Para penonton baru dari serial I Am Not Okay With This saat ini dapat menyaksikan serial tersebut di layanan streaming Netflix. Tetapi mereka tentunya akan kebingungan setelah melihat bahwa musim pertama dari serial ini berakhir dengan sangat singkat, dengan durasi dari tiap episodenya yang dapat dikatakan sangat pendek untuk sebuah serial. Bahkan serial ini lebih pendek dari serial lainnya yang diputar oleh layanan streaming lain.

Musim pertama dari serial ini hanya memiliki 7 episode dengan masing-masing episode yang hanya berdurasi sekitar 20-30 menit saja. Tetapi rupanya ada sebuah alasan spesifik di balik format khas yang mereka gunakan. Serial yang ada di Netflix biasanya memiliki episode berdurasi satu jam atau jumlah episode yang lebih banyak, dan itulah sebabnya mengapa serial I Am No Okay With This akan jauh lebih menonjol dengan singkatnya durasi yang dihadirkan dibandingkan dengan serial lain.

Padahal format serupa sebenarnya telah digunakan oleh Netflix dalam serial The End of the F***ing World, di mana dalam serial tersebut, setiap episodenya hanya berdurasi kurang kurang dari 30 menit dan setiap musimnya hanya memiliki 8 episode. Selain itu Netflix juga memiliki serial lainnya yang juga sangat singkat seperti Derry Girls, Russian Doll, The Good Place, dan terakhir adalah serial Love, Death, & Robots.

Jonathan Entwistle yang merupakan showrunner dari serial I Am Not Okay With This mengungkapkan beberapa waktu lalu bahwa Netflix memang memberikan ruang yang terbatas untuk durasi tiap serial yang dihadirkan, sehingga memungkinkan mereka untuk menceritakan keseluruhan cerita lewat musim selanjutnya. Entwistle juga menambahkan bahwa ia menggunakan format singkat ini agar membuat serialnya dapat dengan mudah dicerna oleh para penonton umum.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/