Haki memiliki kaitan dengan kekuatan yang ada dalam diri setiap orang dalam cerita One Piece. Hanya sedikit orang yang berhasil membangkitkan kemampuan haki dalam dirinya. Simpelnya, Haki membuat para penggunanya bisa mengendalikan semangat mereka untuk berbagai macam hal seperti merasakan energi orang lain, dan membentuknya sebagai pelindung atau armor.

Dua Haki yang paling umum digunakan adalah Observation Haki dan Armament Haki.  Conqueror Haki merupakan tipe Haki yang paling langka, karena dari sekian banyak orang di dalam cerita One Piece hanya orang-orang tertentu – yang disebutkan memiliki kualitas seorang raja atau pemimpin – yang memiliki kemampuan tersebut. Konsep Haki sudah berkembang sejauh ini, dan berikut adalah penjelasannya.

Observation Haki

Observation Haki, merupakan Haki yang paling banyak digunakan dalam cerita One Piece. Haki ini membuat penggunanya bisa merasakan hawa atau semangat dari orang lain dalam berbagai macam bentuk. Bagi sebagian orang, merasakan aura orang lain bisa lebih mudah dilakukan, seperti yang dialami oleh Luffy. Luffy memang lebih mahir untuk merasakan emosi yang ada di sekitarnya dibanding karakter lain.

Jenis Haki ini juga bisa membuat penggunanya merasakan kekuatan dan bahkan mengukur jumlah dan kemampuan makhluk lainnya. Yang lebih dahsyat lagi adalah Haki ini bisa memberikan penggunanya kemampuan untuk memprediksi gerakan yang akan datang. Observation Haki kini berkembang menjadi dua tipe.

Subtipe Observation Haki: Future Sight

Ketika kemampuan Haki pengamatan ini dilatih dengan sangat keras, hasilnya akan sangat luar biasa. penggunanya akan memiliki kemampuan untuk bisa melihat (bukan hanya sekedar memprediksi) apa yang terjadi di masa depan selama beberapa saat. Hanya ada beberapa karakter yang diketahui memiliki kemampuan ini, seperti Charlotte Katakuri dan juga Luffy.

Subtipe Observation Haki: Voice of All Things

Voice of All Things merupakan salah satu bentuk Haki yang sangat jarang muncul dalam cerita One Piece. meskipun tidak secara eksplisit disebutkan sebagai tipe Haki, kemungkinan besar memang adalah bagian dari Haki yang hanya bisa dimiliki sedikit orang saja. Haki ini membuat penggunanya untuk bisa mendengar suara dari benda atau hal lain; seperti binatang atau Poneglyph. Luffy, Momonosuke, dan Roger adalah contoh karakter yang memiliki kemampuan ini.

Armament Haki

Armament Haki merujuk pada kemampuan dimana penggunanya membuat semangat dalam diri mereka untuk menjadi sebuah senjata. Seperti yang sering diperlihatkan dalam cerita, Haki jenis ini bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan. Satu hal yang menjadi keuntungan adalah ketika penggunanya menggunakan Haki ini, mereka akan bisa menyentuh bentuk asli dari para pengguna buah iblis dengan jenis Logia. Armament Haki sendiri memiliki empat tipe.

Subtipe Armament Haki: Invisible Armor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Armament Haki bisa digunakan untuk menyerang atau bertahan. Ketika bertahan, aura yang sangat besar dari si pengguna Armament Haki bisa dibuat sebagai armor yang tidak terlihat (invisible armor). Selain bisa bertahan melawan musuh, armor ini juga bisa melukai musuhnya bahkan tanpa harus menyentuh. Contohnya adalah Sentoumaru atau Charlotte Cracker. Kemampuan ini lebih sering digunakan sebelum time-skip, karena konsep Haki masih belum terlalu berkembang.

Subtipe Armament  Haki: Hardening

Mungkin ini adalah salah satu hal dalam Haki yang paling sering diperlihatkan. Ketika penggunanya mengakses kekuatan ini, maka apapun yang dilapisi oleh kemampuan ini akan menjadi sebuah senjata yang dahsyat. Misalnya ketika Luffy melapisi tubuhnya atau sebagian tubuhnya dengan kemampuan Hardening (pengerasan), maka tenaga yang dihasilkan juga akan sangat dahsyat. Kemampuan ini bisa diaplikasikan juga kepada senjata, misalnya pedang atau panah seperti yang diperlihatkan oleh suku Amazon Lilly dan juga Zoro dan Whitebeard.

Subtipe Armament Haki: Byogou

Subtipe Armament Haki ini bisa dibilang merupakan pengembangan atau level selanjutnya dari mengeraskan benda atau subjek (hardening). Kemampuan ini pernah diperlihatkan oleh Katakuri, juga para Sweet Commander dari kelompok Big Mom ketika mereka bertarung melawan Luffy. Hal ini terbukti menjadi sebuah tandingan bagi kemampuan Haki Luffy. Menurut Katakuri, ada beberapa level untuk warna Haki ini, dan selain bisa dilakukan setelah mengakses hardening kemampuan ini juga bisa diakses dengan latihan yang keras.

Subtipe Armament Haki: Ryuuou

Ryuuou sebenarnya merupakan sebutan untuk Haki bagi para penduduk di wilayah Wano. Pada dasarnya, Ryuuou memiliki kemiripan konsep dengan Armament Haki, kurang lebih. Perbedaan terbesarnya adalah ketika penggunanya melakukan Hardening atau pengerasan maka Haki tersebut akan melapisi juga kulit si penggunanya. Rayleigh adalah orang yang pertama kali menunjukan kemampuan ini, dan di Wano sendiri semua para Samurai terkuat pasti memiliki kemampuan ini.

Subtipe Armament Haki: Advanced Ryuuou

Kemampuan dari Ryuuou untuk mengalirkan Haki dari jarak jauh sebagai sebuah gelombang kejut juga bisa dikembangkan lagi ke level selanjutnya. Advanced Ryuuou merupakan bentuk lebih lanjut dari Armament Haki, dimana dengan menggunakan kemampuan ini pengguna akan bisa menghancurkan apapun dari dalam dan bukan dari luar. Rayleigh juga adalah orang pertama yang mempraktikan kemampuan ini, baru kemudian Luffy.

Subtipe Armament Haki: Tribal Haki

Armament Haki juga menghadirkan pola api tribal saat digunakan, seperti yang diperlihatkan oleh Luffy ketika dia mengakses Gear 4. Meskipun sebagian besar informasi tentang Haki ini masih belum diketahui, kemungkinan Haki jenis ini membuat para penggunanya bisa mengkombinasikan kekuatan Haki dengan kekuatan buah iblis milik mereka. Contohnya adalah Luffy bisa menjaga elastisitas tubuhnya ketika menggunakan Haki, juga Katakuri yang bisa menjaga tingkat kelengketan kemampuan Mochi Mochi milikinya sambil mengakses kekuatan Haki.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.