Utakata

Tidak banyak yang bisa diketahui tentang bagaimana Utakata menjadi seorang jinchuuriki, selain informasi yang mengatakan bahwa dia berasal dari era gelap desa Kirigakure. Utakata harus menghadapi masa mudanya dengan sangat berat, karena selain harus menanggung beban sebagai seorang jinchuuriki dia juga harus menghadapi kekejaman yang terjadi di desanya.

Monster yang ada di dalam tubuh Utakata, Saiken, adalah monster tailed beast yang sangat unik. Jika umumnya para monster tailed beast tersebut berbentuk hewan mamalia, Saiken memiliki bentuk lebih mirip seperti siput. Dipadukan dengan kekuatan jutsu air Utakata, dia pun memiliki keahlian untuk membuat pelindung dari air, jebakan, dan sebagainya.

Blue B

Blue B merupakan jinchuuriki dari monster berekor delapan, Gyuki. Sepanjang hidupnya, Blue B harus mengalami kesulitan ketika menghadapi monster yang ada dalam dirinya tersebut. Salah satu contoh nyata adalah Blue B harus menghadapi kesulitan tidur, yang dipadukan dengan kesendirian dan kegelapan dalam dirinya. Namun, Blue B terus belajar untuk menerima itu semua sebagai bagian dari resiko menjadi jinchuuriki apalagi ketika seseorang dianggap “tidak cocok” dengan monster mereka seperti Blue B.

Blue B sempat kehilangan kendali atas Gyuki, dan dengan menggunakan tubuh B, Gyuki membunuh delapan orang ninja. Ketika dia tersadar, dia pun kemudian sangat menyesal akan hal tersebut dan berharap jinchuuriki selanjutnya, Killer Bee, akan lebih baik dalam pengendalian Gyuki.

Han

Berasal dari desa Iwagakure, Han merupakan salah satu jinchuuriki yang paling misterius. Para fans hanya pernah melihatnya sekali ketika dia dibangkitkan kembali oleh Kabuto demi ikut bertempur dalam perang besar ninja keempat. Meskipun begitu, dia meninggalkan impresi yang cukup mendalam bagi para fans. Dia merupakan jinchuuriki bagi monster berekor lima, Kokuo, dan setelah dia meninggal desanya kemudian menjadikannya sosok legendaris master ninjutsu uap.

Han dan Kokuo mungkin duo jinchuuriki dan monster yang paling tenang dan paling bersahabat dibandingkan yang lainnya. Tapi, bukan karena persahabatan mereka Kokuo bisa menjadi tenang. Kokuo memang merupakan salah satu monster yang cinta damai, dan lebih memilih untuk bertarung ketika memang diperlukan.

Mito Uzumaki

Mito Uzumaki merupakan jinchuuriki pertama dari Kurama dan merupakan istri dari Hokage pertama. Mito merupakan sosok yang luar biasa, dimana dia merelakan tubuhnya menjadi wadah untuk menyimpan Kurama yang membahayakan desa Konoha. Dengan menggunakan kemampuan dahsyat chakranya yang memang menjadi kelebihan klan Uzumaki, Mito terus menjaga Kurama sampai akhir hayatnya.

Ketika Kushina ketakutan menjadi jinchuuriki selanjutnya bagi Kurama, Mito pun menenangkannya dengan mengatakan bahwa Kushina adalah wanita kuat jika bisa mengalahkan kebencian dalam diri Kurama dengan cinta.

Roshi

Sebagai jinchuuriki lainnya dari Iwagakure, Roshi merupakan seorang ninja yang kuat dengan koneksi mendalam terhadap bumi. Dia juga memiliki keahlian dengan jutsu lahar, api, dan batu. Roshi menjadi jinchuuriki bagi monster berekor empat, Son Goku. Demi memahami monster yang ada dalam dirinya tersebut, Roshi rela untuk pergi dari desanya dan memulai sebuah petualangan.

Sifat keras kepalanya memang membantu dalam sebuah pertempuran, tapi hal itu juga menjadi sebuah jalan kehancuran bagi Roshi. Ketika Otsutsuki mengejarnya, Roshi diserang sebelum bisa mencerna situasinya. Roshi akhirnya mampu dikalahkan dan Son Goku pun berhasil dikeluarkan dari tubuhnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.