Selama  bertahun-tahun, green Lantern udah jadi salah satu pahlawan terbaik dari DC Universe. Green Lantern memiliki kemampuan untuk menghasilkan benda atau apapun dengan menggunakan tekad mereka, dan dengan kemampuan itu mereka menjadi pelindung bumi dan seluruh galaksi dari berbagai serangan kosmik yang muncul. Dengan kemunculannya yang sudah bertahun-tahun, DC udah pernah memberikan beberapa perubahan kepada karakter ini.

Selain perubahan, ada juga berbagai versi alternatif dari Green Lantern yang ditampilkan dalam cerita komiknya. Beberapa diantaranya dianggap bagus, dan sebagian lainnya dianggap kurang begitu bagus. Berikut adalah berbagai versi dari Green Lantern

Terburuk: Dawnbreaker

Pertama kali muncul sebagai bagian dari cerita Dark Knights: Metal, para pembaca diperlihatkan jika Dawkbreaker adalah versi twisi dari Bruce Wayne yang menggunakan kekuatan tekadnya untuk melewati batasan dari cincin Green Lantern. Sebenarnya versi Green Lantern ini merupakan salah satu yang populer di kalangan para fans dalam cerita ini.

Tapi, mengingat seberapa jahat dan mengerikannya karakter ini mungkin bisa dibilang Dawnbreaker adalah salah satu karakter Green Lantern terburuk. Terlepas dari karakter ini merupakan kombinasi dari dua karakter terhebat DC, Green Lantern versi ini begitu gelap dan sangat kuat bahkan dia mampu menghabisi seluruh Lantern lainnya.

Terbaik: Kari-ro

Sebagai bagian dari seri Batman Beyond, Kai-ro diperkenalkan sebagai Green Lantern dari masa depan. Sama seperti setiap Green Lantern lainnya, cincin milik Kai-ro pun memiliki fungsi dan sistem kerja yang sama. Tapi, tumbuh di kuil Buddha membuat Kai-ro membuat Kai-ro memiliki kepribadian yang tenang, membuatnya terlihat sangat dewasa meskipun usianya masih kecil. Bahkan dia lebih muda dari Terry McGinnis.

Meskipun jadi salah satu versi Green Lantern yang populer, sayangnya Kari-ro jarang dimunculkan dalam cerita komiknya. Para fans juga menganggap, bahwa dengan kepribadiannya yang tenang dan dewasa membuat Kai-Ro menjadi sosok yang pantas untuk cincin Green Lantern tersebut.

Terburuk: Guy Gardner

Dari sekian banyak Green Lanterns yang ada, gak ada versi yang lebih dibenci dan tidak disukai selain versi Guy Gardner. Udah dari sejak lama, Green Lantern versi Guy Gardner ini dibenci oleh para fans. Hal ini dikarenakan sifat dan perilakunya yang dianggap sembrono dan kurang menyenangkan, membuat Guy Gardner sulit untuk diajak bekerja sama.

Bahkan, dalam salah satu momen Batman berhasil memukul jatuh Guy Gardner hanya dengan satu pukulan saja karena dia dianggap terlalu banyak bicara dan mengeluh. Tapi, seiring terungkapnya berbagai detail terutama tentang masa lalunya, perlahan Guy mulai mendapatkan fansnya sendiri. Meskipun karakter ini memiliki potensial, tapi rasanya Guy masih butuh belajar banyak agar bisa setara dengan para Lantern lainnya.

Terbaik: Earth One

Berbeda dengan beberapa judul Earth One lainnya, Green Lantern: Earth One memberikan perubahan yang signifikan kepada Hal Jordan dan seluruh Green Lantern Corps. Dan untungnya perubahan tersebut ternyata mampu terbayarkan dengan baik, dimana para fans dan juga kritikus komik memuji versi Green Lantern ini.

Sebagian hal yang membuat cerita dalam komik ini terasa begitu hebat dan banyak menerima pujian adalah perubahan yang dirasa pas dalam universe alternatif DC. Sebagian fans bahkan merasa kalau Hal Jordan dalam versi Earth One ini lebih bisa dinikmati banyak orang, lebih approachable. Meskipun bukan versi yang terbaik, tapi versi ini menjadi versi yang terbaik sejauh ini.

Terburuk: Injustice Hal Jordan

Universe Injustice meruapakan sebuah universe yang gila dan berisi para karakter klasik yang udah berubah jadi gila. Salah satu contoh yang ekstrem yang diperlihatkan oleh DC adalah ketika Hal Jordan bergabung dengan Yellow Lantern Corps. Sebagian fans yang udah familiar dengan cerita Hal Jordan mungkin bakalan paham perubahan yang terjadi ini sangat drastis, tapi di satu sisi perubahan ini juga dianggap menganggu.

Memang, mengingat dalam cerita tersebut DC Universe udah jatuh dalam sebuah masa dimana kegilaan menjadi lumrah perubahan yang terjadi kepada Hal Jordan bisa dipahami dan gak terlalu mengejutkan. Tapi, perubahan yang terjadi ini sukar dipercaya oleh banyak orang. Meskipun begitu, sama halnya seperti Dawnbreaker, Injustice Hal Jordan ini memiliki desain karakter yang menarik.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2