Sebagai karakter protagonis muda dalam seri Avatar: The Last Airbender, Aang memiliki banyak pendahulu dalam perannya sebagai Avatar. Dalam cerita Avatar, masing-masing negara memiliki keahlian tersendiri seperti pengendalian api, air, udara, tanah, besi, bahkan pengendalian elemen alam seperti lahar atau darah. Tapi, dari semua orang hanya ada satu orang yang bisa menguasai keempat elemen dasar tersebut yaitu Avatar.

Aang sudah membuktikan kapasitasnya sebagai seorang Avatar, ketika dia bertarung melawan raja api Ozai di akhir cerita The Last Airbender. Namun, Aang bukanlah satu-satunya Avatar dalam cerita tersebut. Dia memiliki pendahulu yang cukup banyak, tapi hanya ada beberapa saja yang diketahui identitasnya. Siapa saja

Avatar Tanpa Nama

Ada banyak sekali Avatar yang muncul dalam sebuah penglihatan ataupun ketika adegan flashback. Dan sebagian besar dari para Avatar tidak memiliki nama atau tidak diketahui sejarah peristiwa yang berkaitan dengan Avatar tersebut. Salah satunya adalah Avatar sebelum Yangchen, seorang Avatar yang berasal dari negara api yang pernah membuat empat gunung berapi erupsi secara simultan.

Avatar tersebut diketahui memiliki kemampuan untuk mengendalikan lahar. Pengendalian lahar sendiri merupakan sebuah kombinasi dari pengendalian api dan juga pengendalian bumi, sampai kemudian Ghazan menghapus pengendalian tersebut seperti yang diperlihatkan dalam The Legend of Korra.

Roku

Roku merupakan Avatar sebelum Aang dan mentornya dari negara api. Sosok Roku juga diketahui memiliki kedekatan dengan Aang. Roku pernah menunjukan kemampuannya, ketika dia merasuki tubuh Aang dan mengambil alih kendali tubuhnya. Pengendalian api yang dia lakukan membuat Zuko dan para sekutunya tidak berdaya. Roku berhasil melelehkan besi yang melekat pada tubuh teman-teman Aang tanpa melukainya, dan juga menghancurkan gedung tempat dia berada.

Roku juga sebenarnya menjadi mentor bagi raja api Ozai, sebelum kemudian dalam cerita The Avatar and the Fire Lord diperlihatkan bahwa Roku dikhianati dan dibuang ke gunung berapi. Padahal sebelumnya Roku bisa dengan mudah mengendalikan keempat elemen yang menyerangnya dan bisa dengan mudah menghadapi Ozai. Tapi, diduga racun yang ditimbulkan oleh efek asap gunung berapilah yang mengakibatkan Roku tewas.

Yangchen

Sama seperti Aang, Yangchen dibesarkan dikuil angin barat dan merupakan penerus dari Avatar Kuruk. Setelah berhasil menguasai seluruh elemen saat masih muda, Yangchen kemudian memulai keputusan berani untuk menjadi sosok yang bisa memberikan perbedaan bagi dunia meskipun dia belum memiliki pengalaman. Yangchen kemudian tumbuh menjadi sosok Avatar yang dikagumi atas kebijaksanaannya dan juga determinasinya.

Yangchen sendiri sebenarnya takut akan determinasi dalam dirinya. Karena, para penghuni kuil suku udara biasanya memiliki prinsip cinta damai dan lebih memilih jalan yang tidak menimbulkan konflik, lain halnya dengan Yangchen. Dia rela untuk melakukan apapun yang dibutuhkan untuk bisa menjaga keseimbangan dan pedamaian di dunia ini, ketika dia menjadi Avatar.

Wan

Karakter ini pertama kali diperkenalkan dalam seri The Legend of Korra. Wan merupakan sosok yang pertama kali menduduki jabatan sebagai Avatar. Tumbuh secara miskin di sebuah kota yang dibangun di punggung seekor kura-kura singa api jutaan tahun yang lalu, aktivitas Wan memaksanya diusir oleh sang kura-kura tersebut ke Spirits Wilds, sebuah teritori atau wilayah yang tidak berpenguni.

Meskipun dia diperbolehkan untuk tetap melakukan pengendalian api yang diberikan kepadanya. Ketika Wan membebaskan Vaatu, sang arwah kegelapan, dari cengkraman Raava, sang arwah cahaya, tanpa mengetahui tujuan Vaatu yang sebenarnya akhirnya membuat Wan mau membantu Raava untuk kembali menangkap Vaatu.

Dalam prosesnya, Wan diberikan kemampuan untuk mengendalikan udara, air, dan bumi oleh kura-kura singa lainnya, dan kemudian menyatu secara permanen dengan Raava ketika mereka berdua bertarung melawan Vaatu. Pasca kejadian itu, Wan kemudian diputuskan menjadi jembatan antara dunia manusia dan dunia arwah, dan memulai siklus Avatar.

Kuruk

Suku air juga memiliki sosok yang pernah menjadi seorang Avatar, yaitu Kuruk. Dia berasal dari suku air utara, dan merupakan salah satu Avatar yang muncul ketika Aang mencoba untuk meminta petunjuk dari para Avatar sebelumnya. Berbeda dengan Avatar lainnya, dimana Kuruk lebih serung menunjukan sisi angkuh dan arogan apalagi dengan kemampuan yang dia miliki.

Sikapnya tersebut menuntunnya pada sebuah tragedi, dimana pada malam pernikahannya dia harus kehilangan calon istrinya, Ummi, yang ditarik ke dunia arwar oleh Koh sang pencuri wajah sebagai bagian dari hukuman akibat sikap yang ditunjukan oleh Kuruk saat menjadi seorang Avatar.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2