Di sepanjang Marvel Cinematic Universe, Thor sudah menggunakan banyak sekali senjata dan dua diantaranya merupakan senjata terkuat, Mjolnir dan Stormbreaker. Thor sendiri merupakan salah satu Avengers terkuat, yang mana hal itu wajar karena dia merupakan keturunan dewa. Bahkan, dia sendiri adalah seorang dewa petir. Jadi, wajar kalau dia menggunakan senjata yang dahsyat.

Mjolnir merupakan salah satu senjata andalan yang biasa digunakan oleh Thor, tapi dalam film Thor: Ragnarok Hela menghancurkan palu ikonik tersebut. Sebagai gantinya, Thor kemudian mendapatkan Stormbreaker yang dibuat di Nidavellir seperti yang diperlihatkan dalam film Infinity War. Tapi, siapa yang lebih kuat diantara kedua senjata tersebut?

Stormbreaker di MCU

Para fans MCU baru melihat dua penampilan dari Stormbreaker di MCU. Pertama adalah dalam film Infinity War, dan film Endgame. Jadi, karena baru dua kali muncul di layar lebar informasi mengenai Stormbreaker versi MCU sangatlah terbatas. Di film Infinity War, Thor pergi ke Nidavellir bersama dengan Groot dan Rocket untuk menciptakan senjata yang cukup kuat membunuh Thanos.

Dengan bantuan dari Eitri dan juga Groot, akhirnya terciptalah Stormbreaker. Kapak besar ini disebut-sebut merupakan senjata seorang raja, dan merupakan paling kuat di Asgard. Bahkan, Stormbreaker dikatakan bisa memanggil Bitfrost. Contohnya adalah ketika mereka pergi ke Wakanda dengan memanggil Bitfrost melalui Stormbreaker.

Yang paling menakjubkan adalah ketika Thor melempar Stormbreaker, dan senjata ini membelah serangan Infinity Stones Thanos kemudian menancap di dada Thanos. Hal tersebut menunjukan bahwa Stormbreaker merupakan senjata yang dahsyat, dengan mampu melakukan apa yang belum tentu dilakukan oleh Mjolnir. Di film Endgame pun Thor dengan mudah memenggal kepala Thanos menggunakan Stormbreaker hanya dengan satu tebasan.

Stormbreaker sepertinya menjadi senjata yang bukan hanya fokus tapi juga meningkatkan kemampuan Thor. Thor bisa mengendalikan cuaca dengan Stormbreaker, memanggil petir, dan menggunakannya sebagai senjata biasa. Sama seperti Mjolnir, Stormbreaker juga bisa membawa Thor terbang dengan kecepatan tinggi dan bisa dipanggil hanya dengan tangannya.

Kesamaan kedua senjata ini juga adalah sama-sama terbuat dari besi kosmik yang disebut Uru. Sejauh ini, Stormbreaker menjadi yang terkuat dalam hal daya tahan. Satu-satunya “kekurangan” Stormbreaker adalah semua orang yang kuat dan mampu menggunakannya, bisa menggunakan Stormbreaker. Berbeda dengan Mjolnir yang membunuh “kelayakan” seseorang sebelum bisa menggunakannya. Mungkin di Thor: Love and Thunder kita akan mendapatkan informasi lebih banyak tentang Stormbreaker.

Kemampuan Mjolnir di MCU

Mjolnir sudah seperti sebuah karakter di MCU. Tanpa adanya Thor pun sepertinya Mjolnir sudah cukup populer. Thor sendiri pertama kali diperlihatkan mampu mendapatkan Mjolnir di film pertama Thor yang tayang pada 2011. Sejak saat itu, Mjolnir mulai memperlihatkan kemampuannya. Berbeda dengan Stormbreaker, Mjolnir sudah menjadi senjata yang identik dengan Thor.

Mjolnir sendiri diwariskan oleh sang ayah, Odin, kepada siapapun yang dianggap pantas untuk palu tersebut. Dan hanya beberapa orang saja yang bisa mengangkat Mjolnir. Mjolnir memberikan tambahan tenaga kepada Thor, begitu juga Mjolnir bisa dipanggil kapan saja gak pedulu seberapa jauh palu tersebut berada. Mjolnir memberikan Thor kemampuan untuk terbang, juga memberikan Thor kemampuan untuk memanggil petir dan juga bisa dijadikan sebagai alat atau senjata oleh Thor.

Satu hal yang tidak dimiliki Mjolnir adalah daya tahan. Meskipun palu ini terbuat dari material yang sama dengan Stormbreaker, Mjolnir bisa dengan mudah dihancurkan oleh Hela. Namun, masih belum diketahui apa atau siapa saja yang bisa menghancurkan Mjolnir – selain Hela yang sudah terbukti akan kekuatannya. Seperti yang diungkapkan oleh Eitri, Stormbreaker gak bisa dihancurkan dengan mudah seperti Mjolnir.

Mengapa Stormbreaker Jadi Senjata Thor Paling Kuat di MCU

Berdasarkan pembahasan di atas, sudah diketahui sapa yang jadi pemenangnya yaitu Stormbreaker. Meskipun keduanya sama-sama memiliki kesamaan dan juga kelebihan, tapi diantara kedua senjata ini Stormbreaker lebih unggul.  Alasan yang paling jelas adalah ukuran keduanya yang cukup jauh. Stormbreaker memiliki bentuk fisik yang jauh lebih besar dibandingkan Mjolnir.

Stormbreaker juga terbukti lebih kuat, seperti diperlihatkan dalam film Infinity War dan Endgame dimana senjata ini bisa menghabisi Thanos dan menghalau serangan Infinity Stones dengan mudah. Kemudian alasan lainnya adalah masalah daya tahan, dimana Stormbreaker lebih kuat dan lebih kokoh dibandingkan Mjolnir yang bisa hancur dengan mudah.

BACA JUGA: Bloodshot vs Ninjak, Siapa Yang Terkuat?

Hal terakhir yang jadi pertimbangan adalah Stormbreaker mampu memanggil Bitforst, sedangkan Mjolnir gak bisa melakukan hal itu. Ketika memegang Stormbreaker, Thor bisa dengan mudah pergi ke sembilan alam yang ada. Kemampuan ini gak bisa dilakuka oleh Mjolnir. Thor juga sepertinya lebih senang menggunakan Stormbreaker, meskipun dia juga senang bahwa ternyata dia masih dianggap layak. Jadi, jika musuh kosmik datang, Thor bisa mengandalkan Stormbreaker miliknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.