ARTIKEL INI MENGANDUNG SPOILER UNTUK FILM THE MARVELS!

Film The Marvels perkenalkan salah satu karakter superhero dari cerita komiknya yaitu Binary, yang jadi cloning dari Captain Marvel. Carol Danvers merupakan salah satu karakter superhero besar dalam cerita komik Marvel. Dia sudah pernah menggunakan beberapa titel superhero saat beraksi. Contohnya adalah Ms. Marvel dan juga Captain Marvel. Namun, ternyata, Captain Marvel memiliki kloning dalam ceritanya yaitu Binary. Lalu, siapa sebenarnya Binary?

3Binary Dalam Komik Marvel

The Binary atau Binary merupakan karakter superhero ciptaan Chris Claremont dan Dave Cockrum yang muncul pertama kali dalam komik Uncanny X-Men #164 pada tahun 1982. Seperti yang disebutkan di atas, dalam cerita komiknya Binary merupakan salah satu titel yang pernah Carol Danvers gunakan. Dan di komik Uncanny X-Men #164 kita melihat asal-usul dari sosok Binary.

Dalam cerita komiknya, Carol Danvers nampak melakukan petualangan di luar angkasa bersama dengan para X-Men. Sebelumnya, Carol sempat mengalami kejadian kurang menyenangkan di mana kekuatan supernya menghilang dalam pertarungannya melawan Rogue. Dan Rogue sendiri menyerap seluruh kekuatan dari Carol. Akhirnya, Carol mendapatkan perawatan dari Professor X dan X-Men.

Dalam petualangannya di luar angkasa tersebut, Carol kemudian berhasil diculik oleh alien dari planet lain yang bernama The Brood. Mereka menjadikan Carol subyek uji coba mereka terkait dengan sinar evolusi atau evolution ray. Akibat dari terpapar sinar evolusi tersebut Carol Danvers justru mendapatkan kekuatan yang sangat dahsyat. Dia pun kemudian berubah menjadi sosok superhero kuat lainnya, yaitu Binary.

Namun, yang menjadi catatan adalah perubahan Carol Danvers menjadi Binary ini bukanlah sesuatu yang dia bisa lakukan setiap saat atau kapanpun dia membutuhkannya. Binary merupakan form terkuat dari Carol Danvers dan hanya bisa digunakan ketika dia dalam keadaan tidak sadarkan diri. Inilah yang kemudian membuat cerita dari Binary tidak bertahan lama dalam cerita komiknya.

Namun, dalam versi lebih modern, Marvel Comics coba untuk menghadirkan perubahan asal-usul dari Binary. Dalam alur cerita komik Captain Marvel karya Kelly Thompson, diperlihatkan jika Binary tidak lahir akibat uji coba genetik dari alien The Brood melainkan kloning dari Carol Danvers itu sendiri. Hal ini terjadi ketika Captain Marvel alias Carol Danvers harus berhadapan dengan Vox Supreme.

Untuk mengalahkannya, Carol kemudian mencoba untuk melakukan sesuatu yang berbeda yaitu membentuk serangan Photon Blast miliknya. Dalam peristiwa tersebut, Carol membentuk Photon Blast yang dia keluarkan menyerupai manusia yaitu menyerupai dirinya. Cara ini dia lakukan setelah melihat apa yang Monica Rambeau lakukan sebelumnya, di mana dia mampu memanipulasi cahaya. Namun, kemunculan Binary versi modern ini juga hanya muncul sebentar di mana dia kemudian tewas dalam pertarungan melawan Empress Brood.

Berbagai Kekuatan Binary – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.