Geeks tentunya sudah tahu jika Marvel memiliki banyak universe yang membuat kemungkinan ceritanya semakin tidak terbatas. Salah satu universe yang populer adalah Ultimate Marvel Universe. Di universe ini, Marvel mencoba untuk memberikan perubahan dari desain lama para karakter dan diberikan sentuhan yang lebih modern. Tidak lupa juga cerita origin yang berbeda terhadap karakter tersebut.

Tony Stark dan Iron Man versi Ultimate Universe adalah versi yang paling baik dibandingkan dengan versi lainnya yang ada di Marvel Universe. Jika Stark versi utama dikenal sebagai seorang bilyuner playboy yang selalu paranoid terhadap banyak hal, Iron man versi Ultimate Universe memiliki cerita yang berbeda. Dalam universe ini, Tony Stark dikisahkan memiliki tumor otak dan karena hal ini, Tony didiagnosis tidak akan hidup lama.

Mengetahui hal itu, Tony akhirnya melakukan berbagai macam cara agar hidupnya tidak sia-sia. Tony menjadi sosok Iron Man yang paling baik dibandingkan dengan versi Iron man lainnya di Marvel universe. Untuk beberapa model armor awal, Tony membutuhkan bantuan untuk membantunya merakit armor tersebut. Bahkan, Tony memiliki timnya sendiri untuk memasang dan melepaskan armor Iron Man miliknya yang bisa terhubung melalui sambungan satelite, seperti yang diperlihatkan dalam komik The Ultimates karya Mark Millar dan Bryan Hitch.

Tumor otak dan kru milik Tony bukan hanya elemen yang membuat Tony Stark versi Ultimate Universe lebih baik dibandingkan dengan versi lainnya. Dalam universe ini Tony juga harus bertarung melawan kebiasaan lamanya yaitu meminum minuman beralkohol. Cerita populer “Demon in the Bottle” menjadi contoh nyata bagaimana Tony Stark ketergantungan alkohol.

Dalam Ultimate Iron Man, petualangan Tony juga terus diisi oleh berbagai hal yang menarik, salah satunya adalah membangun “hubungan” antara anak dan ayah dengan tumor yang ada dalam otaknya. Tony memberikan nama pada tumornya itu dengan nama “Anthony”, setelah Tony menganggap tumornya tersebut merupakan sosok anak kecil yang bisa dia ajak bicara ketika dia memiliki masalah. Optimisme tinggi yang diperlihatkan oleh Tony ini sempat membuat para pahlawan lainnya khawatir.

Dalam sebuah universe yang dipenuhi oleh berbagai pahlawan kelam, Tony Stark yang ceria ini memberikan sesuatu yang berbeda  terhadap ceritanya. Dengan kompleksitas karakter yang dimiliki oleh Iron Man, memang sangat sulit untuk mempertahankan hal yang menjadi ciri khas karakter Tony Stark dan Iron Man. Meskipun Iron Man versi MCU sering kali harus bertarung melawan kompleksitas karakter dan konsistensi karakter Tony Stark, versi Ultimate Iron Man mengalami naik turun kehidupannya secara seimbang, yang mana hal itu membuatnya menjadi Iron Man yang lebih baik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.