Chapter 44, 45, 46 dari series Boruto: Naruto Next Generation terus menghadirkan berbagai fakta-fakta baru yang menarik dan mengejutkan. Fakta-fakta tersebut disampaikan oleh mantan ilmuwan dari organisasi Kara, yaitu Amado. Amado banyak menjelaskan hal yang erat kaitannya dengan Kara, Karma, dan juga klan Otsutsuki. Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah informasi berharga bagi desa Konoha.

Dalam chapter “Defection”, Amado mengungkapkan kepada Naruto dan yang lain apa tujuan organisasi Kara yang sebenarnya yaitu mencari wadah yang sempurna untuk Isshiki Otsutsuki yang ada di dalam diri Jigen. Amado juga kemudian menjelaskan bahwa segel Karma yang ada di dalam tubuh Boruto dan Kawaki merupakan cara untuk bisa membangkitkan kembali Otsutsuki.

Berdasarkan fakta yang sudah diungkapkan sejauh ini, tentunya merubah pandangan kita tentang pertarungan Boruto dan Kawaki yang terjadi di awal cerita Boruto. Di chapter 43, Boruto dan Team 7 terdampar di dimensi yang lain demi menyelamatkan Naruto yang ditawan oleh Jigen. Sayangnya, mereka kemudian mendapatkan serangan dari Boro, salah satu anggota Kara.

Meskipun Team 7 berhasil menemukan cara untuk bisa mengalahkan Boro, tapi hal itu justru merubah Boro menjadi lebih brutal dan lebih mengerikan. Akibat hal itu, Team 7 harus menerima kekalahan telak bahkan mereka hampir mati. Tapi, ada momen yang menarik pada saat itu, ketika jiwa dari Momoshiki Otsutsuki yang ada di dalam tubuh Boruto muncul.

Jiwa dari Momoshiki kemudian mengambil alih kendali dari tubuh Boruto dan dengan sedikit chakra Naruto, Boruto – yang dikendalikan oleh Momoshiki – kemudian bisa melakukan berbagai teknik dan jutsu yang luar biasa. Ketika Momoshiki berhasil mengalahkan Boro, dia pun kemudian kembali ke dalam tubuh Boruto dan Boruto sendiri tidak sadar bahwa dirinya sudah dikendalikan oleh Momoshiki.

Mengapa perkembangan cerita ini penting bagi seriesnya? Selain dari perkembangan cerita Boruto/Kawaki yang akhirnya menjadi rekan bagi cerita masa depan seriesnya, hal ini juga memunculkan pertanyaan yang erat kaitannya dengan adegan di pembukaan seriesnya. Sedari awal seriesnya muncul, banyak fans yang berspekulasi tentang momen tersebut yang kemudian merujuk pada teori bahwa Boruto remaja akan kemudian bertarung secara serius melawan Kawaki dengan latar Konoha yang hancur.

Hal itu juga membuat para fans menyamakan dengan apa yang terjadi di series Naruto, dimana Naruto menjadi rival bagi Sasuke. Dan Boruto juga Kawaki menjadi “generasi baru” persaingan Naruto dan Sasuke. Tapi, setelah apa yang diungkapkan oleh Amado tentang Karma, Kawaki, Kara, dan Otsutsuki, hal itu membantah semua dugaan yang sudah ada sebelumnya.

Boruto dan Kawaki sama-sama menjadi wadah bagi klan Otsutsuki. Berdasarkan hal itu, sepertinya duel yang terjadi antara Boruto dan Kawaki bukanlah mereka secara sadar. Ada beberapa kemungkinan dari pertarungan tersebut:

  • Momoshiki dan Isshiki menyiapkan rencana bagi klan Otsutsuki lainnya dengan menggunakan tubuh Boruto dan Kawaki.
  • Boruto bertarung melawan Kawaki, yang sebenarnya dikuasai oleh Isshiki.
  • Kawaki bertarung melawan Boruto, yang sebenarnya dikuasai oleh Momoshiki.

Apakah Naruto dan shinobi Konoha lainnya akan berhasil menghentikan proses penghidupan kembali Momoshiki dan Isshiki dari tubuh Boruto dan Jigen? Apalagi Amado akan memberi tahu rahasia untuk membunuh seorang Otsutsuki. Ataukah mereka kemudian harus menghadapi kekuatan Otsutsuki lainnya? kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.