GREENSCENE.CO.ID – Setelah menjadi misteri selama ini, para fans One Piece akhirnya mengetahui tentang bagaimana langkah-langkah  Roger menjadi seorang raja bajak laut. Kita juga tahu akhirnya bagaimana Oden bisa bergabung dengan kru bajak laut Roger, setelah sebelumnya bergabung dengan kru Whitebeard. Kita juga akhirnya tahu asal usul mengapa salah satu Poneglyph yang ada di Skypiea terdapat tulisan “Roger” di atasnya.

Ketertarikan Roger kepada Oden sepertinya memang sengaja dilakukan oleh Oda Sensei, dan membuat mereka berdua seakan-akan berubah menjadi “saudara”. Tapi, disadari atau tidak sebenarnya hal tersebut pernah juga terjadi di chapter sebelumnya, seolah memberikan gambaran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.   Di chapter 585, Luffy kecil menceritakan cita-citanya kepada Sabo dan Ace. Sayangnya, tujuan Luffy tersebut tidak ditampilkan dalam cerita alias offscreened. Hal yang sama juga ternyata kembali terjadi di chapter 966 kemarin, dimana Roger mencoba untuk memberi tahukan tujuan utamanya yang lagi-lagi tidak ditampilkan.

Yang menarik adalah baik Ace dan Sabo atau Oden dan Whitebeard sama-sama membuat reaksi wajah yang sama, terhadap mimpi atau tujuan yang diucapkan oleh Luffy dan Roger. Membuat Roger dan Oden seperti pasangan saudara memang pada awalnya terlihat aneh, tapi sekarang hal tersebut bisa dipahami. Lagipula, Oda Sensei tidak akan menghadirkan momen “aneh” tersebut tanpa tujuan tertentu.

Tapi, pertanyaannya kemudian adalah apa tujuan yang dicapkan oleh Roger dan Luffy, sampai-sampai tidak ditampilkan dalam ceritanya. Dengan adanya “paralel” diantara dua momen ini, bisa diasumsikan jika Roger dan Luffy memiliki mimpi atau tujuan yang sama. Mungkin ada alasan khusus mengapa Oda Sensei sampai harus “menyensor” hal tersebut, bahkan sampai dua kali.

Bisa jadi hal tersebut adalah sesuatu yang besar, bukan hal yang selalu diungkapkan oleh kedua karakter tersebut seperti ingin menjadi raja bajak laut. Intinya adalah ada sesuatu yang lebih menarik, lebih mendalam, dan lebih berarti dari hal tersebut. Bisa jadi, misalnya Luffy atau Roger ingin menyatukan seluruh perbedaan di dunia. Bisa juga mereka ingin membawa kedamaian di bumi atau yang lebih gila adalah setelah menjadi raja bajak laut, mereka ingin menghapus angkatan laut dan pemerintah dunia. Menciptakan sebuah dunia yang bebas.

Ide tersebut bisa jadi alasan mengapa Sabo dan Ace juga Oden dan Whitebeard menganggap Lufy dan Roger adalah orang gila atau kekanak-kanakan dengan ide. Luffy sendiri sedari awal sudah digambarkan bila dia ingin hidup bebas, selain juga dia ingin menjadi menjadi raja bajak laut. Oleh karena itulah dia sangat membenci adanya pihak berwenang, seperti angkatan laut atau Pemerintah Dunia.

Jurus atau teknik yang digunakan Roger bisa saja menjadi sebuah petunjuk dari tujuan mereka berdua. Kemampuan Roger sendiri disebut sebagai “God’s Demise” atau pembunuh dewa, yang bisa saja diartikan bila Roger tidak setuju dengan adanya konsep “dewa” atau dalam konteks ini adalah para kaum naga yang berada di jajaran tertinggi pemerintah dunia yang juga mengendalikan seluruh dunia.

Luffy sendiri sangat membenci adanya perbedaan, terbukti dia tidak ragu untuk menghajar kaum naga langit ketika berada di pelelangan duyung. Apakah menciptkan sebuah dunia yang bebas merupakan mimpi dari seorang Monkey D. Luffy dan Gol D. Roger, selain menjadi seorang raja bajak laut? Mungkin pada akhirnya hal tersebut akan terjawab baik dalam waktu dekat atau di akhir cerita One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.