Seperti yang kita ketahui, mencari keberadaan pulau terakhir yaitu Laugh Tale dan menjadi raja bajak laut merupakan impian dari Luffy dan kru Topi Jerami. Mimpi tersebut sudah dia simpan sejak lama, dan saat ini dia sedang berjuang untuk mewujudkan mimpi tersebut. Tapi, tentunya jalan menuju Laugh Tale dan jalan menjadi seorang raja bajak laut tidaklah mudah.

Untuk seorang bajak laut mendapatkan titel raja bajak laut, yang harus dia lakukan adalah berhasil menginjakan kaki di pulau terakhir yaitu Laugh Tale. Selain itu, tidak ada cara lainnya untuk menjadi seorang raja bajak laut. Berdasarkan apa yang sudah diketahui saat ini, berdasarkan flashback cerita Oden bersama Roger, untuk mencapai Laugh Tale, seorang bajak laut harus mencari keberadaan Road Poneglyph.

Road Poneglyph merupakan sebuah artefak Poneglyph yang sangat istimewa, dimana di dalamnya terdapat informasi dan petunjuk bagaimana caranya seseorang bisa pergi ke Laugh Tale. Sejauh ini, Luffy sudah berhasil menemukan dua Road Poneglyph – satu di Zou dan satu lainnya ada di Whole Cake Island. Road Poneglyph yang ketiga sendiri diketahui ada di Wano, sedangkan yang keempat masih misterius.

Keberadaan Road Poneglyph ketiga tersebut tentunya tidak akan disimpan sembarangan. Harus ada penjagaan yang ketat dan berada di tempat yang aman. Satu-satunya tempat yang memungkinkan adalah di pulau Onigashima, pulau yang menjadi markas bagi Kaido. Dengan penjagaan dari anak buah Kaido, dan Kaido sendiri, wajar jika kemudian Poneglyphnya ada disana.

Berdasarkan pernyataan tersebut muncul sebuah pertanyaan besar, bagaimana bila sebenarnya penyerangan besar-besaran ke Onigashima merupakan sebuah pengalih perhatian dari tujuan yang sebenarnya? Apa sebenarnya tujuan utamanya? Tidak lain dan tidak bukan adalah menemukan keberadaan Poneglyph ketiga yang ada di pulau Onigashima.

Jika mereka menyusup begitu saja untuk mencari keberadaan Road Poneglyph ketiga, tentu itu merupakan sebuah tindakan yang konyol karena dari jumlah pasukan pun Luffy dan Topi Jerami sudah jauh berbeda. Jadi, ibarat pepatah sambil menyelam minum air, selain membalas dendam atas kematian Kozuki Oden kepada Kaido, Luffy juga bisa mencari keberadaan Road Poneglyph ketiga.

Mungkin ada salah satu kru yang berhasil menemukan Poneglyph tersebut, yang kemungkinan adalah Franky, karena biasanya dia yang selalu tidak sengaja bertemu dengan hal yang luar biasa. Bisa jadi juga Robin atau bahkan Nami. Yang pasti salah satu aliansi Luffy akan menemukan keberadaan Road Poneglyph tersebut.

Dan setelah Luffy berhasil mendapatkannya, Marco akan membawa Luffy ke tempat Road Poneglyph terakhir berada. Seperti yang dijelaskan dalam artikel kemarin, Marco mungkin mengetahui dimana lokasi Road Poneglyph terakhir yang bisa jadi tersimpan di pulau Sphinx yang menjadi kampung halaman Whitebeard. Ketika semuanya sudah terkumpul, Luffy pun akhirnya bisa pergi menuju Laugh Tale.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.