Wolverine udah gak diraguin lagi merupakan salah satu anggota X-Men yang paling keren yang pernah masuk dan menjadi murid dari Professor Xavier. Setelah debutnya dalam komik The Incredible Hulk #181, Wolverine terus tumbuh menjadi karakter yang penting bagi tim X-Men, dengan melakukan berbagai hal yang tim lainnya belum tentu berani untuk melakukan hal itu. Dia juga menjadi sosok yang tetap menyatukan tim X-Men.

Sejak debut sampai saat ini, Marvel udah ngasih banyak perubahan terhadap sosok mutan ini khususnya dari segi penampilan. Dari mulai gaya klasik sampai yang modern dan unik, desain yang rasanya bakalan jarang untuk muncul lagi. Berikut adalah beberapa kostum X-Men yang paling keren.

Kuning-Biru

Salah satu komikus ternama, Jim Lee, menjadi artist untuk komik X-Men di era 90an. Lee menggunakan desain klasik dari Wolverine yang berwarna kuning dan biru, yang kemudian diberikan beberapa sentuhan modern. Contohnya adalah dengan menambahkan sabut berwarna merah dengan huruf X berwarna hitam di depannya.

Tambahan itu memang bukan sebuah perubahan besar terhadap kostum orisinalnya, tapi gaya unik dari Jim Lee yang diaplikasikan terhadap desain kostum ini membuat Wolverine terlihat lebih badass dibandingkan sebelumnya. Lee juga menjadi salah satu sosok yang memberikan perubahan besar terhadap X-Men, dengan memperkenalkan karakter baru seperti Gambit, Cable, dan juga berbagai momen lainnya.

Astonishing

Penampilan dari Wolverine dalam komik Astonishing X-Men yang ditulis oleh Joss Whedon dan John Cassaday juga kembali menghadirkan desain klasik, berwarna kuning dan biru. Warna dan desain tersebut kembali memperkuat akar karakter Wolverine, juga beberapa perubahan kecil diaplikasikan dalam desain Wolverine ini. contohnya adalah ukuran telinga yang lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Warna biru dari kostumnya menjadi bagian utama dari kostum tersebut.

Desain ini juga menghilangkan bagian celana bawahnya, sehingga kostum Wolverine yang digunakan Logan terlihat lebih mirip seperti sebuah seragam. Cassaday mencoba untuk mengajak kembali para pembaca X-Men mengingat tentang asal usul Wolverine, yang sekaligus juga menjadi patokan bagi desain Wolverine di masa depan.

Kostum Berwarna Coklat

Artist John Bryne berhasil membukan Wolverine terlihat lebih ganas sambil juga tetap membuat Wolverine terlihat klasik. Bryne memutuskan untuk menghilangkan unsur tradisional dari kostumnya, dengan menghilangkan bagian bahu tapi tetap mempertahankan pola yang sama dari kostumnya.

Bryne juga memberikan sesuatu yang baru, yaitu warna coklat yang bukan merupakan warna khas dari Wolverine. Hal ini memberikan perbedaan yang mencolok bagi Wolverine diantara rekan-rekannya di X-Men. Kostum ini merupakan salah satu kostum yang paling lama digunakan.

Old Man Logan

Dalam cerita komik Old Man Logan, sang protagonis harus mengalami beberpaa pertarungan besar dan brutal dalam hidupnya. Wolverine versi ini merupakan sosok Wolverine yang rusak, seorang yang sangat kehilangan dalam hidupnya dengan Hulk yang membunuh seluruh keluargnya secara sadis. Wolverine versi ini menjadi titik terendah dibandingkan versi lainnya.

Dalam komik ini, Logan kembali berpenampilan seperti dulu sebelum dia bergabung bersama X-Men dengan mengenakan jaket kulit dengan bulu di bagian kerahnya. Logan sudah bertarung melawan para kanibal yang memakan dagingnya, bertarung secara brutal melawan Maestro, dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA: Batman Bantu Captain America Kalahkan Joker & Red Skull

X-Force Wolverine

Ketika Wolverine bergabung dengan X-Force di tahun 2008, dia memiliki salah satu kostum yang paling keren yang pernah dia pakai. Kostum yang dia gunakan juga memiliki warna yang kontras, yaitu hitam dan perak. Tapi, warna tersebut memberikan kesan badass dan sangat keren dengan bagian mata yang berwarna merah menyala.

Topeng dan armor barunya ini merupakan pilihan yang tepat, ketika Wolverine menjalankan misi yang paling rahasia. Dengan warna yang cenderung gelap, kostum itu bisa membaur dengan sangat baik dengan medan  tertentu dan juga mendukung Wolverine yang melakukan operasi senyap. Dengan desain yang sangat keren ini tentunya sangat disayangkan kalau kostumnya gak kembali muncul.