Serial Game of Thrones dan Westworld emang sama-sama punya basis penggemarnya sendiri sejak keduanya pertama kali rilis. Bahkan, kedua serial ini juga punya banyak kesamaan yaitu ngedepanin unsur fantasy dan ngehadirin berbagai plot yang ngejutin. Tentu aja cerita yang gak terduga akhirnya ngebuat dua serial ini laris manis di pasaran.

Sekarang ini muncul sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik, di mana para fans bertanya-tanya apakah kedua serial ini emang berada di suatu alam semesta yang sama? Hmm… kalau diliat-liat nih Geeks, Westworld sendiri ngambil latar tempat di Bumi, tepatnya taun 2050-an di masa depan, sementara Game of Thrones sendiri ngambil latar tempat di sebuah benua yang dikenal sebagai Westeros. Tapi nih Geeks, dunia Game of Thrones sebenernya juga cocok sama dunia yang dibangun sama Delos Corporation, di mana kedua dunia ini adalah tempat yang berbahaya dan kalian bisa ngebunuh, dan ngelakuin tindakan kriminal lain tanpa adanya rasa takut.

Film Westworld original yang rilis taun 1970-an bahkan juga nampilin dunia dari abad pertengahan sebagai salah satu Park atau taman yang dimiliki Delos. Dari perspektif itu, Game of Thrones dan Westworld sebenernya emang cocok, dan dalam episode terbaru Westworld berjudul The Winter Line, episode itu sepertinya nunjukin kalo keduanya terhubung.

Dalam episode The Winter Line, ketika Bernard dan Stubbs masuk ke area lab, Bernard bertanya mengapa mereka berada di Park 4. Sejak itu, kita tahu bahwa itu adalah Park 4 yang merupakan Park baru dari serial Westworld yang nampilin dunia fantasi dari abad pertengahan. Ketika mereka berdua lagi berjalan melalui aula, mereka ngelewatin beberapa persenjataan abad pertengahan di dinding sampe akhirnya mereka ketemu sama sama teknisi yang diperanin sama Benioff dan Weiss.

Teknisi yang diperanin sama Weiss dan Benioff kemudian berbincang, dan mereka sepertinya lagi ngomongin tentang menjual suatu barang sambil memegang sebuah gergaji mesin. Nah tapi nih Geeks yang paling ngejutin adalah saat naga yang tersisa di Game of Thrones yaitu Drogon lagi tidur nyenyak di belakang mereka. Dengan masa depan Park atau taman yang gak menentu, tampaknya para teknisi dari Delos itu lagi berusaha buat ngejual beberapa aset. Drogon sepertinya jadi aset yang bakal mereka jual, di mana keduanya berencana buat memotong Drogon dan mengirimnya secara kepingan ke pembeli.

Selain itu, beberapa adegan lain juga ngasih liat kita tentang referensi dari Game of Thrones. Di lab tempat Bernard duduk, terlihat kalo ada gaun Cersei Lannister yang dipasang di sebuah boneka. Sementara di dinding, ada gambar landmark arsitektur dan gereja-geraja yang ada di Westeros. Beberapa gambar lain juga muncul, dan nunjukin kota-kota yang ada di Westeros seperti kota besar King’s Landing dan Braavos. Terakhir adalah gambar dari sebuah benteng yang terlihat seperti Casterly Rock.

BACA JUGA: Para Calon Pemeran Takeshi Kovacs di Altered Carbon Season 3

Kehadiran dari segala hal yang berkaitan dengan Game of Thrones ini mengungkapkan kalo Delos bukan cuma mampu ngereplikasi manusia dan hewan, tetapi juga mampu nyiptain makhluk fantasi seperti naga. Game of Thrones sebelumnya juga nampilini karakter ikonik bernama Daenerys Targaryan, yang pernah jadi salah satu karakter protagonis dan sosok heroik. Tapi tiba-tiba Daenerys malah jadi penjahat dan ngehancurin King’s Landing. Daenerys mungkin sama jahatnya dengan Dolores, di mana Dolores ngerencanain buat  genosida umat manusia, dan Bernard dan Maeve berusaha buat ngehentiinnya.

Mungkin aja kalo Dolores adalah sosok pembeli yang ingin mendapatkan Drogon, dan musim ketiga nanti dia bakalan berakhir dengan mengendarai robot naga buat melakukan genosida. Hmm… siapa yang tau kan Geeks?

FOLLOW US