Semua akan mengalami akhir, bahkan bagi mereka yang hidup sebagai superhero nan kuat sekalipun. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa Marvel Comics telah memperlihatkan nasib akhir dari para superhero Marvel dalam seri komik The End. Semua karakter yang terlibat akan menghadapi akhir kisah hidup mereka. Ada yang berakhir tragis, ada pula yang berakhir dengan bahagia. Nah kali ini kita akan mencoba membahas satu persatu cerita akhir yang dialami oleh masing-masing karakter dalam seri The End. Nah apa aja? Simak di bawah ini ya Geeks!

Captain America

Mungkin orang-orang akan berasumsi jika akhir dari cerita Captain America akan menceritakan saat ia menghajar musuh-musuhnya dengan tameng dan kekuatan fisiknya yang luar biasa. Tetapi dalam komik Captain America: The End, nasib Captain America berakhir setelah ia memutuskan pensiun dan memberikan darahnya guna membantu menyembuhkan manusia dari virus Skull.

Ketika itu dunia telah diambang kehancuran dengan banyaknya bencana yang dialami. Di saat yang sama, Captain America juga harus menghadapi para zombie Skull yang mencoba untuk membunuhnya. Para zombie Skull tersebut awalnya adalah orang biasa, yang berubah setelah terpapar semacam virus. Setelah terus berusaha untuk menghentikan mereka semua, Captain America dan 2 orang yang tersisa tersadar bahwa darah dalam tubuh Captain America adalah obat dari semuanya. Oleh sebab itu Captain America rela memberikan darahnya untuk mengembalikan semuanya menjadi semula.

Iron Man

Dalam komik Iron Man: The End, diceritakan bahwa Tony memutuskan untuk pensiun sebagai Iron Man. Tony memutuskan pensiun karena ia sudah tidak muda lagi, dan ia mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Juga di saat yang sama, Tony juga harus berhadapan dengan musuh baru yang berbahaya. Tony pun lantas mencari pengganti yang tepat untuk menggantikannya sebagai Iron Man. Pilihannya jatuh kepada Nick Travis yang merupakan teman sekaligus doktor bagi Tony.

Sejak itu Nick mulai dilatih oleh Tony, sampai suatu saat ia bertemu dengan musuhnya yaitu Ultra-Dynamo yang dikendalikan oleh Arkady Vostok. Dengan segala keterbatasannya, Nick dengan armor Iron Mannya berhasil mengalahkan Ultra-Dynamo. Setelah kejadian itu, posisi Tony Stark sebagai Iron Man resmi digantikan oleh Nick. Setelah pensiun, Tony lantas memutuskan untuk tinggal di luar angkasa bersama Beth dan menghabiskan masa tuanya disana.

Wolverine

Wolverine: The End adalah sebuah komik yang menceritakan saat Wolverine yang sudah menjadi tua. Kemampuan bertarung dan healing factornya pun sudah mulai memudar. Dalam komik ini, Wolverine alias James bertemu dengan saudaranya. Dari situ Wolverine mulai mendapatkan kembali ingatan masa lalunya, seperti tentang siapa orang tuanya. Tetapi saudaranya yaitu John Howlett Jr memiliki rencana jahat untuk menghancurkan Amerika.

Dari situlah Wolverine harus menghadapi saudaranya tersebut untuk menyelamatkan Amerika dari penghancuran nuklir. Dalam akhir cerita, Wolverine berhasil menusuk saudaranya, hingga akhirnya Howlett tewas. Namun Howlett sepertinya masih menyimpan suatu rahasia tentang Rose O’Hara. Dari yang terlihat dalam ending komik tersebut, Wolverine terlihat terpukul akan kematian saudaranya.

Captain Marvel

Setelah Captain Marvel berhasil mengalahkan sosok monster hasil mutasi radioaktif dalam komik Captain Marvel: The End, ia tersadar bahwa ancaman masih belum berhenti. Orang-orang yang selamat dan hidup di bawah tanah juga harus menghadapi ancaman lain, yaitu hawa dingin yang dapat membunuh mereka sewaktu-waktu. Hawa dingin tersebut terjadi karena matahari sekarat dan akan mati. Jika mereka pergi ke permukaan, hanya ada beberapa orang saja yang akan bertahan dari hawa dingin yang menyerang, dan sisanya mungkin akan tewas.

Melihat ancaman tersebut, Captain Marvel pun tak tinggal diam. Ia lantas memutuskan untuk melakukan sebuah misi bunuh diri. Upayanya adalah dengan meledakkan dirinya sendiri dipermukaan matahari, agar ledakan tersebut dapat memicu matahari untuk menghasilkan panasnya kembali. Hal tersebut akhirnya membuahkan hasil, namun sepertinya Captain Marvel tidak akan pernah terlihat lagi setelah aksi heroiknya itu.

Miles Morales

Miles Morales diceritakan telah berumur tua dalam komik Miles Morales: The End. Namun walau gerakannya sudah mulai terbatas, ia tetap berusaha melindungi kota Brooklyn saat dunia telah mengalami kehancurannya. Ketika itu ada seorang panglima perang yang menggunakan kostum Captain America baru, di mana ia berusaha menyerang orang-orang yang telah hidup bahagia di bawah lindungan kubah. Villain tersebut lantas berhasil merangsek masuk ke dalam kubah dan mulai mengancam orang-orang di dalamnya.

Miles Morales pun tentu tidak tinggal diam dan mencoba menghentikan villain tersebut. Namun untuk menghentikannya, Miles membutuhkan seluruh kekuatannya. Pada akhirnya Miles berhasil mengalahkan villain tersebut, tetapi nyawanya harus jadi taruhannya. Yang paling menyedihkan, sebelum kematiannya, Miles sempat mengutarakan rasa penyesalannya karena hingga akhir hayatnya, Miles tidak memiliki anak, karena ia terlalu sibuk.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2