Batman dan Captain America emang jarang ketemu di komik. Namun, ada salah satu crossover Marvel dan DC Comics yang nandemin sosok Batman dengan Captain America, yang kisahnya bisa kalian liat di komik Batman and Captain America #1, yang rilis taun 1997. Dalam komik tersebut, kita bisa ngeliat duet yang enggak biasa yang terjadi di kota Gotham buat ngalahin Joker sama Red Skull.

Selain melihat Captain America dan Batman, di komik tersebut kita juga ngeliat karakter lain seperti Robin buat ngebantu para supehero ini ngejalanin suatu misi rahasia. Batman pertama kali dipertemuin sama Captain America ketika Batman berhasil nyelamatin Captain America, di mana saat itu Captain America nyoba buat ngehentiin sebuah pesawat musuh diudara dan ia hampir ketembak dan terjatuh dari ketinggian.

Setelah beberapa waktu berselang, tanpa diduga, Steve Rogers ditugasin buat jadi pengawal dari Bruce Wayne, karena Bruce dianggap terhubung dengan proyek rahasia dari Gotham. Selama berhari-hari Steve Rogers terus ngejagain Bruce, sampai suatu waktu Steve ngedenger kalo Bruce dan Dick Grayson tengah berbicara berdua tentang suatu janji dengan Joker. Steve pun mulai percaya kalo Bruce adalah orang jahat. Steve kemudian ngikutin Bruce sampai akhirnya mereka berdua bertarung.

Yang unik nih Geeks, dalam sebuah momen lucu, keduanya berhenti bertarung dan saling berjabat tangan ketika Steve menyadari kalo Bruce Wayne adalah Batman, dan Bruce menyadari kalo Steve Rogers adalah Captain America dan mereka pun mutusin buat berenti bertarung. Sebenernya mereka berdua cuman salah paham aja, dan mereka sama-sama punya niatan baik yaitu buat ngehentiin Joker dan Red Skull.

Selain ngeliat pertarungan Batman ngelawan Captain America, kita juga dikasih liat pertarungan antara Joker dan Red Skull, di mana mereka mencoba saling ngebunuh ngegunain sebuah racun, tapi ternyata mereka kebal terhadap racun tersebut. Awalnya mereka saling bekerja sama, tetapi karena Joker ngebenci Nazi, Joker pun menolak bekerja sama dengan Red Skull

Menjelang akhir dari komik ini, Batman dan Captain America kembali bekerja sama buat ngehentiin rencana jahat dari Red Skull dan Joker. Dalam event ini, sepertinya Joker dan Red Skull menemui ajal mereka. Pasalnya mereka terjatuh dari sebuah pesawat dengan sebuah bom atom yang mengikuti mereka. Padahal Joker dan Red Skull bukan terjatuh akibat bertarung dengan Batman dan Captain America, melainkan karena Joker dan Red Skull kembali berseteru di pesawat tersebut sampai akhirnya mereka terjatuh.

FOLLOW US