Shanks merupakan seorang Yonko atau penguasa lautan yang menguasai wilayah lainnya di Grand Line yang disebut juga sebagai New World, bersama para Yonko lainnya. Dia merupakan kapten dari kelompok bajak laut rambut merah dan merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece. Shanks diperkenalkan sejak awal cerita One Piece dimulai, dengan dia yang mempercayakan topi jerami miliknya kepada Luffy.

Sejak diperkenalkan Shanks memang sangat jarang untuk muncul dalam cerita, namun reputasinya sebagai salah satu bajak laut terkuat di dunia sudah dikenal secara luas. Menjadi seorang Yonko, artinya dia memiliki kemampuan yang dahsyat. Dia gak punya kekuatan buah iblis, tapi kekuatan Hakinya sangat luar biasa. Berikut adalah beberapa karakter yang bisa mengalahkan Shanks dalam pertarungan.

Big Mom

Big Mom merupakan kapten dari kelompok bajak laut Big Mom dan merupakan karakter perempuan paling kuat dalam cerita One Piece sejauh ini. Dia memiliki kemampuan buah iblis yang bisa mengendalikan jiwa seseorang, dan Big Mom juga menguasai ketiga jenis Haki. Big Mom juga memiliki sebuah armor yang sangat kuat yang memiliki warna dan bentuk mirip seperti kulitnya yang gak bisa ditembus oleh senjata apapun.

Diantara para Yonko, dia adalah sosok yang paling kuat untuk sejauh ini. Dia berhasil mengalahkan seluruh Germa 66 sendirian, termasuk Judge, yang disebut-sebut sebagai sosok yang sangat kuat. Di Onigashima, dia mampu bertarung melawan Kaido selama satu malam penuh tanpa menggunakan Zeus atau Protomeus.

Kaido

Pemimpin dari bajak laut Beasts ini dianggap sebagai makhluk paling kuat di dunia. Bagaimana tidak, dia punya kemampuan dimana hampir gak ada satupun senjata yang bisa melukai tubuhnya. Dia pernah ditangkap dan bahkan dieksekusi oleh angkatan laut, tapi semuanya gagal karena tubuhnya yang sangat kuat. Dengan kekuatan yang sangat besar ini, bisa dipastikan dia sudah mengalahkan banyak sekali karakter hebat.

Bukti kedahsyatan Kaido adalah dia mampu bertahan dari serangan Gear 4 Luffy tanpa terluka sedikitpun. Dia juga berhasil mengalahkan Luffy hanya dengan satu serangan saja, dan Luffy pun sampai harus terlempar jauh. Dia juga sempat bertarung melawan Kozuki Oden, dan mampu menandinginya, dengan kekuatan itu dia tentunya bisa mengalahkan Shanks.

Blackbeard

Kapten bajak laut Blackbeard dan merupakan salah satu anggota Worst Generation. Dia adalah karakter yang sangat cerdas dalam menyusun strategi, dan juga sangat kuat. Dia sekarang memiliki kemampuan dua buah iblis, yaitu Yami Yami dan Gura Gura, yang keduanya sama-sama merupakan buah iblis paling kuat di jenisnya.

Bukti kekuatan Blackbeard adalah dia mampu mengalahkan Ace, dan kemudian membawanya ke pihak angkatan laut untuk dieksekusi. Saat time-skip, bahkan komandan pertama dari bajak laut Whitebeard yaitu Marco the Phoenix, berhasil dia kalahkan dalam perang balas dendam atas kematian Whitebeard. Dengan kekuatan yang dahsyat itu, Blackbeard sekarang menjadi pengganti Whitebeard sebagai Yonko. Dengan kekuatan sebesar itu, tentunya Blackbeard bisa mengalahkan Shanks.

BACA JUGA: Mengulik Hubungan Misterius Luffy & Gol D. Roger

Whitebeard

Manusia paling kuat di dunia dan juga kapten dari bajak laut Whitebeard. Dia dulunya memiliki kekuatan buah iblis paramecia yaitu Gura Gura no Mi, dimana dia bisa memanpulasi getaran. Kedahsyatan dari kekuatan Whitebeard dibuktikan dengan hanya Roger saja yang mampu menyamai kekuatan dari Whitebeard.

Kemampuan Whitebeard juga sempat diperlihatkan saat perang di Marineford, dimana dia terlihat mengalahkan seorang Admiral angkatan laut hanya dengan dua pukulan saja, dia juga menghancurkan Blackbeard hanya dengan satu ayunan senjatanya saja. Shanks mungkin kuat, tapi rasanya dia gak akan bisa mengalahkan Whitebeard dalam pertempuran.

Gol D. Roger

Roger merupakan kapten dari bajak laut Roger dan satu-satunya orang yang memiliki titel raja bajak laut. Dia merupakan seorang bajak laut yang terkenal akan kekuatannya bisa menghancurkan sebuah negara atau kerajaan. Sejauh ini hanya sedikit orang yang bisa menandingi kekuatan dari Roger, dan salah satunya adalah Whitebeard. Karena kekuatan itulah, dia ditakuti oleh banyak orang.

Kemampuan aslinya sendiri masih belum diperlihatkan, tapi dia dianggap sebagai karakter paling kuat dalam cerita ini, dengan nilai buruannya yang mencapai 5 milliar Belly. Kalau Shanks harus bertarung dengan mantan kaptennya, rasanya dia gak akan mungkin bisa memiliki kesempatan menang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.