Sony secara resmi mengungkapkan controller dari PlayStation 5, yang menjadi penerus dari model DualShock, yang sebelumnya juga telah menjadi fitur yang paling menonjol dalam PlayStation sejak awal kemunculannya. Sony masih mempertahankan banyak hal yang masih menjadi favorit para penggemar, dan tak merubah tata letak dari tombol yang sering digunakan.

Sekarang controller ini memiliki mikrofon internal, dengan desain putih baru yang ramping, dan yang paling penting fitur haptic feedback atau efek getar yang sekarang semakin detail dengan intensitas yang beragam. Para pemain akan merasakan sesuatu yang berbeda ketika mengendarai sebuah mobil dari atas aspal atau di jalanan berlumpur, yang akan menambah sensasi dari pemain ketika mereka memainkan game tertentu. Sekarang mereka menamai kontroler ini dengan nama DualSense dan tak lagi menamai dengan DualShock.

DualSense akan menyertakan desain yang sedikit lebih miring pada tombol L2 dan R2 dan ada juga beberapa penyesuaian kecil yang dilakukan pada DualSense. Sekarang tombol “Share” digantikan dengan tombol “Create”, sehingga user akan dapat lebih memahami cara kerja dari tombol tersebut. Wakil presiden senior dari Sony yaitu Hideaki Nishino berjanji akan memberikan informasi lebih banyak mengenai perubahan-perubahan dari controller ini menjelang perilisannya. Sementara itu masih belum diketahui kapan tepatnya PlayStation 5 akan dirilis.

BACA JUGA: Inilah Seluruh Kode Loker di Resident Evil 3

Sony menyebutkan bahwa DualSense juga tetap mengusung wireless game controller. Mereka mengklaim bahwa desain ini masih tetap terinspirasi dari DualShock 4 yang diperkenalkan bersama PlayStation 4 di tahun 2013. Masih belum diketahui apakah controller ini juga akan disertakan dalam warna hitam atau tidak. Pasalnya banyak penggemar yang sangat menginginkan kontroler PS5 yang berwarna hitam.