GREENSCENE.CO.ID – Sejak Marvel memperkenalkan konsep shared universe dan meluncurkan Marvel Cinematic Universe, kita banyak disuguhkan oleh berbagai karakter superhero keren di layar lebar. Contohnya adalah Hulk, Thor, Captain America, Iron Man, atau bahkan Doctor Strange. Hal ini juga berlaku di DCEU, yang selama ini kita kenal hanya menghadirkan karakter seperti Batman, Wonder Woman, dan Superman.

Dunia dari Marvel Comics dan DC Comics juga sangat luas, dengan banyak sekali karakter dalam ceritanya. Bukan berarti menghadirkan karakter yang populer untuk dimunculkan di layar lebar adalah tindakan yang salah, tapi mungkin saatnya baik Marvel Studios ataupun WB dan DC Films memperkenalkan karakter lainnya yang memiliki potensi tapi kurang populer. Berikut adalah beberapa pahlawan kurang populer yang pantas tampil dalam versi layar lebar.

Warpath

Salah satu hal yang sudah dilakukan oleh MCU selama ini adalah mencari berbagai cara baru untuk memasukan berbagai karakter dalam tim pahlawan mereka, contohnya adalah Black Panther, Sam Wilson, dan yang akan datang Kamala Khan alias Ms. Marvel. MCU selalu mencari cara untuk menghadirkan perbedaan dalam tim pahlawan yang mereka bangun.

Ketika MCU kemudian akan memperkenalkan mutan dalam ceritanya, salah satu pahlawan yang bisa diperkenalkan sebagai perwakilan para mutan dan menjadi bentuk perbedaan dalam tim pahlawan mereka adalah Warpath. Dia adalah seorang mutan pahlawan yang lahir di wilayah reservasi Apache Arizona. Kakaknya yang juga X-Men tewas dalam pertempuran, dan hal itu membuatnya dendam kepada Professor X.

Warpath kemudian bergabung dengan Hellions untuk membalas dendam Professor X, namun alih-alih balas dendam justru Warpath menyadari bahwa jalan yang dipilihnya salah karena Hellions justru memiliki niat jahat. Akhirnya dia pun bergabung dengan grup X-Force dan menjadi pahlawan.

Cyclone

Salah satu pahlawan yang cukup unik dan memiliki peluang untuk muncul di layar lebar adalah Maxine Hunkel alias Cyclone. Dia merupakan cucu dari Red Tornado yang asli, Abigail Hunkel. Maxine merupakan pendukung dan penggemar dari Justice Society America dan juga Stargirl. Dia pernah diculik oleh T.O. Morrow dan tubuhnya terinfeksi oleh nanobit, yang kemudian menjadi sumber kekuatannya.

Ketika dewasa, dia kemudian memiliki kemampuan untuk memanipulasi dan mengendalikan angin. Kemampuan Maxine ini kemudian menarik perhatian JSA dan akhirnya bergabung ke dalam tim pahlawan tersebut. Dengan kemunculan Stargirl dalam TV seriesnya di platform streaming, seriesnya bisa jadi jalan untuk memperkenalkan Maxine.

Strong Guy

Strong Guy mungkin bisa dibilang merupakan Hulk 2.0 yang dipadukan dengan Spider-Man, karena dia memiliki kekuatan yang sama dengan Hulk, yaitu brute force atau kekuatan fisik yang ada dalam dirinya dan cerita menyedihkan Peter Parker. Strong Guy harus kehilangan orang tuanya ketika dia masih kecil. Guido, nama asli Strong Guy, kemudian menyadari tentang mutasi yang ada dalam dirinya ketika dia dirundung di lapangan sekolah dan ketika dia ditabrak oleh bus.

Ketika bermutasi, tubuhnya yang dulu kurus dan merupakan anak pemalu kemudian berubah menjadi mutan yang penuh dengan otot dan sangat kuat. Guido begitu mencintai bibi dan pamannya. Guido kemudian bergabung dengan X-Men dan kemudian bergabung dengan tim X-Men.

Booster Gold

Rasanya para fans DC pasti sudah kenal dengan Booster Gold. Karakter nyentrik ini memang tidak populer seperti Batman atau Superman, tapi setidaknya para fans hardcore DC Comics sudah kenal dengan rekan dari Blue Beetle ini. Booster Gold dikenal sebagai sosok yang mencoba untuk menjadi seorang pahlawan, namun sayangnya usahanya tersebut terkadang sering berbuntut panjang.

Meskipun terdengar kurang “superhero” dari segi cerita, namun hal itu bisa menjadi sebuah hal yang sempurna untuk melaksanakan debutnya, terutama di DC Universe. Cerita tentang perjalanan seorang Booster Gold yang melintasi waktu untuk menjadi pahlawan, bersama dengan teman komputernya Skeets, akan menjadi formula sempurna bagi DC Universe yang saat ini sedang berkembang menjadi sebuah platform streaming besar.

Ka-Zar

MCU terus memperluas cerita dan juga universenya, dan dengan adanya konsep Multiverse Marvel bisa universe yang akan sangat luar biasa untuk dieksplor. Nama wilayah yang bisa dieksplor adalah Savage Land, dan pahlawan yang berasal dari wilayah tersebut adalah Ka-Zar alias Kevin Reginald. Setelah kedua orang tuanya diculik dan dibunuh oleh Man-Ape yang merupakan suku asli dari Savage Land, Ka-Zar kemudian dibesarkan oleh seekor harimau sabertooth dengan kecerdasan tinggi, Zabur. Ka-Zar merupakan seorang pemburu yang terlatih  dan ahli dalam hal bertahan hidup.

Jamie Reyes

Meskipun banyak fans yang justru lebih menantikan kemunculan Ted Kords, alias Blue Beetle pertama, tapi ada juga versi lain dari sosok Blue Beetle yang memiliki potensi yang sama untuk bisa tampil dalam versi live-action. Dia adalah Jamie Reyes. Jamie merupakan anak muda yang tidak sengaja menemukan artefak alien yang dikenal sebagai Scarab.

Scarab kemudian secara otomatis langsung terikat dengan pinggang Jamie, yang bukan hanya sebagai pajangan tapi sabuk tersebut memberikannya sebuah armor dan kekuatan alien untuk menghadapi berbagai ancaman. Kompleksitas cerita antara Jamie dan kecerdasan buatan dalam armor Scarab miliknya, ditambah dengan persahabatannya dengan Booster Gold, bisa menjadi peluang besar menghadirkan sosok Jamie. Mungkin dia bisa muncul di series Supergirl, dimana alien menjadi ancaman serius.

Monet/M

Karakter lainnya yang mungkin bisa menjadi pilihan pas untuk tampil di MCU sebagai bagian dari keberagaman pahlawan Marvel adalah M. Dia merupakan salah satu karakter pahlawan Marvel yang beragama Muslim, selain Kamala Khan. M merupakan seorang mutan yang lahir di Bosnia dan dibesarkan oleh seorang diplomat. Adik Monet, Emplate, adalah seorang mutan vampir yang memiliki niat jahat.

Setelah Monet menolak rencana jahat adiknya untuk menguasai dimensi lain, Emplate kemudian marah dan mengubahnya menjadi seekor makhluk bernama Penance. Adik-adik perempuannya kemudian berusaha untuk meyakinkan ayahnya bahwa Monet masih hidup, dan ketika Monet kembali bertemu ayahnya dia sudah menjadi sosok M, salah seorang anggota X-Force dan X-Men.

The Question

Mungkin ada satu pahlawan lainnya yang bisa muncul di Arrowverse live-action yaitu The Question. Dia tidak bertarung melawan alien seperti Jamie, tapi dia mengatasi berbagai penjahat yang ada di jalanan. Renee Montoya merupakan karakter yang sering bersinggungan dengan The Question. The Question memiliki nama asli Vic Sage.

Vic merupakan seorang reporter yang biasa menginvestigasi berbagai kasus besar dan berbahaya. Ketika dia melakukan investigasi, dia menggunakan sebuah cairan kimia khusus untuk menyembunyikan wajahnya agar tidak dikenali oleh musuh. Itulah alasan mengapa dia kemudian diberi nama The Question. Vic hampir saja tewas akibat Lady Shiva, namun Lady Shiva menyelamatkannya dan membiarkan Vic mempelajari ilmu bela diri dan berbagai filosofi dari Richard Dragon.

Iron Lad

Satu karakter yang juga kurang begitu mendapat sorotan dan popularitas seperti Iron Man adalah Iron Lad. Dia merupakan salah satu anggota dari Young Avengers dan merupakan versi muda dari Kang the Conqueror. Young Avengers memang menjadi salah satu rumor yang sering kali dibahas oleh para fans MCU, bahwa mereka akan tampil di MCU menggantikan para Avengers saat ini.

Kemunculan Iron Lad menjadi memungkinkan setelah MCU memperkenalkan konsep perjalanan waktu dalam film Avengers: Endgame. Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, konsep perjalanan waktu telah membuka kemungkinan MCU untuk menghadirkan Kang the Conqueror sebagai villain selanjutnya.

Steel

John Henry Irons alias Steel juga memiliki peluang untuk bisa debut dalam versi live-action. Dalam cerita Death of Superman, Dr. John Henry merupakan seorang insinyur senjata bagi perusahaan AmerTek Industries. Namun, hal buruk terjadi ketika salah satu desain senjata miliknya dicuri dan digunakan untuk melukai orang-orang yang tidak bersalah. Akhirnya, Henry kemudian memalsukan kematiannya dan pindah ke Metropolis.

John menjadi pahlawan setelah Superman menyelamatkan nyawanya. Kemudian, ketika Doomsday datang menyerang bumi, John mencoba untuk menolong Superman namun dia justru malah terluka dan terkubur di bawah reruntuhan bangunan. Ketika dia terbangun, sebuah perang besar antar geng sedang terjadi di Metropolis, dan dia kemudian menciptakan armor yang disebut Steel dalam cerita Reign of Superman.