Menyelamatkan Nyawa Batman

Dalam komik Batman: Europa, Joker dan Batman terinfeksi sebuah virus bernama Colossus, mereka berdua berusaha keras mencari obat penawarnya. Mereka bahkan pergi ke Eropa untuk mencari obatnya. Ketika gejala yang mereka semakin memburuk, akhirnya keduanya mulai mengurangi perselisihan diantara mereka dan mulai saling menghormati. Tapi, ketika penyakitnya sudah membaik dan sembuh mereka pun kembali ke sikap lama mereka.

Joker Menyelamatkan Manusia

Apakah Batman merupakan halangan bagi manusia? Karena jika tidak ada Batman sepertinya Joker menjadi sosok yang berbeda. Dalam cerita Superman: Distant Fires, Superman diceritakan berhasil selamat dari kehancuran bumi. Ada beberapa orang yang selamat, dan Joker merupakan karakter lain yang selamat selain Superman. Dengan menggunakan seluruh kemampuannya, Joker berusaha mengembalikan kehidupan manusia.

Menyelamatkan The Riddler

Dalam sebuah story arc “The War Of Jokes and Riddles,” Bruce menceritakan salah satu cerita masa lalunya kepada Selina. Setelah mengumumkan peperangan kepada Joker dan membunuh beberapa orang dalam usaha tersebut, terungkap bahwa the Riddle adalah orang dibalik itu semua. Tujuannya melakukan hal itu adalah untuk membuat Joker tertawa.

Sayangnya, bukan hanya the Riddler gagal untuk membuat Joker tertawa namun juga membuat perhatian sosok Batman muda mengarah kepadanya. Bruce akhirnya membuat keputusan untuk membunuh the Riddler. Tapi kemudian Jokerlah yang mengambil pisau tersebut dan menghentikannya. Akhirnya Batman pun tidak jadi membunuh the Riddler.

Menghentikan The Bruce

Dalam cerita Elseworld, I, Joker, sang pangeran badut kriminal tersebut diceritakan memiliki nama Joe Collins dan digambarkan sebagai sosok pemimpin kelompok pemberontak. Kelompok tersebut mencoba untuk melawan pemimpin yang sangat kejam dan benar-benar memimpin dengan tanga besi yang tiada lain adalah The Bruce (Batman).

Satu malam dalam setahun, The Bruce akan menyelenggarkan sebuah malam dimana ornag-orang boleh berusaha untuk mengambil alih kekuasaan dari negara tersebut. Dengan bantuan dari banyak orang, Joker berusaha untuk menggulingkan kekuasaan tersebut dari The Bruce dan menyelamatkan Gotham.

Menolong Robin

Joker sepertinya memang selalu akan menjadi bayang-bayang bagi Batman, meskipun sosok dibalik topeng itu bukanlah Bruce Wayne. Ketika Bruce Wayne menghilang, Dick yang kemudian menggantikan posisi Bruce sebagai Batman. Dia pun senang ketika dia mendapatkan bantuan dari seorang detektif misterius untuk mengungkapkan sebuah kasus pembunuhan Oberon Sexton.

Tapi, sebenarnya sosok detektif tersebut adalah Joker yang sedang menyamar. Joker juga merupakan orang yang bertanggung jawab atas kematian Oberon. Jika dia merupakan pembunuhnya, mengapa Joker mau membantu investigasi tersebut? hanya Joker yang tahu.