Franchise film John Wick emang udah ngenalin sosok karakter John Wick yang penuh misteri, pecinta binatang, dan dia udah ngejalanin kehidupan yang super menyedihkan. Tapi, gimana kalo film-film John Wick yang selama ini nyeritain tentang pembalasan dendam John Wick buat orang-orang yang ngeganggunya, ternyata punya arti yang lebih besar, yaitu tentang tahap-tahap dari sebuah rasa kesedihan.

Teori ini pertama kali muncul dari redditor coces yang nyebutin kalau franchise John Wick pada akhirnya bakalan terdiri dari 5 film dan masing-masing dari film itu bakalan nyeritain dari tingkat kesedihan dari suatu individu. Sebelum kita ngebahasnya, kita jelasin dulu tahap-tahap kesedihan sebenarnya.

Kesedihan itu ada lima tahap, dan tahapan itu juga dikenal bernama Kubler-Ross. Kubler-Ross merupakan sebuah kerangka yang dirancang buat memahami serangkaian emosi kompleks yang dialami oleh orang-orang yang akan menghadapi kematian atau orang yang kehilangan sosok yang dicintai. Diciptain oleh Elisabeth Kubler Ross dalam bukunya berjudul On Death and Dying pada tahun 1969, ada lima tahap kesedihan yang bakalan dialami oleh setiap orang yaitu: penolakan, kemarahan, tawar menawar, depresi, dan penerimaan.

Penolakan: Mereka yang terkena dampak gak bisa nerima bahwa itu adalah kenyataan dan biasanya mereka beranggapan kalau “pasti ada kesalahan di sini.”

Kemarahan: Begitu seseorang menyadari kalo mereka gak bisa nyangkal suatu kenyataan, maka mereka akan merasa marah. Biasanya kemarahan itu dituangkan kepada orang-lain, alam semesta, diri mereka sendiri, dan siapapun disekitarnya.

Tawar menawar: Tahap ini mungkin yang paling rumit, di mana seseorang mencoba buat mencari jalan keluar dari situasi mereka melalui doa atau sesuatu yang ngubah gaya hidup mereka.

Depresi: Mungkin ini adalah perasaan yang sering dirasain banyak orang dan biasanya mengarah ke perasaan putus asa. Ada rasa seperti kekalahan total ketika orang mengetahui tentang kematiannya sendiri atau mereka merasakan kehilangan dari sosok yang dicintai.

Penerimaan: Tahap terakhir ini menjadi tahap yang paling menantang di mana seseorang mengakui dan menerima situasi mereka sehingga mereka dapat melanjutkan apa yang tersisa dalam hidup mereka daripada menghabiskannya di bawah kesedihan.

Menurut teori tersebut, kita udah ngeliat tiga tahap kesedihan itu lewat 3 film John Wick yang udah dirilis. Film John Wick pertama, kita melihat tahap penolakan, di mana sang karakter utama terhuyung-huyung karena kehilangan istrinya yang disayangi. John Wick sendiri kala itu menyangkal fakta bahwah istrinya telah meninggal dan ia menolak buat nyingkirin semua barang-barang peninggalan istrinya.

Dalam film John Wick: Chapter 2, kita bisa ngeliat tahap berikutnya yaitu kemarahan. Dalam film keduanya, John Wick nunjukkin kepada dunia pembunuh bayaran kalo dia udah kembali dalam permainan itu. Bahkan karakter Santino D’Antonio yang merupakan crime boss italia, harus turun tangan sampai akhirnya amarah John muncak. John Wick akhirnya ngebunuh Santino di The Continental Hotel, padahal di tempat tersebut ada aturan yang tak mengizikan seseorang buat ngebunuh orang lain. Karena John melanggar aturan itu, John lantas diburu oleh para pembunuh bayaran di seluruh dunia.

Sementara itu buat film John Wick 3: Parabellum, film ini ngasih liat kita tentang tahap tawar menawar. Terlihat kalo John harus nerima konsekuensi dari tindakan kemarahannya, di mana ia harus nyoba dan ngebuat segala macam kesepakatan yang putus asa agar semuanya kembali normal. John Wick bahkan terlihat minta bantuan ke orang-orang yang memiliki kekuasaan. Bahkan ia rela buat ngedatangin The High Table buat nunda eksekusinya.

BACA JUGA: Yang Harus Kamu Tahu Tentang Perjanjian Darah John Wick

Jadi hanya tinggal dua film dan dua tahap kesedihan lagi yang kesisa buat film John Wick. Film keempat buat John Wick sendiri udah diumumin buat rilis tanggal 21 Mei 2021, dan kalo teori ini benar, maka film keempat dari John Wick bakalan ngasih liat tentang tahap depresi dari karakter John Wick. Apalagi John Wick udah dikhianati oleh Winston, dalam pelarian High Table, dan sekarang ia masih terbayang-bayang dengan kehidupan yang coba ia tinggalin ini. Film keempatnya nanti kemungkinan bakalan nampilin saat John Wick yang keliatan pasrah dan ia tentunya berharap tidak menjalani kehidupan seperti ini.

Nah sementara film kelimanya nanti, masih belum diumumin. Tapi kalo film kelimanya terwujud, film itu sepertinya bakalan nampilinin tahap kelima yaitu penerimaan. Mungkin John akhirnya berdamai dengan siapa dia yang dahulu dan terus melanjutkan hidupnya sebagai seorang pembunuh, atau ia malah bakalan membawa anjing barunya dan mobilnya buat pulang selamanya.

FOLLOW US