Siapa sebenarnya sosok dibalik topeng Taskmaster, yang jadi villain utama dalam film Black Widow? Itu pastinya jadi pertanyaan yang paling banyak ditanyain oleh Geeks semua. Gak salah memang, soalnya sejak pertama kali diumumin tentang proyek film ini, teasernya dirilis, sampai kemarin trailer terakhir filmnya masih belum ada informasi apa-apa tentang Taskmaster.

Informasi yang bisa kita lihat secara jelas dari Taskmaster, cuma kemampuannya yang bisa menirukan berbagai gerakan dan juga gaya bertarung beberapa Avengers, termasuk Natasha Romanoff alias Black Widow. Karena masih belum ada informasi apapun tentang Taskmaster, berikut adalah ulasan tentang identitas yang diduga adalah Taskmaster.

Bukan Karakter di Film Black Widow

Dengan informasi yang sangat rahasia tentang identitas Taskmaster, ada dua kemungkinan yang muncul dari hal ini. Pertama, dia adalah karakter favorit para fans Marvel yang pernah muncul di film sebelumnya. Jika memang ini benar, wajar kalau misalnya Marvel gak mau memberi informasi tentang sosok dibalik topeng Taskmaster bahkan namanya juga gak tercantum di daftar cast.

Kemungkinan kedua adalah ada karakter lain – karakter baru – yang jadi sosok tersebut. Banyak fans yang berspekulasi kalau Steve Rogers atau Clint Barton adalah orangnya. Tapi, rasanya hal itu gak mungkin dilakuin oleh Marvel Studios karena hal itu bisa ngerusak citra atau cerita yang udah dibangun oleh Marvel sejauh ini. Anggota Avengers yang lain juga kemungkinannya sangat kecil.

Selain spekulasi tentang Steve Rogers dan Clint Barton, banyak fans yang juga menduga kalau Taskmaster adalah salah satu dari keluarga Natasha yaitu Melina Vostokoff, Yelena Belova, dan Alexei Sostakov. Tapi, kalau dilihat dari cerita atau apa yang ditampilin di promosinya sejauh ini kecil kemungkinan kalau itu salah satu dari mereka.

O.T. Fagbenle Adalah Orangnya

Identitas asli dari Taskmaster di film ini kemungkinan adalah Rick Mason, karakter yang diperankan oleh O.T. Fagbenle. Kalau dibandingkan dengan cast lainnya, yang sudah jelas tentang karakter yang dia mainkan, karakter Fagbenle masih simpang siur. Bahkan, karakternya dibuat sangat misterius dengan tidak ditampilkan di berbagai materi promosi film Black Widow.

Logikanya, dia tentu harus muncul dalam materi promosinya meskipun dia hanya punya peran kecil. Artinya, karakter Rick Mason ini punya peran yang jauh lebih besar dibanding yang kita duga. Dan juga rasanya gak mungkin kalau Marvel nyari aktor lainnya buat peran ini, disaat filmnya udah dipromosiin. Jadi, identitas dari villain ini pastinya ada di daftar cast filmnya yang kemungkinan pakai nama palsu.

Deskripsi dari karakter Mason di film ini bisa jadi petunjuk besar kenapa Fagbenle adalah Taskmaster. Di cerita komiknya, Rick Mason memang pernah bekerja buat pemerintah Amerika setelah peristiwa Civil War. Dengan film Black Widow  yang punya setting setelah Civil War, maka ada kemungkinan jika sosok Taskmaster akan memiliki latar belakang yang sama di filmnya.

Dalam deskripnya, Rick Mason disebut sebagai mantan anggota S.H.I.E.L.D., yang mana hal itu bisa ngasih dia jalan buat bisa bekerja di gedung putih. Kalau Mason dan Taskmaster adalah orang yang sama, hal ini tentunya jadi cara Marvel Studios buat menghormati cerita origin dari Taskmaster di MCU. Fagbenle juga pernah pakai hashtags yang merupakan inisial dari Taskmaster yaitu “TM.”

Bagaimana Taskmaster Tahu Tentang Natasha?

Salah satu petunjuk yang bisa ngebantu kita buat menebak siapa identitas Taskmaster adalah dia punya dendam pribadi kepada Natasha. Dari trailer filmnya diperlihatkan kalau film Black Widow bukan hanya ngeliatin pertarungan antara Natsha dan juga keluarganya melawan Taskmaster, tapi ada hal lain yang bersifat pribadi dalam pertarungan itu dan masih ajdi misteri.

Petunjuk lainnya adalah Taskmaster merupakan pemimpin atau yang berkuasa dari program Red Room. Hal ini sesuai dengan dugaan Rick Mason adalah Taskmaster, karena dia dan Natasha sama-sama pernah jadi bagian dari S.H.I.E.L.D. Geeks juga mungkin udah tahu, kalau di MCU dijelasin Natasha berhasil “diselamatkan” oleh Clint Barton. Akhirnya Natasha jadi bagian dari pemerintah Amerika dengan bergabung di S.H.I.E.L.D. dan kemudian jadi bagian dari Avengers.

Rick Mason bisa jadi orang yang lain, yang ngebujuk Natasha buat bergabung dengan pemerintah Amerika selain Clint Barton. Hal ini bisa jadi jembatan, tentang gimana caranya Taskmaster bisa memahami seluk beluk tentang Red Room bahkan berhasil menguasainya. Rumor juga sempat beredar kalau Natasha dan Mason pernah menjalin hubungan romantis.

BACA JUGA: Berapa Banyak Black Widow di MCU?

Karakter Mason sendiri belum pernah disebutin atau direferensi di MCU, artinya bisa jadi ada sesuatu yang terjadi dengan Natasha di kehidupan awalnya sebagai bagian dari S.H.I.E.L.D. dan kemudian menghilang. Dia kemudian menggunakan nama samaran atau menggunakan identitas yang lain yaitu Taskmaster.

Apa Tujuan Taskmaster?

Dengan asumsi kalau Taskmaster adalah Rick Mason, mantan anggota S.H.I.E.L.D. yang pernah menjalin hubungan dengan Nat dan punya dendam pribadi, ada beberapa hal yang bisa jadi motivasinya melakukan hal tersebut. Di satu sisi, mengambil alih kendali Red Room bisa jadi salah satu cara buat ngehancurin Natasha dan semua sejarahnya. Di sisi lain, hal itu bisa jadi sebuah fasilitas semacam anti-S.H.I.E.L.D. yang bisa membalaskan dendamnya kepada organisasi itu.

Tapi, bisa jadi Taskmaster juga punya koneksi dengan Avengers lainnya karena dia menirukan gerakan mereka. Ada kemungkinan kalau Rick cemburu atau kecewa dengan Natasha, yang lebih memilih untuk bergabung dengan Avengers dan meninggalkannya sendirian. Bisa jadi juga Taskmaster mencoba untuk membuktikan kalau dia jauh lebih kuat dibandingkan para Avengers. Dan hal itu bisa membuktikan kepada S.H.I.E.L.D. bahwa mereka tidak harus bergantung kepada pahlawan super. Kita nantikan saja ya Geeks aksi dari Taskmaster dalam film Black Widow di bulan Mei mendatang

FOLLOW US