GREENSCENE.CO.ID – Sudah ada beberapa arc yang dilewati dalam beberapa tahun terakhir ini di cerita One Piece. contohnya adalah arc pulau manusia ikan, Punk Hazard, Dressrosa, Zou, dan Whole Cake Island. Tapi, sampai saat ini kita belum pernah melihat Zoro harus bertarung sampai pada titik terkuatnya, seperti yang terjadi kepada Luffy ketika bertarung melawan Cracker, Katakuri, atau Doflamingo.

Ini artinya kita masih belum tahu seberapa kuat sebenarnya Zoro, dan sampai sejauh mana kekuatan dari seorang Roronoa Zorro. Sebelumnya, Zoro sempat dilatih oleh Mihawk saat time skip berlangsung. Dia dilatih oleh sosok ahli pedang terkuat di dunia. Zoro bukan hanya belajar tapi juga menguasai bagaimana Armament Haki. Ada hal juga yang dipelajari oleh Zoro.

Dalam pertempuran besar di Marineford, ketika Mihawk ingin bergabung dalam pertarungan tersebut Boa Hancock kemudian mengatakan bahwa menurutnya, para petarung terhebat pun akan tidak bisa bergerak dan juga akan merasa ketakutan ketika mereka melihat mata tersebut. Kekuatan atau aura iblis memang memiliki perna penting ketika berbicara tentang seorang ahli pedang terhebat. Zoro pun memiliki aura tersebut, bisa diketahui dari kekuatan Asura yang dia praktekan.

Ketika Zoro sedang melakukan ilusi, biasanya matanya akan merah menyala. Kekuatan dari rasa ketakutan  ketika menyerang musuh, membuat lawan tidak bisa bergerak. Kekuatan tersebut bukanlah Haki, melainkan sebuah kemampuan atau keahlian yang memiliki kekuatan iblis di dalamnya yang membuat penggunanya untuk membuat sebuah ilusi.

Ketika Zoro mengaktifkan Asura, dia tidak hanya memiliki 2 tangan, melainkan 6 tangan dan tiga kepala. Tapi, itu semua tidak nyata. Itu hanyalah sebuah ilusi yang melibatkan kekuatan, daya tahan, dan juga kemampuan bertarung. Kekuatan ilusi ini bisa juga dilihat ketika Zoro bertarung melawan Monet. Monet sendiri merupakan pengguna buah iblis tipe logia, namun Zoro berhasil membelahnya. Ketika Zoro melakukannya, matanya berubah menjadi merah.

Kematian Monet bukan disebabkan oleh Haki, melainkan kekuatan ilusi yang dibuat oleh Zoro. Monet bisa saja kembali membentuk tubuhnya, namun dia tidak bisa karena dalam ilusinya dia merasa bahwa dia benar-benar dibelah oleh pedang Zoro. Jika saja Tashigi tidak membuat Monet kembali sadar, mungkin dia sudah mati.

Mihawk memiliki kemampuan untuk meyakinkan musuhnya bahwa mereka benar-benar terluka, bahwa mereka benar-benar tertusuk atau terbelah. Hal itu membuat musuhnya menjadi gila dan membunuhnya. Bisa jadi, kekuatan ilusi iblis ini merupakan kekuatan yang seimbang dengan kekuatan dari Haki penguasa. Sejauh ini, Mihawk dan Zoro yang hanya diketahui memiliki kekuatan ini.