Baik Marvel ataupun DC keduanya pasti memiliki satu musuh besar harus dihadapi oleh para kelompok superhero terbaik mereka, baik Justice League ataupun Avengers. Darkseid sendiri merupakan karakter villain dari Justice League yang sudah populer sejak lama. Thanos sendiri sekarang menjadi banyak perbincangan orang-orang, berkat popularitas Avengers dan juga MCU. keduanya merupakan salah satu penjahat terbesar di “wilayah” mereka sendiri, lalu siapa yang lebih kuat?

Kekuatan Musuh: Darkseid

Avengers merupakan kelompok superhero yang kuat yang berasal dari cerita Marvel. Namun, meskipun Avengers memang berisi para pahlawan kuat Marvel kekuatannya masih dibawah dari Justice League. Darkseid sendiri sudah sering kali berurusan dengan Justice League, baik dalam cerita komik maupun dalam cerita film animasi dan serinya.

Meskipun Justice League memang lebih kuat dibanding Avengers, Darkseid masih tetap bisa mengalahkan mereka dengan mudah setiap kali berusaha untuk melawannya. Saat pertarungan terjadi, Justice League lebih sering untuk melarikan diri dari serangan Darkseid dibandingkan dengan mengalahkannya.

Kekuatan Utama: Darkseid

Kekuatan telekinesis, telepati, dan energi kosmik yang dimiliki oleh Thanos memang sangat kuat. Namun, sayangnya kekuatan ini sangat jarang digunakan bahkan di MCU sekalipun dan dianggap bukan senjata utama dari Thanos ketika menghadapi musuhnya. Hal itu tentunya membuka kesempatan musuh untuk bisa menyerang balik Thanos, seperti yang dilakukan Avengers.

Darkseid sendiri memang memiliki kemampuan bertarung yang kuat, mirip seperti Thanos. Namun, jika berbicara kekuatan utama Omega Beam yang dimiliki Darkseid bisa menjadi nilai plus bagi pertarungan ini. Cahaya penghancur dari Omega Beam ini mampu menembus jarak yang sangat jauh, bahkan sampai ke jarak antar galaksi. Satu serangan Omega Beam, semuanya selesai. Selain itu, Omega Beam ini bisa menjadi cara Darkseid untuk melakukan teleportasi dan bangkit kembali setelah kalah.

Kekuatan lainnya: Thannos

Baik Thanos maupun Darkseid pasti memiliki satu hal yang digunakan sebagai “pelengkap” dari karakter mereka. Jika Darkseid memiliki Anti-Life Equation, Thanos sendiri memiliki senjata yang menjadi ciri khasnya yaitu Infinity Gauntlet lengkao beserta Infinity Stones. Berbeda dengan kemampuan telekinesis Thanos yang jarang digunakan, Darkseid justru jarang menggunakan senjata Anti-Life Equation.

Ada alasan khusus mengapa Darkseid jarang menggunakan formula Anti-Life Equation, yaitu karena kekuatan utamanya mampu menghancurkan sistem kerja otak dari korbannya. Dengan tidak adanya lagi kekutan untuk menolak perintah, korbannya otomatis menjadi boneka bagi Darkseid. Sedangkan Infinity Gauntlet, sebagian besar kita pastinya sudah mengetahui apa yang bisa dilakukan oleh Infinity Gauntlet contohnya adalah dengan membalikan semua realita yang ada.

Pasukan dan Armada: Darkseid

Kedua supervillain ini merupakan karakter intergalaktik yang sudah banyak menghancurkan banyak planet di seluruh dunia ini bahkan alam raya ini. Thanos dikenal menjadi buronan di tata surya ini akibat apa yang sudah dia lakukan dengan planet-planet di sekitar tata surya. Dia selalu membawa Outriders, nama pasukannya, di setiap kali invasinya ke dunia yang lain. Selain itu dia juga memiliki kapan induk Sanctuary yang kuat.

Namun, Darkseid juga memiliki pasukan dan armada perang yang tidak kalah mengerikan. Menjadi penguasa dari planet Apokolips, Darkseid memiliki pasukan yang bernama Parademons. Makhluk monster tersebut tidak mengenal apapun, selain rasa haus akan ketakutan dan berburu dengan jumlah yang banyak. Selain Parademons, Darkseid juga memiliki kaki tangan yang kuat seperti Steppenwold, Big Barda, Kalimak, dan masih banyak lainnya. Sumber daya Darkseid masih lebih banyak dan kuat dibandingkan Thanos.

Pengalaman: Darkseid

Kita masih belum mengetahui berapa usia pasti dari Thanos, namun umumnya para fans setuju jika usia Thanos sekitar 1.000 tahun. Angka tersebut tentunya bisa dianggap “muda” jika dibandingkan dengan Darkseid. Menjadi penguasa abadi Apokolips dan juga menjadi seorang dewa bagi makhluk dibawahnya, artinya pengalaman Darkseid jauh lebih tinggi dibanding Thanos.

Ada kemungkinan Darkseid sudah berusia lebih dari ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu, dengan pengalaman perang yang tentunya lebih banyak dibandingkan Thanos. Untuk poin pengalaman, rasanya Thanos masih belum bisa menaklukan Darkseid, yang mana Thanos pastinya belum mencapai level keberingasan, level sadisme, dan juga memiliki berbagai macam trik untuk mengalahkan musuhnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2