Marvel Universe berisi berbagai hal menarik, mulai dari karakter sampai berbagai elemen lainnya dalam cerita. Salah satu contohnya adalah berbagai benda atau artefak yang sebelumnya sudah diperlihatkan, seperti Infinity Stones. Infinity Stones memiliki peran yang besar di Phase ketiga dari MCU, dimana hampir seluruh Avengers berusaha untuk mempertahankan Infinity Stones dari tangan Thanos.

Tapi, di film Avengers: Endgame kita melihat bila Infinity Stones sudah hancur karena Thanos yang menghancurkannya. Hal itu mengakibatkan para Avengers kembali ke masa lalu untuk mendapatkan batu kosmik tersebut. Phase 4 MCU akan segera dimulai dalam waktu dekat. Lalu, kira-kira benda apa lagi yang akan memiliki peran penting di Phase tersebut?

Vibranium Sebagai Material Penting

Meteor vibranium jatuh di wilayah Afrika yang sekarang menjadi Wakanda, sekitar ribuan atau bahkan jutaan tahun yang lalu. Pada awalnya penduduk Wakanda gak ada yang tahu bagaimana mengolah Vibranium, sampai akhirnya mereka belajar dan merubah Wakanda menjadi negara yang paling maju di dunia berkat adanya Vibranium ini.

Dulu, Vibranium sangat sulit untuk didapatkan karena Wakanda masih sangat tertutup. Sangat jarang sekali orang asing bisa masuk, atau bahkan bisa menemukan dimana lokasi Wakanda. Sehingga Vibranium yang tersebar di luar Wakanda sangatlah sedikit. Howard Stark harus mengorbankan banyak hal agar bisa mendapatkan sedikit bongkahan vibranium, yang kemudian digunakan untuk pembuatan tameng Captain America.

Tapi, seperti yang diperlihatkan di filmnya kalau persediaan vibranium Wakanda rasanya gak bakalan habis untuk dalam jangka waktu lama. Artinya, masih akan ada banyak orang yang mencoba untuk mendapatkan Vibranium baik secara ilegal maupun legal. Apalagi, Wakanda kini sudah mau membuka diri untuk memanfaatkan vibranium yang mereka miliki demi kepentingan dunia.

Mengapa Vibranium?

Vibranium adalah material yang lebih kuat dari besi atau baja sekalipun. Sehingga, bisa dibilang jika vibranium adalah salah satu material paling kuat di Marvel Universe. Vibranium mampu menyerap vibrasi atau getaran dan membuat vibrasi tersebut menjadi sumber tenaga yang bisa berpuluh-puluh kali lipat lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Karena material ini merupakan yang terkuat, vibranium sulit untuk dihancurkan dan mampu menahan berbagai serangan sehingga wajar kalau Howard Stark membuat tameng Captain America dari bahan ini dan T’Challa membuat kostum Black Panther juga dengan bahan ini. Bahkan, vibranium juga bisa menahan serangan Mjolnir milik Thor.

Meskipun vibranium adalah material yang sulit untuk dihancurkan, tapi bukan berarti vibranium gak bisa hancur. Contohnya, tubuh Ultron yang terbuat dari vibranium gak bisa menahan serangan mematikan dari gabungan Tony Stark, Vision, dan Thor. Juga Vision, yang sebagian tubuhnya terbuat dari vibranium gak bisa menahan serangan Thanos yang dahsyat. Dan yang paling ikonik adalah ketika pedang Thanos berhasil menghancurkan sebagian besar tameng Captain America di film Endgame.

Vibranium Di Phase 4 MCU

Vibranium tentunya bakalan punya peran penting di film Black Panther 2, tapi film tersebut bahkan belum masuk dalam tahap pra produksi yang artinya film ini masih lama untuk bisa kita saksikan. Lalu, siapa orang pertama yang akan menggunakan Vibranium di Phase 4? Kemungkinan terdekatnya adalah Natasha Romanoff alias Black Widow.

Ketika Natasha bertemu dengan T’Challa di film Civil War, dia mengatakan kalau kostumnya juga terbuat dari Vibranium yang artinya Natasha tahu tentang material ini sebelum vibranium jadi material yang diketahui oleh publik. Tapi, darimana Natasha tahu tentang vibranium? Kemungkinan informasi itu dia dapatkan ketika Natasha masih bergabung dengan SHIELD.

Gak menutup kemungkinan juga dia tahu informasi itu ketika dia masih bergabung dengan KGB, karena mereka juga ingin membuat tameng yang terbuat dari material yang sama dengan milik Captain America. Jika Natasha tahu tentang vibranium, artinya bisa jadi anggota keluarganya yang lain juga tahu tentang material ini.

Bagaimana vibranium bisa berada di luar Wakanda? Seperti yang diperlihatkan di awal film Black Panther, salah satu kerabat dari sang raja, N’Jobu, menjual vibranium secara ilegal kepada mereka yang mau membayar mahal. Dan salah satu orang yang membeli material itu dari N’Jobu adalah Taskmaster. Dia menggunakan material tersebut untuk memperkuat kostum atau armor yang dia kenakan.

Dalam trailernya kita melihat jika Taskmaster menggunakan tameng anti peluru untuk menghentikan Red Guardian, juga kita melihat Taskmaster yang menirukan gaya Black Panther dengan kuku tajamnya. Kemungkinan besar, material dari kedua benda tersebut adalah vibranium. Kemungkinan lainnya adalah Taskmaster gak membeli material tersebut, tapi diberikan oleh Erik Killmonger.

Di komiknya, Taskmaster memiliki sebuah sekolah khusus untuk penjahat (dan pahlawan) dan mereka akan diajarkan bagaimana caranya untuk bertarung, dan banyak hal lainnya. Apakah Taskmaster yang mengajarkan Erik untuk bertarung dan kemampuan lainnya? bisa jadi. Red Guardian juga bisa jadi karakter yang dekat dengan material ini, dengan tameng yang dia miliki.

 

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.