Kesetiaan Bawahan: Thanos

Untuk hal ini, Darkseid tidak memiliki kesempatan untuk menang. Level kesetiaan Proxima Midnight atau Ebony Maw dan yang lainnya di pasukan Black Order terhadap Thanos rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Mereka benar-benar menjadi bawahan yang sangat patuh dan setia kepada Thanos ketika sang Titan gila pergi ke sebuah planet untuk melakukan invasi.

Black Order lebih baik mati dalam mencapai keinginan Thanos daripada harus pulang dalam keadaan gagal. Jika dibandingkan dari masalah kekuatan, anak-anak dari Darkseid kekuatannya jauh lebih tinggi dibandingkan Black Order. Namun, anak-anak Darkseid justru membenci ayahnya. Berbeda dengan Black Order yang sangat patuh dan setia.

Kekuatan: Darkseid

Untuk urusan kekuatan sebenarnya Darkseid dan Thanos hampir memiliki kekuatan yang sama. Thanos pernah menunjukan kekuatannya dengan mengalahkan Hulk, Thor dan bahkan Odin. Dia juga mampu mengangkan beban berat (bahkan planet), bahkan dia bisa menahan serangan besar yang bisa melukainya.

Namun, Darkseid juga pernah mengalahkan karakter yang kekuatannya mirip dengan karakter diatas. Darkseid pernah mengalahkan Shazam yang sangat kuat dengan kekuatan dewa-dewa kunonya. Penguasa Apokolips tersebut juga pernah mengalahkan Martian Manhunter, yang kekuatannya sebenarnya mirip dengan Superman. Ketika Darkseid tidak dalam performa terbaiknya pun, Darkseid pernah menjadi lawan tangguh bagi Zeus.

Equipment: Darkseid

Ada banyak penggambaran sosok Darkseid sampai sejauh ini, tapi Darkseid versi DCAU (DC Animated Universe) merupakan karakter Darkseid yang memiliki peralatan dan teknologi yang paling mutakhir. Apalagi ketika Darkseid berkolaborasi dengan Brainiac. Kombinasi tersebut membuat Darkseid mampu menciptakan teknologi yang mutakhir, seperti Agony Matrix.

Agony Matrix sendiri merupakan alat yang bisa membuat Superman sangat kesakitan dan membuat Superman lemah, selain diakibatkan oleh Kyptonite. Juga Darkseid memiliki sebuah senjata seperti pedang yang mampu menembus jantung  Superman. Thanos sendiri sebenarnya memiliki teknologi yang juga maju, dalam kapasitasnya. Salah satu contohnya adalah kursi kekausaannya yang mengapung di luar angkasa.

Durability: Seimbang

Mampu bertahan dari serangan makhluk apapun bahkan merupakan sebuah nilai plus lebih dibandingkan dengan super strenght yang mereka miliki. Untuk masalah ini, Thanos dan Darkseid sama-sama memiliki kelebihan ini. Thanos mungkin pernah dikalahkan oleh karakter seperti Galactus atau ayah dari Thor, Odin. Namun, Thanos masih bisa memberikan mereka sebuah perlawanan yang cukup sengit.

Darkseid, yang merupakan New God, memang memiliki kelebihan yang unik yang membuat dirinya tahan terhadap serangan apapun. Darkseid pernah mendapatkan serangan yang besar dari Wonder Woman, Green Lantern, dan tentu saja Superman. Tapi, dia tidak terluka sedikitpun dalam pertarungan tersebut. Rasanya tidak akan ada pemenangnya untuk poin perbandingan ini.

Kemenangan Terbesar: Thanos

Darkseid mungkin pernah mendapatkan Anti-Life Equation dan benar-benar menghancurkan Fourth World. Namun, hal itu bukan sesuatu yang besar dibandingkan dengan apa yang sudah dicapai oleh Thanos. Dalam kebanyakan cerita yang menghadirkan Darkseid, kita diperlihatkan bahwa Darkseid memiliki sejarah peperangan yang panjang dan tiada akhir dengan New Genesis.

Darkseid sendiri memiliki jumlah kekalahan yang lebih besar dibandingkan jumlah kemenangannya, ketika bertarung dengan Justice League. Bandingkan dengan kemenangan terbesar yang pernah Thanos lakukan, menghilangkan nyawa separuh kehidupan yang ada di dunia. Di komiknya, diperlihatkan jika Thanos melakukan hal itu dengan sangat mudah. Di MCU, hanya dengan satu jentikan jari semuanya hilang. Darkseid tidak ada apa-apanya untuk masalah ini.

Juaranya: Darkseid

Sedikit informasi buat Geeks yang belum tahu, Darkseid merupakan karakter yang menjadi inspirasi dari terciptanya karakter Thanos. Titan gila juga memiliki reputasi yang sama dengan Darkseid di komiknya. Terlepas dari Thanos yang memiliki kemenangan terbesar dan menjadi salah satu kelebihan dari Darkseid, Thanos tetap masih belum mencapai level yang sama dengan Darkseid.

Dengan usianya yang sudah milyaran tahun, bahkan sudah dianggap sebagai dewa dan dipuja oleh pengikutnya, Darkseid memiliki kelebihan dari sisi keberingasan, kekuatan, pengaruh, power, dan beberapa hal yang tidak dimiliki oelh Thanos. Para Avengers sendiri sudah sangat kewalahan dan membutuhkan banyak pasukan demi mengalahkan Thanos. Mereka akan butuh lebih banyak orang dan kekuatan lagi ketika harus bertarung melawan Darkseid.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.