Selama bertahun-tahun sejak awal dia diperkenalkan pada 1940an, Batman selalu percaya bahwa dia tidak memiliki saudara kandung alias merupakan anak tunggal. Tapi, di film Joker yang dirilis pada 2019 kemarin, para fans diberikan “fakta” bahwa Arthur Fleck merupakan anak dari Thomas Wayne selain Bruce. Hal itu masih menjadi misteri besar saat ini, dengan belum adanya konfirmasi terkait hal itu.

Tapi, sebenarnya Batman memang memiliki saudara kandung dan dia ada di Earth atau dimensi lainnya, tepatnya di Earth-3. Dan berdasarkan apa yang diperlihatkan, saudara kandung Batman tersebut sepertinya lebih buruk dibandingkan Joker. Dalam cerita komiknya diperlihatkan jika saudara kandung Bruce merupakan seorang supervillain.

Komiknya juga memperlihatkan bahwa Thomas Wayne Jr. di Earth-3 merupakan salah satu dari dua versi saudara kandung Bruce Wayne. Dia merupakan bagian dari kelompok penjahat Crime Syndicate dan dikenal sebagai Owlman. Saudara kandung Bruce Wayne versi itu juga merupakan seorang psikopat, dimana dia membantu Alfred membunuh Bruce dan orang tuanya yang ada di Earth itu.

Owlman dan Crime Syndicate pernah beberapa kali mencoba untuk mengendalikan dan menghancurkan seluruh universe dari Batman, dan versi lainnya dari Earth-Prime pernah juga berusaha menghancurkan universe Batman dengan bantuan dari Darkseid dan Lady Perpetua. Karakter Thomas Wayne Jr. juga pernah muncul dalam komik Court of Owls yang ditulis oleh Scott Snyder dan Greg Capullo.

Dalam komik tersebut, diceritakan saat pemilik perusahaan March Ventures, Lincoln March berpura-pura menjadi sekutu bagi Bruce Wayne. Tapi, pada kenyataanya March bekerja sama dengan kelompok misterius Court of Owls. March kemudian mengungkapkan bahwa dia adalah Thomas Wayne Jr. yang asli, dan mengatakan bahwa dia sudah dilatih oleh Court of Owls untuk menggantikan posisi Batman. Namun March kemudian tewas, dan Court of Owls kembali membangkitkannya.

Dalam pertarungan terakhirnya dengan Batman, Thomas Wayne Jr. diperlihatkan terbunuh dalam sebuah ledakan, tapi mengingat dia diberikan healing factor oleh Court of Owls, hal itu membuat Thomas Wayne Jr. menjadi karakter yang kekal. Sama seperti di film Joker, komiknya sendiri tidak mengkonfirmasi secara jelas apakah Thomas Wayne Jr. memang saudara kandung dari Bruce Wayne.

Thomas Wayne Jr. memang bisa jadi merupakan saudara kandung dri Bruce Wayne, atau merupakan cerita bualan belaka sebagai bagian dari rencana untuk mengalahkan Bruce. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Thomas Wayne Jr. dari Earth-3 dan Earth Prime memang saudara kandung Bruce Wayne?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.