Era bajak laut memang sudah terjadi sejak zaman dahulu. Dalam cerita One Piece, era bajak laut sudah terjadi jauh sebelum era Gol D. Roger. Namun, baru Roger yang sudah berhasil menyelesaikan petualangan ke seluruh pulau. Tidak hanya karakter muda, di seri ini ada banyak juga karakter yang sudah berusia tua.

Tapi, jangan dilihat dari umurnya. Meskipun mereka sudah tidak muda lagi, kekuatan mereka sepertinya tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan masa mudanya yang tentu saja bisa menghancurkan bajak laut yang berusia muda. Ada banyak sekali karakter yang berusia di dalam ceritanya, siapa saja?

Sengoku – Garp – Tsuru

Sengoku, Garp, dan Tsuru merupakan tiga pasukan angkatan laut terkuat di eranya. Mereka sering kali bertempur dengan Gol D. Roger di era dulu. Tidak lupa juga mereka pernah bertarung melawan bajak laut Rocks D. Xebec dan berbagai anak buahnya yang mengerikan seperti Kaido, Big Mom, dan masih banyak lainnya.

Diantara ketiganya, Sengoku merupakan angkatan laut yang “beruntung” bisa diangkat menjadi kepala markas pusat angkatan laut. Sedangkan Tsuru merupakan Admiral dan Garp masih di posisi lamanya. Ketiga karakter ini diperkirakan usianya sudah mencapai 78 tahun.

Silvers Rayleigh

Rayleigh si raja kegelapan merupakan salah satu orang kepercayaan dari Gol D. Roger. Rayleigh selalu menemani kemanapun Roger berlayar. Dia juga menjadi salah satu saksi, ketika Roger pada akhirnya berhasil mencapai pulau Laugh Tale dan menemukan apa itu One Piece, mengetahui rahasia dunia, dan tentu saja mengetahui apa arti dari tekad D.

Setelah Roger “gagal” untuk menjalankan apa yang tertulis di One Piece, dan juga petualangan mereka sudah selesai setelah berhasil mencapai pulau Laugh Tale, semua krunya kemudian dibubarkan. Mereka semua berpisah dan hidup masing-masing. Rayleigh sendiri sekarang bekerja sebagai tukang cat kapal di kepulauan Sabaody dan usianya diperkirakan sudah mencapai 78 tahun.

Brook

Jauh sebelum Luffy dan Roger muncul menjadi seorang bajak laut, Brook sudah mulai berlayar duluan bersama dengan kru bajak laut Rumbar. Namun, hal buruk menimpa Brook dan seluruh kru bajak lautnya ketika mereka harus terjebak di wilayah dekat Thriller Bark. Semua kru bajak laut Brook harus tewas karena terjebak di bawah gelapnya awan untuk waktu yang lama.

Brook harus menderita akibat kehilangan semua rekan-rekannya. Brook sendiri selamat karena buah iblis yang dia makan, yang membuatnya kekal meskipun hanya menyisakan tulang berulang saja. Sejak bertemu dengan Luffy, Brook kemudian memiliki semangat kembali untuk berpetualang. Usia Brook sendiri saat ini diperkirakan 90 tahun.

Haredas

Haredas merupakan salah satu penduduk di sebuah wilayah yang disebut Weatheria. Dia merupakan salah satu peneliti cuaca dan merupakan sosok pemimpin para ilmuwan di wilayah tersebut. Haredas merupakan orang yang menolong Nami saat dia “terjebak” di Weatheria, setelah Kuma mengirimkannya kesana. Pada awalnya, Nami sempat menipu ketulusan hati Haredas tapi setelah dia melihat pesan dari Luffy akhirnya Nami memutuskan untuk tinggal dan belajar tentang cuaca dari Haredas. Usia Haredas sendiri diperkirakan adalah 97 tahun.

Sanjuan Wolf

Tidak banyak yang diketahui dari sosok Sanjuan Wolf, karena dia sebelumnya bukanlah sosok karakter yang memiliki peran besar dalam cerita. Dia dulunya merupakan seorang kapten kapal bajak laut sebelum kemudian dipenjara di Impel Down. Dia dipenjara di level 6, yang kemudian berhasil bebas setelah Teach menerobos masuk ke penjara itu. Sekarang dia menjadi salah satu kru dari Blackbeard dan usia dari Sanjuan Wolf sendiri diperkirakan adalah 100 tahun.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2