Captain Marvel merupakan film pertama di MCU, di mana film tersebut menampilkan superhero wanita pertama yang memiliki film solonya. Film tersebut dibintangi oleh Brie Larson sebagai Carol Danvers dan film itu sukses menghasilkan keuntungan di box office sebesar 1 miliar dollar. Respon terhadap Captain Marvel pun semakin menguat berkat kemunculannya dalam film Avengers: Endgame di mana ia tampil perkasa saat melawan Thanos. Tentu setelah itu, banyak sekali yang menginginkan kehadirannya di MCU.

Namun banyak yang terkejut karena pada musim panas tahun lalu, film Captain Marvel 2 tak diumumkan untuk menjadi bagian dari Phase 4. Namun Kevin Feige memang mengkonfirmasi bahwa sekuelnya sedang dalam tahap pengembangan. Sementara itu sidekick dari Captain Marvel yaitu Kamala Khan telah mendapatkan serialnya sendiri berjudul Ms. Marvel yang akan rilis di Disney+. Sekarang kita telah mendapatkan kabar terbaru dari sekuel Captain Marvel.

THR melaporkan bahwa Marvel Studios saat ini tengah melakukan tahap negosiasi dengan penulis WandaVision yaitu Megan McDonnell untuk menulis naskah Captain Marvel 2. Detail ceritanya masih belum terungkap, tetapi kabarnya filmnya nanti akan berlatar waktu saat ini. Marvel Studios rencananya akan merilis film ini pada tahun 2022 dan sekarang mereka juga tengah mencari sutradara wanita yang tepat untuk memimpin proyek film ini. Dengan begitu, sudah dipastikan bahwa sutradara dari film pertama yaitu Anna Boden dan Ryan Fleck tak akan kembali untuk film keduanya.

Setelah kesuksesan film Captain Marvel pertama yang luar biasa, tentu saja Marvel Studios tak ragu untuk membuat sekuel dari film tersebut, tetapi Marvel Studios jelas mengubah formula untuk Captain Marvel 2. Film keduanya nanti tentu akan menghilangkan nuansa setting film ala tahun 1995 dan kini akan membawa Carol ke zaman modern. Selain itu untuk film keduanya nanti, Marvel Studios sepertinya hanya akan menggunakan satu penulis, tak seperti film pertamanya yang bahkan menggunakan enam penulis sekaligus.

Pada tahun 2022 nanti, Marvel Studios akan secara resmi merilis empat film, tetapi baru film Black Panther 2 yang telah memiliki tanggal rilis pasti yaitu pada bulan Mei. Jika Captain Marvel 2 akan rilis di tahun tersebut, maka Marvel Studios memiliki opsi di bulan Februari atau Juli untuk merilis film ini.