Selain kemampuan buah iblis yang dimiliki, Luffy juga punya kekuatan lain yang jadi senjata andalannya ketika menghadapi musuh yaitu Gear. Dengan mengakses Gear, kekuatan Luffy bertambah dengan drastis. Sejauh ini, Luffy udah punya 4 form Gear yang semakin tinggi Gearnya semakin kuat tenaga yang dihasilkan dan daya hancurnya juga semakin mengerikan.

Gear 4, untuk saat ini, adalah Gear tertinggi dari Luffy. Dibandingin dengan Gear 2 dan 3, Gear 4 memberikan Luffy tenaga yang sangat besar sehingga dia bisa menandingi berbagai musuh yang sangat kuat. Tapi, sama seperti Gear 2 dan 3, Gear 4 juga memerlukan sumber tenaga yang tidak sedikit.  Karena menggunakan Gear 4 harus menguras tenaga Luffy, makanya dia akan langsung merasa lemas setelah dia menggunakan kemampuan tersebut, terlepas udah berapa lama dia menggunakan kemampuan ini. Contohnya ketika dia menggunakan King Kong Gun buat menghadapi Big Mom dan Canonball saat menghadapi Cracker, dia langsung menghentikan formnya dan mulai memakan makanan apapun yang ada di sekitarnya sampai perutnya kembali penuh.

Selain menggunakan tenaga yang sangat banyak, Gear 4 juga menggunakan kemampuan Haki Luffy secara maksimal. Tujuannya adalah untuk mempertahankan bentuk tubuhnya dan mengendalikan elastisitas tubuhnya. Hal ini membuat Luffy harus menggunakan kemampuan Gear 4 secara maksimal dan cermat, sebelum kemampuan Hakinya habis.

Batasan-batasan tersebut tentunya harus Luffy atasi, kalau dia mau berubah menjadi sosok yang lebih kuat lagi. Artinya Luffy perlu mengembangkan metode latihan atau Luffy perlu mengembangkan cara bertarung yang baru, supaya dia tidak mengalami hal-hal yang disebutkan di atas. Kalau itu terjadi, tentunya akan membuat Luffy jadi lemah dan rentan buat diserang.

Katakuri udah memperlihatkan kalau dia bisa meningkatkan kepadatan Mochi miliknya, dengan Block Mochi dan Flowing Mochi, untuk membuat tangannya semakin keras dan memperkuat serangannya. Hal itu juga membuat tubuhnya lebih lentur dan mudah untuk menghindari serangan dan bisa bermanuver dengan bebas.

Luffy pun seharusnya juga bisa melakukan hal itu. Luffy bisa mengeraskan tubuh karetnya, sehingga hal itu akan menggantikan peran Haki yang selama ini membantunya membentuk dan mempertahankan bentuk dari formnya. Dengan mempelajari bagaimana memperkeras tubuhnya tanpa menggunakan Haki, maka dia bisa meningkatkan waktu penggunaan Gear 4.

Selain itu, tubuh Luffy juga akan mudah dikendalikan, bisa bergerak lebih bebas, dan tahan terhadap serangan apapun. Memang gak mudah buat melakukan ini, dan mungkin butuh kemampuan Awakening Luffy buat melakukannya. Dengan menggunakan Awakening Luffy busa juga mengurangi penggunaan energi ketika mengakses kekuatan Gear 4.

Hal lainnya yang harus ditingkatkan oleh Luffy adalah kemampuan Armament Hakinya. Kita udah melihat bagaimana Luffy menggunakan level tertinggi dari Observation Haki, yang membuatnya bisa melihat ke masa depan. Dan ketika dia berada di Wano, Luffy mulai bisa menggunakan kemampuannya itu tanpa adanya kendala berarti, seperti ketika dia menolong Hyogoro.

BACA JUGA: Worst Generation One Piece Siap Guncang Onigashima

Luffy sendiri memang udah mulai belajar meningkatkan kemampuan Armament Hakinya, dengan berlatih bersama Hyogoro di penjara Udon. Luffy belajar buat menghancurkan benda dari dalam seperti yang dilakukan oleh Rayleigh dulu, dan dia berhasil meskipun secara tidak sengaja. Dan sepertinya setelah latihan tersebut Luffy mengalami peningkatan kemampuan Armament Haki miliknya.

Selain itu, dia juga bahkan melebihi kemampuan dari apa yang diajarkan oleh Hyogoro. Hal ini bisa terlihat dengan Luffy yang bisa, dengan menggunakan Hakinya, menghancurkan tubuh atau benda dari dalam seperti yang dia perlihatkan ketika pukulannya menghantam sebuah pohon. Hal ini tentunya berguna buat bekal Luffy menghadapi musuh yang lebih kuat, contohnya yang paling dekat adalah Big Mom dan Kaido.