga tetap menjadi salah satu atraksi yang menarik dalam ajang Monday Night Raw terlepas dari popularitasnnya. Seth juga sangat terampil untuk “beraksi” di atas ring dan memiliki gaya bertarung dan wajah yang menarik.

Seth juga sebenarnya memiliki gimmick sebagai sosok yang menyeramkan, hanya saja tidak segelap atau sehoror Undertaker. Jika WWE mencari nama besar yang bisa mereka gali potensi terbesarnya dan kemudian mengembangkannya untuk peningkatan karir yang dia miliki, Seth Rollins bisa menjadi sosok yang tepat untuk hal itu dan bisa menjadi pengganti yang tepat untuk menggantikan Undertaker.

The Fiend

Berpenampilan seram dan sangat mengerikan, mungkin itulah citra yang pertama kali dimunculan oleh The Fiend dan ditangkap oleh para penggemar. The Fiend telah sukses menjadi pegulat yang terkenal akan kengeriannya, selain Boogeyman dan tentu saja The Undertaker. The Fiend, yang memiliki nama asli Bray Wyatt, sebelumnya pernah mengalami kekalahan kontroversial saat melawan Goldberg. Meskipun begitu, aura misteri tetap tidak hilang.

Usia Wyatt sendiri masih 33 tahun, yang artinya masih banyak peluang yang bisa diraih oleh Wyatt dengan potensi dan kemampuan yang dia miliki. Gerakannya di atas ring pun menghadirkan kesan yang sama dengan gerakan yang biasa dilakukan oleh The Undertaker, dibandingkan Balor dan Rollins. The Fiend memiliki peluang besar untuk menjadi  penerus dari Undertaker.

Ember Moon

Ember Moon merupakan pegulat yang hebat dan bisa menjadi penerus dari Undertaker, untuk lawan jenis alias perempuan. Ember Moon muncul pertama kali dalam NXT TakeOver Brooklyn II, dengan karakter yang memiliki sentuhan manusia serigala dan gerakan akhir yang brutal. Moon memiliki cita-cita besar di WWE dan bisa menjadi nafas baru bagi divisi wanita.

Sayangnya, berbagai cedera yang dia alami dan kurang populernya Ember Moon di kalangan para fans membuat perkembangannya tertunda bahkan sebelum dia memulai untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Untungnya, Ember Moon memiliki keuntungan dari segi umur, dan jika kemudian dia berhasil sembuh dari cedera dia akan bisa kembali bangkit dan memulai lagi karirnya.

Drew McIntyre

Nama Drew McIntyre menjadi sebuah fenomena baru di kalangan pecinta WWE setelah dia berhasil mendapatkan gelar dalam ajang Wrestlemania 36 saat bertarung melawan Brock Lesnar. McIntrye memang tidak memiliki pengaruh paranormal, horror, atau apapun itu dalam penampilannya tapi dia memiliki aura yang sangat kuat yang mirip dengan figur Undertaker.

Setelah memenangkan kejuaraan WWE, Drew McIntyre saat ini menjadi salah satu “wajah” dari WWE, mewujudkan dari apa yang sebelumnya diprediksikan tentang McIntyre. Vince McMachon pastinya akan melihat potensi dari McIntyre setidaknya untuk beberapa tahun kedepan, dan hal itu rasanya cukup untuk menjad modal bagi penerus Undertaker.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.