DC Comics memiliki berbagai karakter pahlawan dan juga villain yang hebat dan juga populer. Sebut saja Batman, Superman, Wonder Woman, Aquaman, Green Lantern, dan masih banyak lainnya. Untuk villain mereka memiliki beberapa nama populer seperti Darkseid, Lex Luthor, Brainiac, Joker, Two-Face, Penguin, dan sebagainya. Dalam sejarah penerbitannya, terkadang ada sebuah cerita dimana villain dan heroes saling bertukar peran. Lalu, siapa saja heroes DC yang pernah menjadi villain?

Superman

Superman merupakan salah satu sosok pahlawan yang dianggap sebagai simbol harapan, bukan hanya untuk warga Amerika dan Metropolis, melainkan juga untuk seluruh umat manusia. Tapi, bagaimana jika Superman merupakan seorang pemimpin yang kejam dan bertangan dingin? Hal ini terjadi dalam cerita Injustice: Gods Among Us. Diawali dari sebuah cerita di video game, Injustice sukses menjadi salah satu cerita populer DC.

Hal ini terjadi ketika Joker berhasil meracuni pikiran Superman dan membunuh Lois Lane. Superman akhirnya lepas kendali dan akhirnya membunuh Joker dengan brutal. Setelah mencapai tujuannya itu, Superman justru malah menjadi pemimpin kejam, seorang diktator yang tirani, sehingga bisa dibilang dia adalah villain dalam ceritanya. Para pemberontak, yang dipimpin oleh Batman, akhirnya berhasil mengalahkan Superman dan mengembalikan kedamaian di alternatif realita tersebut.

Terra

Terra merupakan salah satu anggota dari Justice League versi remaja, Teen Titans. Bukan hanya menjadi salah satu anggotanya, Terra juga merupakan seorang teman bagi banyak anggota Teen Titans lainnya. Bahkan, salah satu anggota mereka, Beast Boy, sampai pernah memiliki sebuah hubungan yang romantis dengan Terra.

Namun, akhirnya diketahui jika Terra bukanlah orang yang mereka kenal. Terra merupakan seorang agen ganda yang merupakan anak buah dari musuh bebuyutan mereka, Deathstroke. Bahkan, yang lebih menyedihkan lagi, khususnya bagi Beast Boy, adalah Terra bukan hanya sekedar bawahan tapi juga merupakan kekasih dari Deathstroke.

Superboy

Seorang versi dunia alternatif dari Clark Kent, Superboy-Prime, merupakan salah satu villain yang paling kuat di seluruh multiverse DC. Hal tersebut dikarenakan seluruh Superboy yang ada di multiverse dihapus keberadaannya, terkecuali dia. Dibandingkan dengan mengirim dirinya ke dimensi yang lain, Superboy-Prime terobsesi untuk membangun kembali realitanya yang hancur.

Ternyata, bukan hanya memiliki obsesi untuk kembali membangun realitanya, dia juga memiliki obsesi untuk menjadi satu-satunya Superman yang ada di seluruh multiverse. Karena hal itulah dia kemudian menjadi salah satu villain yang paling kuat yang pernah dihadapi oleh para heroes DC universe.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.