Sony dan Marvel Studios mencapai kesepakatan yang belum pernah terjadi sebelumnya  untuk bekerja sama untuk membawa iterasi baru Peter Parker ke layar lebar. Mereka menggaet Tom Holland untuk menjadi versi remaja dari Spidey, dan dengan cepat menjalani debut di Captain America: Civil War. Spidey kemudian muncul dalam dua film Avengers dan memiliki dua film solo, tetapi sekarang waktu Spider-Man di Marvel Cinematic Universe mungkin berakhir.

Laporan mulai beredar baru-baru ini bahwa Sony dan Marvel Studios menemui jalan buntu saat mendiskusikan ketentuan-ketentuan kesepakatan baru untuk bekerja sama di film-film Spider-Man. Kabarnya hal ini dikarenakan Marvel dan Disney ingin mengambil 50/50 pembiayaan dan berbagi keuntungan dari film solo (yang saat ini mereka terima hanya 5%). Hal itu ditolak dan dilawan oleh Sony. Namun laporan ini tidak secara resmi dikonfirmasi oleh pihak mana pun sampai sekarang.

Hanya saja, dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada THR, juru bicara Sony Pictures memberi statement tentang berakhirnya hubungan kerja mereka dengan Marvel Studios dan presiden Kevin Feige. Menariknya, secara tersirat pihak Sony “menyalahkan” Disney karena pihak mereka yang menghentikan kerjasama. Seperti yang bisa kalian simak dibawah ini:

Banyak berita hari ini tentang Spider-Man telah menyalahartikan diskusi baru-baru ini tentang keterlibatan Kevin Feige dalam waralaba. Kami kecewa, tetapi kami hormati keputusan Disney untuk tidak membuatnya ( Kevin Feige ) melanjutkan sebagai produser utama film Spider-Man live action kami berikutnya. Kami berharap ini dapat berubah di masa mendatang, tetapi kami pahami bahwa banyak tanggung jawab baru yang diberikan Disney kepadanya – termasuk semua properti Marvel yang baru ditambahkan – tidak memberikan waktu baginya untuk bekerja pada IP yang bukan milik mereka. Kevin luar biasa dan kami berterima kasih atas bantuan dan bimbingannya serta menghargai jalan yang telah ia bantu lakukan untuk kami, yang akan kami teruskan.

Dengan pernyataan ini, jelas Sony mengubah narasi mengenai kabar yang berkembang tentang alasan hengkangnya Spider-Man dari MCU. Karena bagaimana pun, banyak pihak yang melihat bahwa alasan dibalik hal ini adalah ketidak puasan Sony. Namun disamping itu, banyak penggemar yang pro dan kontra dengan situasi ini, sebagian yang setuju berasalah karakter Spidey di MCU telah out of character, atau sudah berbeda jauh dari Spidey/Peter Parker versi komik. Namun sebagian yang kontra berasalan Spidey versi MCU telah memiliki jalannya sendiri dan bagian penting dari MCU.

Entah alasan mana yang benar-benar terjadi dibalik hengkangnya Spider-Man dari MCU. Apakah karena masalah “bagi hasil” yang tidak memuaskan Sony, atau keputusan Disney yang menarik Kevin Feige dari franchise Spider-Man. Namun yang patut ditunggu adalah pergerakan masing-masing studio, baik Disney dengan MCU yang kini tanpa Spider-Man, atau Sony yang bergerak untuk membangun semesta sinematiknya sendiri dengan karakter-karakter dari Spider-Man.