Saat ini, Monkey D. Luffy sepertinya berada di urutan terdepan dibandingkan para Supernova lainnya. Hal ini terasa dari adanya peningkatan kekuatan yang sangat dahsyat, meskipun pada kenyataanya kekuatan Luffy masih jauh dibawah Kaido. Setelah memperoleh kemampuan untuk melihat masa depan di arc Whole Cake Island, di arc Wano Luffy kembali mempelajari advanced Haki lainnya yaitu Ryuuou.

Kini, Luffy bisa menghancurkan benda dari dalam seperti yang pernah dilakukan oleh Rayleigh. Artinya kesempatan untuk mengalahkan Big Mom dan Kaido di babak ketiga arc Wano ini akan terbuka cukup lebar. Tapi, yang menjadi perhatian adalah setelah kedua Yonko tersebut berhasil dikalahkan lalu apa yang akan terjadi?

Kaido memiliki pasukan dan wilayah yang dia kuasai bersama dengan Orochi. Lalu, apa yang akan terjadi dengan para pasukan Kaido setelah pertarungan ini selesai? Apakah akan ada orang yang akan mengisi kekosongan dua orang Yonko tersebut? Melihat apa yang terjadi sejauh ini, Eustass Kidd sepertinya akan menjadi orang yang mengisi kekosongan Kaido.

Setelah semuanya selesai, mungkin bekas para pasukan Kaido akan bergabung dengan kelompok bajak laut Kidd. Karena, selain mengisi posisi Yonko sulit untuk memprediksi apa yang akan dilakukan oleh Kidd selain mengikuti jejak Luffy. Apalagi, Kidd juga dikabarkan akan menjadi rival bagi Luffy di masa depan.

Bagaimana dengan nasib Big Mom? Aliansi Kaido dan Big Mom pastinya tidak akan menghilang begitu saja setelah pertempuran ini, dan mereka juga rasanya tidak akan mungkin bergabung dengan aliansi bajak laut Luffy. Bisa saja Blackbeard mengambil alih anak buah Big Mom, mengingat dia juga hanya memiliki sedikit kru. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi Blackbeard, dimana dia langsung memiliki banyak pasukan dan divisi.

Kidd menjadi Yonko di masa depan adalah sesuatu yang kemungkinan besar akan terjadi mengingat dia adalah salah satu bajak laut terkuat di generasi yang sama dengan Luffy. Kidd bisa menjadi “faktor penyeimbang” untuk masalah kekuasaan, pengaruh, dan juga kekuatan. Apakah Luffy juga akan menjadi Yonko? Cepat atau lambat hal itu kemungkinan bisa terwujud. Tapi, tentunya syarat utamanya adalah Kidd dan Luffy harus terlebih dahulu selamat dari pertempuran Wano.

Bisa jadi Luffy akan mengambil alih posisi Big Mom dan Kidd akan mengambil alih posisi Kaido, setelah semua pertempuran ini selesai. Tapi, bagaimana dengan Trafalgar Law yang juga berperan penting di pertempuran ini? Trafalgar Law adalah salah satu bajak laut terkuat dengan kemampuan buah iblis yang luar biasa. Dia memiliki kekuatan seorang bajak laut yang kuat, tapi rasanya dia tidak cukup kuat untuk bisa menjadi seorang Yonko. Law lebih tepat berada di posisi sekutu dari Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.