Marvel Universe diisi oleh berbagai pahlawan dan juga villain yang mampu mengendalikan dan memanipulasi kekuatan elemental sampai ada juga yang mampu menciptakan realita itu sendiri. Anak dari Reed Richard dan Sue Storm, Franklin Richard, merupakan contoh nyata dari hal tersebut. Karakter ini disebut-sebut sebagai mutan paling kuat di seluruh jagat Marvel.

Dengan kemampuannya yang sangat dahsyat, Franklin masuk kategori mutan dengan level kekuatan Omega. Dia sudah mampu menciptakan sebuah realita ketika usianya 10 tahun dan sepertinya ditakdirkan untuk menjadi kekuatan yang bisa diandalkan oleh para pahlawan masa depan Marvel. Tapi, Reed Richards sadar ada yang salah dengan diri anaknya.

Ketika dia dan tim Fantastic Four melakukan perjalann ke berbagai universe untuk menciptakan universe baru setelah kejadian Secret Wars, kekuatan Franklin sudah menurun. Meskipun dia masih bisa menggunakan kemampuannya, kekuatannya tidak sekuat yang dipraktekannya dulu. Ketika Reed Richards memeriksa kondisi anaknya tersebut dalam komik X-Men/Fantastic Four #1, ilmuwan super tersebut malah menemukan jawaban tentang bagaimana sistem kerja kekuatan super di Marvel Universe.

Menurut teori yang dilontarkan oleh Reed Richards, kekuatan “Godpower” yang diberikan kepada tim Fantastic Four dan seluruh pahlawan lainnya berasal dari energi kosmik atau luar angkasa. Reed kemudian menjelaskan bahwa teori Godpower ini bisa menjelaskan mengapa pahlawan super seperti Fantastic Four bisa menggunakan banyak sekali energi tanpa merubah energi dalam diri mereka secara drastis.

Meskipun dia tidak bisa menemukan bukti yang konkrit terkait dengan teorinya, Reed mengatakan bahwa apa yang terjadi kepada Franklin bisa jadi dikarenakan adanya koneksi atau hubungan yang putus antara anaknya dan juga sumber kekuatan Godpower. Bukan hanya Reed Richards yang khawatir, tim X-Men pun ternyata khawatir dengan melemahnya kekuatan Franklin.

Professor Xavier juga khawatir dengan kondisi Franklin, dan bahkan dia memiliki ide untuk membawanya ke Krakoa dan menggunakan kekuatan alam disana untuk “menyembuhkannya.” Xavier pun khawatair jika para mutan lainnya akan mengalami hal yang sama dengan Franklin. Jika teori tentang Godpower ini benar, maka X-Men sebenarnya bertanggung jawab atas hal tersebut.

Dalam cerita House of X, di pulau Krakoa Xavier sudah membangkitkan kembali seluruh mutan yang sempat hidup. Apa yang dilakukan oleh Xavier, tanpa disadari, bisa menimbulkan konsekuensi yang besar. Hilangnya kekuatan Franklin bisa jadi merupakan salah satu konsekuensinya. Pasalnya, dengan semakin banyak mutan yang hidup artinya sumber kekuatan tersebut akan semakin terbagi.

Franklin merupakan karakter dengan kekuatan yang sangat dahsyat. Wajar jika kemudian dia merasakan adanya penurunan level kekuatan dalam dirinya. Tapi, seperti yang disebutkan di atas bahwa Reed Richards sendiri belum memiliki bukti yang konkrit terkait hal ini. Namun, bukan tidak mungkin apa yang dilakukan oleh Xavier benar mempengaruhi kekuatan Franklin. Satu mutan yang kembali dihidupnya, artinya ada beberapa persen kekuatan yang hilang. Apakah Franklin akan kembali ke kondisi aslinya? Kita nantikan saja ya Geeks!